Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran Inovatif untuk Pengalaman Belajar Imersif

Julisa Amalia Damaryani, Latifah Nur Hidayah, Imtinan Azizah Nur Aini

Abstract


abstrak—Transformasi pendidikan di era digital menuntut kehadiran media yang tidak hanya inovatif tetapi juga imersif. Salah satu teknologi yang memiliki potensi besar akan hal ini ialah Virtual Reality (VR). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan VR sebagai media pembelajaran inovatif, menganalisis peran VR dalam menciptakan pengalaman belajar imersif, serta mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan penggunaan VR dalam pembelajaran. Studi pustaka menjadi metode yang digunakan untuk meninjau berbagai literatur yang relevan dengan penelitian ini. Hasil studi pustaka menunjukkan bahwa VR sebagai media pembelajaran inovatif mendorong peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Teknologi ini juga menciptakan pengalaman belajar imersif yang memungkinkan peserta didik merasakan, mengeksplorasi, dan berinteraksi langsung dengan konten pembelajaran. VR memiliki keunggulan, seperti visualisasi interaktif dan pembelajaran kontekstual, serta kelemahan, seperti biaya implementasi dan keterbatasan perangkat. Meskipun demikian, VR tetap relevan dijadikan alternatif media pembelajaran inovatif yang dapat menciptakan pengalaman belajar imersif bagi peserta didik.

Abstract—The transformation of education in the digital era demands the presence of media that is not only innovative but also immersive. One technology that has great potential for this is Virtual Reality (VR). This research aims to describe the use of VR as an innovative learning media, analyze the role of VR in creating an immersive learning experience, and identify the advantages and disadvantages of using VR in learning. Literature study is the method used to review various literatures relevant to this research. The results of the literature study show that VR as an innovative learning media encourages learners to improve their learning achievement. It also creates an immersive learning experience that allows learners to feel, explore and interact directly with learning content. VR has advantages, such as interactive visualization and contextual learning, as well as disadvantages, such as implementation costs and device limitations. Nevertheless, VR remains relevant as an alternative to innovative learning media that can create an immersive learning experience for learners.


Keywords


Virtual Reality, Innovative Learning Media, Immersive Learning Experience

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Analyti, E., Charitou, R., Pesmatzoglou, E., & Stavrogiannopoulou, M. (2024). Virtual Reality in Education: Transforming Learning Environments. Educational Administration: Theory and Practice, 10, 8967–8973. https://doi.org/10.53555/kuey.v30i5.4491.

Arifah, H., Maharrani, R. H., Rohman, A., & Supriyono. (2024). Teknologi imersif virtual reality metode terapi pernapasan untuk kesehatan mental pada usia dewasa (Studi kasus RSUD Cilacap).

Arsadhana, I. W. A. S., Dewi, N. K. R. S., & Kirana, N. K. J. (2022). Aplikasi pembelajaran berbasis virtual reality sebagai inovasi pendidikan berkelanjutan Di era society 5.0. Prosiding Webinar Nasional Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 736–740. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pilar/article/view/4518.

Astari, T. (2021). Evaluasi Diseminasi Virtual Reality (Vr) Sebagai Pembelajaran Inovatif. JPP: Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(02), 1914–1923. https://doi.org/10.5040/9798400667701.

Azizah, N. F., & Marisa. (2024). Pemanfaatan Virtual Reality Dalam Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Science and Social Research, 4307(1), 378–383. Retrieved from http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR.

Azmi, M. N., Mansur, H., & Utama, A. H. (2024). Potensi Pemanfaatan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digita. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 211–226. Retrieved from http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index.

Dilonia, A., Melki, R. A., Islam, U., Imam, N., & Padang, B. (2025). Strategi Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. 2(April), 7–24.

Dzikrullah, A. A. (2022). Pengelompokan Provinsi Berdasarkan Kualitas Jaringan Internet Dengan Metode Centroid Linkage. Journal of Mathematics Computations and Statistics, 5(1), 48. https://doi.org/10.35580/jmathcos.v5i1.32363.

Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). Kesenjangan Digital dan Solusi yang Diterapkan di Indonesia Selama Pandemi COVID-19. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 24(2), 187–200. https://doi.org/10.17933/iptekkom.24.2.2022.187-200.

Kurdi, M. S. (2021). Realitas Virtual Dan Penelitian Pendidikan Dasar: Tren Saat Ini dan Arah Masa Depan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 1(4), 60–85. https://doi.org/10.55606/cendikia.v1i4.1317.

Mayawati, C. I., Ndoen, E., & Anggreinie, S. (2023). Integrasi Gamifikasi ke dalam Virtual Reality untuk Mewujudkan Pembelajaran Imersif. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 5(1), 91–100. https://doi.org/10.51518/lentera.v5i1.87.

Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126.

Priyono, D. J. (2025). Inovasi Pembelajaran Berbasis Immersive Dan Virtual Reality Pada Komunikasi Pemula Bahasa Arab. Bara Aji: Jurnal Keilmuan Bahasa Arab dan Pengajarannya, 2(02), 01-16. https://doi.org/10.52185/baraaji.v2i02.600

Purwadhi, P. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Mimbar Pendidikan, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.16968.

Putro, H. T. (2015). Makalah Studi Mandiri. January, 1–37.

Rahmawati, S., & Nurachadija, K. (2023). Inovasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Strategi Mutu Pendidikan. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 1–12. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.303.

Ruiz-Cantisani, M. I., Lima-Sagui, F. D. C., Aceves-Campos, N., Ipina-Sifuentes, R., & Flores, E. G. R. (2020). Virtual reality as a tool for active learning and student engagement: Industrial engineering experience. IEEE Global Engineering Education Conference, EDUCON, 2020-April (November 2021), 1031–1037. https://doi.org/10.1109/EDUCON45650.2020.9125225.

Safarati, N., & Zuhra, F. (2024). Media Digital Berbasis Virtual Reality dalam Pembelajaran. 4, 8717–8725. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i6.16596.

Shabir, A. (2022). Ujicoba Penggunaan Teknologi Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 696–702. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Achmad-Shabir/publication/357876541_Ujicoba_Penggunaan_Teknologi_Virtual_Reality_sebagai_Media_Pembelajaran/links/61e5120970db8b034c9d8096/Ujicoba-Penggunaan-Teknologi-Virtual-Reality-sebagai-Media-Pembelajaran.pdf.

Siahaya, S. R., Komputer, F. I., Informatika, T., Pamulang, U., Raya, J., & No, P. (2024). Literatur Review : Penerapan Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif. 2(2), 313–319.

Styadi, A., Istiyowti, L. S., Kampus, A., Business, S., Gading, J., Boulevard, S., Tower, N., Dua, K. K., & Tangerang, K. (2025). Implementasi Virtual Reality dalam Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Dasar Universitas Pradita, Indonesia lembaga pendidikan sebagai sarana pendukung dalam pembelajara , baik sebagai sarana dalam. 2(1), 21–27. Retrieved from https://journal.lpkd.or.id/index.php/Edukasi/article/view/889.

Widyatna, A., & Rakhmawati, N. A. (2024). Analisis Potensi Dan Tantangan Penggunaan Virtual Reality (VR). June. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.24674.75209.

Yusuf, M. (2018). Inovasi Pendidikan Abad-21: Perspektif, Tantangan, Dan Praktik Terkini. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 3, Issue 1). Retrieved from https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.