Analisis Gaya Bahasa Sindiran yang Digunakan oleh Pembawa Acara pada Program Variety Show Lapor Pak dan Hubungannya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara gaya bahasa sindiran yang digunakan oleh Pembawa Acara pada Program Variety Show Lapor Pak dan pembelajaran Indonesia di sekolah menengah. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari tuturan-tuturan yang digunakan pembawa acara pada Program Variety Show Lapor Pak. Teknik perolehan data dalam penelitian ini yakni dengan memakai teknik simak dan catat. Adapun teknik pemrosesan data pada penelitian ini terdapat tiga tahap, yakni identifikasi data, klasifikasi data, analisis data. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan gaya bahasa sindiran yaitu 1) Gaya bahasa sindiran ironi. 2)Gaya bahasa sindiran sinisme. 3)Gaya bahasa sindiran sarkasme. 4)Gaya bahasa sindiran satire. 5) 2)Gaya bahasa sindiran innuendo. Gaya bahasa sindiran pada Program Variety Show Lapor Pak dapat diimplementasikan sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA semester genap pada Kompetensi Dasar (KD) : 3.5 Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
Kata kunci—gaya bahasa sindiran, Program Variety Show Lapor Pak, pembelajaran bahasa Indonesia di SMA
Abstract— The purpose of this study is to explain the relationship between the satirical language style used by the Host on the Lapor Pak Variety Show Program and Indonesian learning in high schools. This study uses a descriptive qualitative approach. The data source was obtained from the utterances used by the host on the Lapor Pak Variety Show Program. The data acquisition technique in this study was by using the listening and note-taking technique. The data processing technique in this study consisted of three stages, namely data identification, data classification, data analysis. Based on the results of the study, the satirical language style was found to be 1) Irony satirical language style. 2) Cynicism satirical language style. 3) Sarcasm satirical language style. 4) Satirical satirical language style. 5) 2) Innuendo satirical language style. The satirical language style on the Lapor Pak Variety Show Program can be implemented as Indonesian language learning material in even semester high schools on Basic Competencies (KD): 3.5 Evaluating anecdotal texts from the aspect of implied meaning.
Keywords—sarcasm, Lapor Pak Variety Show Program, Indonesian language learning in high school
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeni, E. S., & Ahmadi, Y. (2021). Analisis kesalahan diksi dan gaya bahasa pidato pejabat pemerintahan berkaitan dengan pandemi covid-19. Semantik, 10(1), 77-86. DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p%25p.
Ardin, A. S., LEMBAH, H. G., & ULINSA, U. (2020). Gaya Bahasa Dalam Kumpulan Puisi Perahu Kertas Karya Sapardi Djoko Damono (Kajian Stilistika). Bahasa Dan Sastra, 5(4). Retrieved from Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/289713717.Pdf.
Budi, N. A., Aziz, S. A., & Rimang, S. S. (2023). Gaya Bahasa Sindiran Pada Media Sosial. Jurnal Sinestesia, 13(1), 163–174. Retrieved from https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/309.
Falah, R. N., Mulyono, T., & Riyanto, A. (2023). Gaya Bahasa Novel Break Out Karya Bella Putri Maharani. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 565-570. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/5331/4443.
Fauzan, A., & Ilmiyanti, A. A. (2022). Gaya Bahasa Sindiran Dalam Komentar Instagram@ Nissa_Sabyan Unggahan Januari-Februari 2021. Khazanah Pendidikan, 16(2), 156-163. Retrieved from https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/14427.
Jailani, A. K., Hendra, Y., & Priyadi, R. (2020). Analisis Implementasi Fungsi Media Massa Pada Harian Serambi Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 2(2), 85-93. DOI: https://doi.org/10.62144/jikq.v2i2.28.
Mara, R. S., & Bahry, R. (2019). Analisis Gaya Bahasa Sindiran dalam Syair Didong Jalu Arita Mude dan Biak Cacak. Jurnal Bahasa dan Sastra, 13(1), 61-79. DOI: https://jurnal.usk.ac.id/JLB/article/view/12946 .
Marjan, M., Saleh, M., & Azis, A. (2021). Penggunaan Gaya Bahasa Sindiran dalam Webtoon Pak Guru Inyong Karya Anggoro Ihank. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(3), 146-155. DOI: https://doi.org/10.26858/indonesia.v2i3.23996.
Mulyanto, A., Probowati, A. R., & Purnamasari, R. (2023). Analisis gaya bahasa sindiran dalam video tiktok Rian Fahardhi. Semantik, 12(2), 141-160.DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v12i2.p141-160.
Pribadi, B. A. (2017). Media & teknologi dalam pembelajaran. Prenada Media.
Rahmawati, D., Maliudin, L. R. L., & Lindayani, L. R. (2023). Gaya Bahasa Sindiran pada Akun Tik Tok Cadel-R (Kajian Stilistika). LE PARIS: Journal de Langue, Litterature, et Culture, 4(2), 61-92.https://www.academia.edu/download/108814928/1506.pdf.
Syadza, N. D (2023). Konstruksi Sosial Lucu Melalui Komedi Pada Program Acara Televisi Lapor Pak! (Bachelor's thesis, Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/75299.
Waridah, E. (2014). Kumpulan majas, pantun, dan peribahasa plus kesusastraan Indonesia. Ruang Kata.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.