Dampak Kelahiran Prematur terhadap Perkembangan Motorik Anak Usia Dini
Abstract
abstrak—Kelahiran prematur memiliki dampak pada perkembangan motorik anak prasekolah. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui persalinan prematur berpengaruh pada perkembangan motorik anak usia prasekolah / dini. Metode penelitian ini adalah SLR dengan cara mengevaluasi, menyelidiki, dan menafsirkan semua penelitian terkait suatu topik dan pertanyaan penelitian. Data penelitian dalam penelitian dalam bentuk data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan simak dan catat. Teknik validasi data menggunakan triangulasi data. hasil penelitian menandakan bahwa kelahiran prematur memiliki dampak terhadap perkembangan motorik anak usia prasekolah diantaranya 1) memiliki keterbelakangan motorik kasar, 2) permasalahan pada tumbuh kembang, 3) gangguan dalam perkembangan fisik dan kesehatan. Simpulan penelitian ini adalah terdapat tiga dampak kelahiran prematur terhadap perkembangan motorik anak usia dini / prasekolah.
Abstract— Premature birth has an impact on the motor development of preschool children. The purpose of this study is to determine the effect of preterm labor on the motor development of preschool / early childhood. This research method is SLR by evaluating, investigating, and interpreting all research related to a topic and research question. The research data in the study is in the form of secondary data. The data collection technique uses listening and note taking. The results of the study indicate that premature birth has an impact on the motor development of preschool-age children including 1) having gross motor retardation, 2) problems in growth and development, 3) disorders in physical development and health. The conclusion of this study is that there are three impacts of premature birth on the motor development of early childhood / preschool.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, N. F. (2022). Keterlambatan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak yang Lahir Prematur. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 541-548. http://dx.doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1647.
Azwardi, A. (2018). Metode penelitian pendidikan dan sastra indonesia. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Desiwati, H., Wattimena, I., & Susanti, N. L. (2020). Perbedaan Motorik Kasar Dan Halus Bayi Diberikan Asi Eksklusif Dan Non Eksklusif. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS Dr. Soetomo, 6(1), 73-82. http://dx.doi.org/10.29241/jmk.v6i1.294.
Fitriani, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Usia Anak Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25-34. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/742.
Hadisi, L. (2015). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 50-69. file:///C:/Users/NISA/Downloads/410-734-1-SM.pdf.
Izomi, S., Ellis, R., Ikhwan, M. N., Taufiqa, Z., .... Shufa, N. K. F. (2024). Perkembangan peserta didik. Padang: CV. Gita Lentera.
Khaironi, M., & Ramdhani, S. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82-89. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/546.
Manuaba, I. B. G., Manuaba, I. A. C., & Manuaba, I. B. G. F. (2007). Pengantar kuliah obstetri. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Mariyana, A. (2018). Hubungan Riwayat Prematur dengan Tumbuh Kembang Anak Usia Satu Tahun. Jurnal Human Care, 3(3), 183-188. File:///C:/Users/Nisa/Downloads/Riwayat_Prematur_Dengan_Tumbuh_Kembang_Anak_Usia_S.Pdf.
Oroh, S., Suparman, E., Tendean, Hermi, M. M. (2015). Karakteristik Persalinan Prematur di Rsup Prof. Dr. Rd Kandou Manado. Jurnal Ilmiah Kedokteran Klinik, 3(2), 707-711. https://doi.org/10.35790/ecl.v3i2.8605.
Pieter, H. Z., & Lubis, N. L. (2013). Pengantar psikologi untuk kebidanan. Jakarta: Kencana.
Retno, Z. M., Ifalahma, D. (2023). Faktor Perkembangan Motorik dan Perkembangan Kognitif Anak: Literature Review. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 11(3), 707-714. https://doi.org/10.26714/jkj.11.3.2023.707-714.
Rumah Sakit JIH. (2023). Mengapa perkembangan motorik anak penting?. Https://Rs-Jih.Co.Id/Rsjih/Article-Detail/Mengapa-Perkembangan-Motorik-Anak Penting/Ruxkrkfnwkevqxlpnul0ujirz3r1ut09.
Suliastirini, D., & Berliana, S. M., (2013). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kelahiran Prematur Di Indonesia. E-Journal Widya Kesehatan Dan Lingkungan, 1(2), 109-115. https://stis.ac.id/sipadu/pegawai/upload_jurnal/file_1517581222.pdf.
Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sutapa, P. (2022). Pengembangan dan pembelajaran motorik pada usia dini. Indonesia: PT Kanisius.
Syofiyanti, D., Handayani, F. F., Tabi’in, A., Azizan, N., .... Sujani, E. H. (2022). Perkembangan anak usia dini. Riau: DOTPLUS Publisher.
Usman, A., Rosdiana, R., Misnawati, A. (2021). Faktor Risiko Kejadian Persalinan Prematur Di Rumah Sakit Umum Polewali Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Lentera Acitya. 8(2). 63-68. https://lppmfatimaparepare.org/index.php/acitya/article/view/73.
Venetsanou dalam Dewi, N. L. D. A. S., & Yulaika, A. (2019). Analisis Faktor yang mempengaruhi Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia Prasekolah di Tk Ra Diponegoro Desa Ngajum Kabupaten Malang. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 5(2), 133-143. https://dx.doi.org/10.36053/mesencephalon.v5i2.181.
Wahyuni, I., & Aditia, d. S. (2023). Buku ajar kegawatdaruratan maternal dan neonatal untuk mahasiswa kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.
Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., .... Ayu, P. E. S. (2021). Teori dan aplikasi pendidikan anak usia dini. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Usia Anak Dini, 1 (1), 81-96. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.