Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Biografi Pahlawan Siswa Kelas X SMK Al-Kyai Sukosewu Tahun Ajaran 2024/2025 dengan Model Quantum Learning Berbantuan Media Audiovisual
Abstract
Abstrak—Rendahnya kemampuan menulis siswa khususnya pada materi teks biografi pada kelas X SMK Al-Kyai Sukosewu menjadikan latar belakang dilakukannya penelitian ini. Adapun tujuan penelitian yaitu, untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran menulis teks biografi siswa kelas X SMK Al-Kyai Sukosewu melalui model quantum learning berbantuan media audiovisual. PTK merupakan metode yang diterapkan peneliti. Data berupa nilai hasil tes, observasi, dan wawancara. Observasi, wawancara, dan tes merupakan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Teknik validasi menggunakan triangulasi teori, sumber, dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya kemampuan yang dimiliki siswa kelas X SMK Al-Kyai Sukosewu dalam menuliskan teks biografi pahlawan mengalami peningkatan. Pada prasiklus (pratindakan) rata-rata nilai siswa dikategorikan kurang yaitu, 39,5. Kemudian, pada siklus I rata-rata nilai siswa 70 (dikategorikan cukup). Dan pada siklus selanjutnya atau II rata-rata nilai meningkat menjadi 85 (dikategorikan baik).
Kata kunci—Keterampilan menulis, teks biografi, quantum learning, audiovisual
Abstract—The low writing ability of students, particularly in the of biography text material in grade X at SMK Al-Kyai Sukosewu, became the background for conducting thisresearch. The purpose of this research is to improve the process and outcomes of writing biography text for grade X at SMK Al-Kyai Sukosewu through the quantum learning model assisted by audiovisual media. The method applied in this research is Classroom Action Research. The data consisted of test scores, observations, and interviews. Obsevation, interviews, and tests where the data collection techniques used in this research. Validation techniques used triangulation of theory, sources, and method. The results showed that the students’ ability to write biography text in grade X at SMK Al-Kyai Sukosewu improved. In the pre-action phase, the average student score was categorized as low, at 39,5. Then in cycle I, the average score increased to 70, (categorized as sufficient). And in the next cycle or II, the average score increased to 85 (with a good category).
Keywords—Writting sklill, biography text, quantum learning, audiovisual
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa Indonesia dan sastra (basastra) di sekolah dasar. PERNIK, 3(1), 35-44. Doi https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839.
Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22. Doi https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475.
Faustyna, F. (2023). Metode Penelitian Qualitatif Komunikasi (Teori dan Praktek). Medan: Umsu Press.
Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran keterampilan menulis (maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22-34. Doi https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15.
Nurfadilah, K., & Nurachadijat, K. (2023). Peran pembelajaran quantum learning dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di MA AL-Istiqomah Kota Sukabumi. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(1), 22–28. Doi https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i1.243.
Pohan, A. M. dkk. (2024). Peran media audio visual terhadap hasil belajar Bahasa Mandarin siswa kelas 5 SD Global Prima Medan. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 321-326. Doi https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.471.
Setiyawan, H. (2020). Pemanfaatan media audio visual dan media gambar pada siswa kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2), 198-203. Doi https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874.
Sukma, L. (2022). Penerapan model pembelajaran quantum learning untuk meningkatkan pemahaman materi PAI dan motivasi belajar siswa di SD N 19 Kepahiang. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 313-328. Retrieved from https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/189.
Susilowati, D. (2019). Keefektifan metode mind mapping dalam pembelajaran menulis teks biografi. Jurnal pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia, 8(2), 136-145. Retrieved from https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3062.
Swandini, N. M. S. E., Putrayasa, I. B., & Suandi, I. N. (2022). Penggunaan metode mandiri dalam pembelajaran materi teks biografi . Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia, 2(2), 236–241. Doi https://doi.org/10.36663/jpmi.v2i2.386.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.