Analisis Stilistika dan Makna Gramatikal pada Album Lagu Dangdut Karya Adibal Sahrul serta Relevansi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA
Abstract
abstrak— Penelitian ini mendeskripsikan analisis stilistika dan makna gramatikal pada lirik lagu dangdut karya Adibal Sahrul dengan keterkaitan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan data secara sistematis, akurat, rinci, dan menyeluruh. Hasil penelitian analisis stilistika dan makna gramatikal diperoleh dari beberapa kalimat-kalimat yang membentuk berupa tabel dan paragraf. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdapat analisis dokumen. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Dalam pengecekan temuannya terdapat manfaat penggunaan sumber, metode, dan teori yang telah diterapkan. Berdasarkan analisis data yang ditemukan terdapat stilistika, dan makna gramatikal pada album karya Adibal Sahrul dengan berbagai aspek stilistika ditemukan majas perbandingan dan majas pertautan. Sedangkan makna gramatikal terdapat proses kebabsahan afiksasi, reduplikasi, dan komposisi.
Kata kunci— stilistika, makna gramatikal, album, pembelajaran bahasa Indonesia di SMA
Abstract— This study describes the stylistic analysis and grammatical meaning of lyrics dangdut song by Adibal Sahrul with the relevance of Indonesian learning in high school. This research uses a type of qualitative research by describing the data systematically, accurately, in detail, and thoroughly. The results of the research on stylistic analysis and grammatical meaning were obtained from several sentences that formed table and paragraphs. The data collection technique in this study is document analysis. The validity of the data in this study was checked using the triangulation technique. In checking the findings, there are benefits to using the sources, methods, and theories that have been applied. Based on the analysis of the data found, there is stylistic, and grammatical meaning in the album by Adibal Sahrul with various stylistic aspects found comparison majas and link majas. While grammatical meaning there is a process of affixation, reduplication, and composition.
Keywords— stylistics, grammatical meaning, albums, Indonesian learning in high school
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, M. Z. (2019). Nilai moral karya sastra sebagai alternatif pendidikan karakter (Novel Amuk Wisanggeni karya Suwito Sarjono). Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 3(1), 30-40. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v3i1.1953
Bahri, A., & Alam, A. S. (2022). Gaya Bahasa Mural Di Media Sosial Tagar Instagram Pada Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Bentuk Sindiran Kepada Pemerintah. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(2), 209-217. https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i2.272
Busairi, M. (2022). GAYA BAHASA SINDIRAN DALAM INSTAGRAM KOMIK KITA: KAJIAN STILISTIKA. MABASAN, 16(2), 227-242. https://doi.org/10.62107/mab.v16i2.526
Daniar, M. A., Soe'oed, R., & Hefni, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi game dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas XI. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 71-82. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.332
Firdaus, H. A., Sakrim, S., & Fatmasari, R. K. (2022). Makna Gramatikal Dalam Surat Kabar Online Cnn (Cable News Network) Indonesia Pada Rubrik Politik (Edisi April Dan Juni) (Kajian Semantik). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 52-59. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4920
Gustira, S. N. (2023). Analisis Stilistika Pada Puisi “Perempuan Yang Tergusur” Karya WS Rendra. Sintaksis: Publikasi Para ahli Bahasa dan Sastra Inggris, 1(4), 01-09. https://doi.org/10.61132/sintaksis.v1i4.206
Karma, R., & Saadillah, A. (2021). Ekranisasi dan Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(2), 696-704. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1380
Kusumawati, E. R. (2023). Alawi, AA., Setia Rini, Erna, RK Pengaruh Lagu Dangdut" Ojo Dibangdingke" Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Sekolah Dasar: Lagu Dangdut Dewasa. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 1661-1666. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i1.1153
Lafamane, F. (2020). Karya sastra (puisi, prosa, drama). https://doi.org/10.31219/osf.io/bp6eh
Lafamane, F. (2020). Karya sastra (puisi, prosa, drama). https://doi.org/10.31219/osf.io/bp6eh
Luthfi, I. S., Lukitasari, E. H., & Yulianto, A. (2020). Perancangan Ilustrasi Sebagai Media Promosi Album Band Libres Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Sahid Surakarta). Retrieved from http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/182
Monadia, M., Syahriandi, S., & Maulidawati, M. (2024). JENIS MAKNA PADA PENAMAAN MENU MAKANAN UNIK DI KAFE DAN WARUNG KOTA LHOKSEUMAWE (KAJIAN SEMANTIK). Kande: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 167-176. https://doi.org/10.29103/jk.v4i2.13441
Samuel, J. C., Kamajaya, G., & Mahadewi, N. M. A. S. (2024). Musik Dangdut Sebagai Pengartikulasi PErasaan Pribadi Mahasiswa Kedokteran Universitas Udayana. Socio-Political Communication And Policy Review, 1(4), 194-210. https://doi.org/10.61292/shkr.153
Simaremare, J., Santoso, G., Rantina, M., & Asbari, M. (2023). Sastra Menjadi Pedoman Sehari-hari Telaah Singkat Karya Sastra Menurut Para Ahli. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(3), 57-60. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i3.238
Sinaga, F. M., Nisa, K., & Arfiani, N. T. (2024). Analisis Penggunaan Eyd dan Bahasa Jurnalistik dalam Berita “Sosok Pegi Setiawan, Terduga Pembunuh Vina Cirebon Ditangkap”. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif, 5(7).
Tarigan, R. P. (2023). Nilai estetis pada puisi “Herman” karya Sutardji Calzoum Bachri dengan pendekatan stilistika. SIMPATI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Bahasa, 1(1), 60-65. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i1.64
Tarmini, W., & Sulistyawati, R. (2019). Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: UHAMKA.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.