Analisis Kebutuhan Modul Ajar Teks Drama Bermuatan Kearifan Lokal Berbasis Flipbook
Abstract
abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kebutuhan modul ajar teks drama bermuatan kearifan lokal berbasis flipbook. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada keterbatasan bahan ajar yang tersedia, di mana materi teks tanggapan masih disatukan dalam buku cetak dan belum memuat nilai-nilai kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan wawancara yang dilakukan terhadap siswa kelas XI di dua sekolah menengah atas yang berada di Kabupaten Bojonegoro. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa menginginkan materi teks drama disajikan dalam bentuk flipbook yang menarik serta dapat diakses dengan mudah melalui perangkat digital. Selain itu, siswa juga menekankan pentingnya penerapan kearifan lokal dalam pembelajaran teks drama agar mengenal budaya daerah. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul ajar teks drama bermuatan kearifan lokal berbasis flipbook sangat dibutuhkan guna meningkatkan mutu pembelajaran.
Abstract— This study aims to assess the needs of teaching modules drama text loaded with local wisdom-based flipbook. The background of this study is based on the limited teaching materials available, where the response text material is still put together in a printed book and does not contain the values of local wisdom. This study uses qualitative methods with data collection techniques in the form of questionnaires and interviews conducted on Grade XI students in two high schools located in Bojonegoro Regency. The findings of the study revealed that most students want drama text material presented in the form of flipbooks that are interesting and can be accessed easily through digital devices. In addition, students also emphasize the importance of applying local wisdom in learning drama texts in order to get to know the local culture. Based on these results, it can be concluded that the teaching module drama text loaded with flipbook-based local wisdom is needed to improve the quality of learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aufa, Z., Asrial, A., & Alirmansyah, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Bantai Adat di SDN 203/Vi Rantau Panjang XII. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 6620- 6628. https://j- innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4313
Damono, S. D. (2020). Sosiologi Sastra. Gramedia Pustaka Utama. https://gpu.id/book/93286/sosiologi-sastra
Darpindo, W., & Yahya, Y. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Seni Budaya Materi Seni Rupa Kelas X Berbasis Flipbook di SMA Adabiah 1 Padang. Realisasi: Ilmu Pendidikan, Seni Rupa dan Desain, 1(4), 15- 28. https://doi.org/10.62383/realisasi.v1i4.303
Dewanti, D. E. P., Setyowati, D., & Nurcahyo, M. A. (2023). Modul Ajar berbasis Kearifan Lokal Tema 4 Berbagai Pekerjaan Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 251-264. https://doi.org/10.60132/jip.v1i2.51
Fatimah, N., Sianipar, R. L., Amalia, P., Sipayung, S. B., Nainggolan, J., Putri, D. A., & Azizah, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Pembelajaran Drama di SMA Swasta Istiqlal Delitua. Berkat: Jurnal Pendidikan Agama dan Katolik, 1(4), 75- 87. https://doi.org/10.61132/berkat.v1i4.244
Fatimah, S. D., Hasanudin, C., & Amin, A. K. (2021). Pemanfaatan aplikasi tik tok sebagai media pembelajaran mendemonstrasikan teks drama. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(2), 120- 128. https://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/19
Febrianty, Y., Pitoyo, D., Masri, F. A., Anggreni, M. A., & Abidin, Z. (2023). Peran Kearifan Lokal Dalam Membangun Identitas Budaya Dan Kebangsaan. El-Hekam, 7(1), 168-181. http://dx.doi.org/10.31958/jeh.v7i1.10591
Fransisca, M. (2024). Tokoh dan Penokohan Naskah Drama dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka (Doctoral dissertation, Universitas Jambi). https://repository.unja.ac.id/61479/
Hasanah, M., & Halija, H. (2023). Dampak kebudayaan asing terhadap kebudayaan lokal dalam kehidupan masyarakat. SOSPENDIS: Sosiologi Pendidikan dan Pendidikan IPS, 1(1), 1- 8. https://sospendis.adisampublisher.org/index.php/1/article/view/1
Hidayat, R. (2022). Peusijuek sebagai kearifan lokal Aceh dalam menghadapi globalisasi budaya. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 134-144. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.52038
Islami, D. (2022). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. https://doi.org/10.31237/osf.io/3xezr
Jayanti, I. G. N., Rupa, I. W., Satyananda, I. M., Putra, I. K. S., Rema, I. N., Sumarja, I. M., & Sumerta, I. M. (2022). Nilai kearifan lokal dalam upaya pelestarian kebudayaan di Bali. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 22(2), 127-135. https://www.researchgate.net/profile/I-Gusti-Jayanti/publication/364316701
Kartini, T., Iqomah, R., Badriyah, U. L., Aditya, R., Pitriani, P., Nugraha, W. S., & Ilmi, I. (2023). Penyusunan Modul Ajar Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Bagi Guru Di Desa Cibanten. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(1), 30-40. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.297
Marisya, S., & Chairani, Z. (2023). Penggunaan Metode Mind Maping Dalam Pembelajaran Menulis Teks Drama. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 7(1), 42-47.https://doi.org/10.36057/jips.v7i1.581
Nurjannah, A., Marpaung, L. N. E., Harahap, S. L. F., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Flipbook untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(3), 421- 428. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i3.4496
Nurmala, D., Arini, D. R., Hikmatunisa, A., Ardiyanti, S., & Eriyani, R. N. (2024). Pelatihan Drama Bertema Lingkungan Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Rasa Percaya Diri Di RPTRA Beringin Indah Rawamangun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(4), 828-834. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i4.906
Pohan, R. M. (2023). Pengembangan Modul Ajar IPAS berbasis Kearifan Lokal dengan menggunakan Flipbook di kelas IV SDN 34 Mampang. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(4), 458-465. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i4.46943
Purba, W. R. D. B., & Lubis, M. J. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Fizzo Novel Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 3(4), 169-181. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i4.2011
Putro, G. S., Zahrotin, A., & Army Al Islami, A. P. (2024). Analisis E-Modul Berbasis Flipbook Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Di Smpn 1 Bringin. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(7). https://doi.org/10.62281/v2i7.713
Ratnasari, L. L., & Ramadhan, S. (2020). Model Pembelajaran Menulis Teks Drama Menggunakan Media Teks Cerpen Siswa Kelas VIII. Basindo, 4(2), 169-177. https://journal2.um.ac.id/index.php/basindo
Royana, L. F., Harfiandi, H., & Mahmud, T. (2021). Analisis Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Teks Drama Untuk Siswa Kelas XI MIPA 6 SMAN 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1). https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/download/350/187
Sari, S. M., Nugroho, A., & Murti, S. (2021). Modul Mengindentifikasi Unsur Drama berbasis Kearifan Lokal. Kajian Sastra Nusantara Linggau, 1(2), 56- 72. https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/kastral/article/view/106
Silalahi, R. B., & Budiono, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Berbasis Web pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(3), 1341-1349. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.414
Sudiyatmini, K. D. (2023). Pembelajaran Genre Teks Drama Pada Kurikulum 2013 Di Kelas Xi Ibb 2 Sma Negeri 1 Sukasada (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha). https://repo.undiksha.ac.id/14727/
Suwarno, R. N., & Rahmatullah, R. (2021). E-book interaktif terintegrasi kearifan lokal karawitan sebagai bahan ajar kontekstual IPA SMP: Analisis konten. Indonesian Journal of Applied Science and Technology, 2(2), 77-82. https://journal.publication-center.com/index.php/ijast/article/view/938
Widiyasari, R., Astriyani, A., & Purwoko, R. Y. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan PMRI. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/19415
Zahra, T. A., Dewi, R. K., Lestari, D. A., & Nugraha, R. G. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook” Karakter Anak Bangsa, Indonesia Beradab” untuk Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 615-623. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6998
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.