Analisis Strategi Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi siswa
Abstract
abstrak— Pembelajaran kooperatif merupakan pendekatan instruksional yang mengutamakan kolaborasi di antara siswa dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran secara kolektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kemanjuran metode kooperatif dalam meningkatkan kapasitas siswa untuk berkolaborasi. Dengan menggunakan pendekatan Tinjauan Literatur Sistematis (SLR), kami akan meneliti literatur ilmiah terkait yang diterbitkan dalam dekade terakhir. Temuan tersebut menghasilkan beberapa artikel ilmiah terkait yang menjalani evaluasi, yang mengarah pada kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif telah dibuktikan sebagai kemanjuran dalam meningkatkan kemampuan kolaboratif siswa sepanjang pengalaman pendidikan.
Kata kunci—Pembelaran Kooperatif, Metode Pembelajaran, Kolaborasi Siswa
Abstract— Cooperative learning is an instructional approach that prioritises collaboration among students in small groups to collectively attain learning objectives. The objective of this study is to assess the efficacy of the cooperative method in enhancing students' capacity for collaboration. By employing the Systematic Literature Review (SLR) approach, we will examine pertinent scientific literature published within the past decade. The findings yielded several pertinent scholarly articles that underwent evaluation, leading to the conclusion that cooperative learning has been substantiated as efficacious in enhancing students' collaborative aptitude throughout the educational experience.
Keywords— Cooperative Learning, Learning Methods, Student Collaboration
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyono, W. (2014). Seminar pendidikan highscope Indonesia. Retrived from: http://www. highscope.or.id/PressReleaseEducation Seminar.
Hasanah. Z. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna Jurnal Studi Kemahasiswaan. 2(1).Doi: https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Hermawan, H., Siahaan, P., Suhendi, E., Kaniawati, I., Samsudin, A., Setyadin, A. H., & Hidayat, S. R. (2017). Desain instrumen rubrik kemampuan berkolaborasi siswa SMP dalam materi pemantulan cahaya. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 167–174.Doi: https://doi.org/10.21009/1.03207
Kemendikbud. (2013). Bahan-bahan sosialisasi kurikulum 2013. Kemdikbud: Jakarta.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1-27. Doi: https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.