Peningkatan Hasil Belajar Teks Eksplanasi Siswa pada Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Augmented Reality

Frendy Azrilia Eka Saputra, Cahyo Hasanudin, Sutrimah Sutrimah

Abstract


abstrak— Dalam situasi saat ini Pendidikan sedang mengalami sebuah problem yang amat buruk disebabkan karena kurangnya minat siswa pada pembelajaran di kelas. Salah satu problemnya pada materi teks eksplanasi. baik itu fenomena alam, budaya, ilmu pengetahuan, maupun yang lain, dengan memberikan penjelasan mengenai alasan dan proses terjadinya. Teks Eksplanasi memiliki tujuan yaitu  memberikan penjelasan atau penjelasan tentang sebuah proses atau peristiwa secara informatif dan akurat. Dipilihnya materi teks eksplanasi disebabkan siswa masih kesulitan dalam mengetahui jenis-jenis teks eksplanasi. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya reflektif oleh guru atau peneliti di dalam kelas, dengan tujuan utama memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran agar berjalan lebih efektif. Kegiatan penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan bersamaan dengan berlangsungnya proses belajar mengajar, berfokus pada perbaikan praktik pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan, terdapat peningkatan nilai siswa yang menunjukkan adanya dampak positif dari penerapan strategi pembelajaran yang digunakan. Pada siklus I terdapat nilai rata rata siswa 70% dan setelah dilakukan siklus II terlihat adanya peningkatkan dengan rata rata 88%. Hal ini menunukan bahwa menggunakan pembelajaran Quantum Learning berbantuan AR dapat meningkatkan nilai teks eskplanasi siswa.

Kata kunci— Quantum Learning, Augmented Reality, teks eksplanasi

 

 

Abstract— In the current situation, education is experiencing a very bad problem due to the lack of student interest in classroom learning. One of the problems is in the explanatory text material. The explanatory text itself is defined as a text that contains material about the process of why and how a natural phenomenon, science, socio-culture and others can occur. The purpose of the explanatory text is to provide an explanation or explanation of a process or event informatively and accurately. The choice of explanatory text material is because students still have difficulty in knowing the types of explanatory texts. This type of research uses classroom action research derived from the English term “classroom action research” which is known by the abbreviation PTK. This research is a form of reflective research conducted in the classroom by teachers or researchers with the intention of improving the teaching and learning process in order to improve or improve learning practices to be more effective. PTK is carried out in the classroom during learning with the aim of improving and improving the quality of learning that focuses on the learning process that occurs in the classroom. The results of this study show an increase in student scores. In cycle I, the average student score was 70% and after cycle II, an increase was seen with an average of 88%. This shows that using Quantum Learning assisted by Augmented Reality can improve students’ explanatory text scores..

Keywords— Quantum Learning, Augmented Reality, explanatory text


Keywords


Quantum Learning, Augmented Reality, explanatory text

Full Text:

PDF

References


Adiati, N. I. (2023). Pengaruh Model Quantum Learning dengan Teknik Akrostik terhadap Pemahaman Peserta Didik Kelas XI MIPA MA NU Al-Hidayah Kudus pada Materi Sistem Indera (Doctoral dissertation, IAIN Kudus). http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12016.

Arfiany, V. (2021). Pengaruh Penerapan Model Quantum Learning dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4198-4205. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1535.

Arifin, M. (2021). Pengenalan Jenis-Jenis Fauna Sebagai Media Pembelajaran Dengan Metode AR (Augmented Reality). Jurnal Portal Data, 1(1). http://portaldata.org/index.php/portaldata/article/view/8.

Arviani, E., Arif, M., & Ningsih, P. R. (2019). Pengaruh Model Quantum Learning Dengan Konsep Tandur Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Tkj Di Smk Negeri 1 Labang. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan Dan Informatika, 6(1), 46-51. https://doi.org/10.21107/edutic.v6i1.6390.

Dailami, D., Sudarti, N., & Sartika, D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Journal of Education Research, 5(2). https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1236.

Gunawan, R. D. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality Dalam Aplikasi Magic Book Pengenalan Profesi Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 36-42. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.151.

Harahap, E. L., Imamuddin, M., Fitri, H., & Rahmat, T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 1168-1174. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13068.

Muhammad, I., Marchy, F., Rusyid, H. K., & Dasari, D. (2022). Analisis bibliometrik: Penelitian augmented reality dalam pendidikan matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 141-155. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13818.

Nasrillah, E., Kosasih, E., & Kurniawan, K. (2019). Teks Eksplanasi Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di Kelas Xi Sman 5 Bandung (Kajian Deskiptif Kualitatif terhadap Fungsi, Struktur dan Kaidah Kebahasaan dalam Proses Pembelajaran Berbasis Genre). Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 3(1). https://unma.ac.id/jurnal/index.php/dl/article/download/1518/1402.

Ningsih, M. P., Sugiyanti, S., & Ariyanto, L. (2021). Pengaruh model pembelajaran quantum learning dan active learning berbantu aplikasi quizizz terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas XI. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(5), 366-374. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i5.7732.

Nistrina, K. (2021). Penerapan augmented reality dalam media pembelajaran. J-SIKA| Jurnal Sistem Informasi Karya Anak Bangsa, 3(01), 1-5. https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/j-sika/article/view/527.

Nuryaningsih, W. D. (2021). Penerapan model discovery learning berkolaborasi google classroom dan whatsapp group untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis teks eksplanasi. Jurnal Paedagogy, 8(2), 159-168. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3540.

Ramadini, R., Murniviyanti, L., & Fakhrudin, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran RADEC Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa di SD Negeri 06 Payung. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 99-104. https://www.academia.edu/download/99016436/622.pdf.

Ridwan, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (Ar) Untuk Pengenalan Aksara Lampung Pada Anak. Jurnal Teknologi Pintar, 3(3). http://teknologipintar.org/index.php/teknologipintar/article/view/372

Siregar, R. S. (2021). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 967-973. https://scholar.archive.org/work/ntcj4xpttrb6dhsi3k7y2cyanu/access/wayback/https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/download/1300/855.

Suprianto, E. (2020). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 22-32. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.810.

Syahputra, F., Wardana, R. A., Sianturi, I., Manurung, O., Nst, R. H., & Simatupang, F. (2024). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG BENCANA ALAM. Kohesi: Jurnal Sains dan Teknologi, 4(9), 11-20. https://doi.org/10.3785/kohesi.v4i9.6192.

Ulfah, N. L. (2021). Penerapan Model Quantum Learning Dengan Strategi Role Playing Pada Kelas Iv Sdn Gayungan 2 Surabaya (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA). https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/654/3/bab%20i%20.pdf.

Yulistiani, D., & Indihadi, D. (2020). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 228-234. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i3.25625.

Zalukhu, F. F., Zega, E. V. A. N., Daeli, F. F. D., & Bawamenewi, A. (2023). Pengembangan Media Gambar untuk Meningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Penerapan Model Project Based Learning. Journal on Education, 6(1), 5793-5800. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3506.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.