Analisis Psikologi Sastra pada Film Home Sweet Loan Sutradara Sabrina Rochelle Kalangie

Khilma Nur Aini, Cahyo Hasanudin, Sutrimah Sutrimah

Abstract


abstrak— Film merupakan salah satu media yang digunakan untuk merefleksikan realitas sosial, dengan tujuan agar penonton dapat memahami serta merasakan pengalaman yang disampaikan. Dalam konteks ini, psikologi menjadi alat penting untuk memahami aspek kejiwaan manusia yang tergambar dalam film. Home Sweet Loan adalah film yang berfokus pada dinamika psikologis para tokohnya, khususnya Kaluna sebagai tokoh utama yang mengalami konflik batin yang mendalam dan berlangsung lama. Dari film di atas maka peneliti akan membahas unsur intristik dan psikologis tokoh pada film home sweet loan. Teori yang digunakan adalah Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow, yang meliputi lima tingkat kebutuhan: fisiologis, rasa aman, cinta dan rasa memiliki, penghargaan diri, serta aktualisasi diri. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data terserbut diperoleh Kesimpulan hasil penelitian yaitu bahwa Kaluna mengalami berbagai tantangan psikologis yang relevan dengan teori Maslow. Setiap tingkat kebutuhan tersebut tampak dalam perjalanan hidup Kaluna, mencerminkan proses pencapaian kebutuhan dari yang paling dasar hingga aktualisasi diri.

Abstract— Film is one of the media used to reflect social reality, with the aim that the audience can understand and feel the experience conveyed. In this context, psychology becomes an important tool to understand the psychological aspects of humans depicted in the film. Home Sweet Loan is a film that focuses on the psychological dynamics of its characters, especially Kaluna as the main character who experiences deep and long-lasting inner conflict. From the film, the researcher will discuss the intrinsic and psychological elements of the characters in the film Home Sweet Loan. The theory used is Abraham Maslow's Hierarchy of Needs, which includes five levels of needs: physiological, security, love and belonging, self-esteem, and self-actualization. This research was conducted using a qualitative descriptive method. Based on the results of the data analysis, the conclusion of the research results was that Kaluna experienced various psychological challenges that were relevant to Maslow's theory. Each level of need is seen in Kaluna's life journey, reflecting the process of achieving needs from the most basic to self-actualization.


Keywords


Film, Intrinsic, Psychology

Full Text:

PDF

References


Amalia, N., & Yulianingsih, S. (2020). Kajian Psikologis Humanistik Abraham Maslow Pada Tokoh Utama Dalam Novel Surat Dahlan Karya Khrisna Pabichara. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 149-156. Retrieved from https://www.academia.edu/download/100150411/1832.pdf.

Asmaya, S. (2018). Kebutuhan Bertingkat Tokoh Fajar Dalam Novel Kabut Kota Karya Ichsan Saif (Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow). BAPALA, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/27745.

Aulia, A., Pauji, D. R., & Rachmawati, K. (2024). Hierarki kebutuhan tokoh utama dalam novel lukacita karya valerie patkar: kajian psikologi humanistik abraham maslow. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 13(3).

Doi: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i3.13030

Azzahra, M., & Awalia, P. (2023). Analisis Kepribadian Tokoh Dikta Dalam Film Dikta Dan Hukum Karya Dhia’an Farah. Kultura: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, dan Humaniora, 1(1), 131-140. Doi: https://doi.org/10.572349/kultura.v1i1.168

Cahyani, A. D., & Aprilia, M. P. (2022). Kekerasan Terhadap Perempuan dalam Film Indonesia (Analisis Isi Kuantitatif dalam Film Indonesia dengan Latar 1998-2021). Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 2(1). Doi: https://doi.org/10.20885/cantrik.vol2.iss1.art1

Fitriani, E. (2020). Analisis Psikologi Tokoh Utama Pada Film Bumi Manusia Karya Pramodya Ananta Toer dan Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma. Jurnal Pendidikan Edutama. Doi: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/851

Fuadi, N. R., & Swaradesy, R. G. (2022). Strategi Coping dalam Film “Free Guy” untuk Pengembangan Karakter Diri. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 6(1), 107-116. DOI: https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2022.006.01.9

Hamdi, M. Y., & Santoso, H. D. (2021, December). Tinjauan Psikologi Humanistik Abraham Maslow dalam Naskah Drama" Sorry Wrong Number"(1943) karya Lucille Fletcher. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 4). Retrieved from https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/883.

Ismah, A. N. (2022, July). Implementation of Early Childhood Safety Behavior in Islamic Early Childhood Education Unit. In Annual International Conference on Islamic Education for Students (Vol. 1, No. 1). DOI: https://doi.org/10.18326/aicoies.v1i1.345

Jumiati, J., Sapiin, H. ., & Qodri , M. S. . (2022). Analisis Psikologis Tokoh Utama dalam Novel “Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur†Karya Muhidin M. Dahlan Tinjauan Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1620–1626. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.819

Kadiasti, R., Nita Virena Nathania, & Toto Haryadi. (2025). Analisis unsur instrinsik film animasi dengan metode divergen dan konvergen: studi kasus film spirited away. Senada (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 8, 155–159. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/977

Kartikasari, C. A. (2021). Analisis Sosiologi Sastra Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra di sma. enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 7-17. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/enggang/article/download/3880/2917.

Kurrotuain, A., Raharjo, R. P., & Ahmadi, A. (2024). Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow Pada Tokoh Dalam Novel “Garis Waktu” Karya Fiersa Besari. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 1-8. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.12212

Latifah, N., & Supena, A. (2021). Pelaksanaan pembelajaran anak tunalaras pada masa pandemi COVID-19 di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 1-9. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/450324/analisis-attention-siswa-sekolah-dasar-dalam-pembelajaran-jarak-jauh-di-masa-pan.

Martani, K. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Aplikasi Anyflip Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Siswa Kelas 4 SD N Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 6(1), 65-72. Retrieved from http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP3/article/view/7296.

Nurjam’an, M. I., Musaljon, M., Sofiatin, S., & Amri, A. (2023). Analisis Psikologi Sastra dalam Novel Paradigma Karya Syahid Muhammad sebagai Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(1), 105-112. Retrieved from https://ejournal.stpmataram.ac.id/JIH/article/view/2639.

Purba, R. R. M., Dedi, F. S., & Wicaksono, A. (2022). Aspek Psikologis Tokoh Utama Dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 1-11. Retrieved from https://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/354.

Rahmawati, N. (2018). Aspek hierarki kebutuhan bertingkat tokoh utama dalam novel Vegetarian karya Han Kang: Kajian teori psikologi humanistik Abraham Maslow. Jurnal Sapala, 5(1), 3-5. Doi: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-sapala/article/view/26224

Rismawati, R. (2018). Pemenuhan Kebutuhan Bertingkat Tokoh Dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye Kajian Psikologi Humanisme Abraham Maslow (Doctoral dissertation, FBS). http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11820

Rostanawa, G. (2019). Hirarki Kebutuhan Tokoh Utama dalam Novel Pulang dan Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori (Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow). ELite Journal: International Journal of Education, Language and Literature, 1(2). DOI: https://doi.org/10.26740/elitejournal.v1n2.p%25p

Sari, I. P., Ekawati, M., & Herpindo, H. (2023). Psikologi Tokoh Utama dalam Novel William Karya Risa Saraswati: Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 1-13.

Wandira, J. C., Hudiyono, Y., & Rokhmansyah, A. (2019). Kepribadian Tokoh Aminah Dalam Novel Derita Aminah Karya Nurul Fithrati: Kajian Psikologi Sastra. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(4), 413-419.

Wilyah, W., Akhir, M., & Ruslan, H. (2021). Analisis Kepribadian Tokoh Dara dalam Novel Brizzle: Cinta Sang Hafizah Karya Ario Muhammad (Psikologi Sastra). Jurnal Konsepsi, 10(2), 82-87. Retrieved from http://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/64.

Wulandari, W., Wahidah, N., & Nurlela, N. (2025). Analisis unsur intrinsik pada film “bila esok ibu tiada” karya nuy nagiga. Jurnal Metamorfosa , 13(1), 31-46. Doi: https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v13i1.3102


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.