Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Puisi menggunakan Pendekatan Kontekstual berbantuan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sugihwaras
Abstract
Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sugihwaras tahun ajaran 2023-2024 dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media audio visual. Tujuan spesifik penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sugihwaras tahun ajaran 2023-2024. (2) Mendeskripsikan dan menjelaskan kualitas hasil kemampuan menulis puisi menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media audio visual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sugihwaras tahun ajaran 2023-2024. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam mengenai pengaruh pendekatan kontekstual dan media audio visual terhadap kemampuan menulis puisi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui tes menulis puisi, observasi partisipasi siswa, dan wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual berbantuan media audio visual secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat, serta minat dan motivasi siswa terhadap menulis puisi bertambah. Terbukti saat siklus pertama, terjadi peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis puisi siswa dari 65.88 menjadi 74.55, dan nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 83.72 setelah siklus kedua selesai.
Kata kunci—Kemampuan Menulis Puisi, Pendekatan Kontekstual, Media Audio Visual, Siswa SMP
Abstract—This research aims to improve the poetry writing skills of eighth-grade students at SMP Negeri 1 Sugihwaras in the 2023-2024 academic year by using a contextual approach assisted by audiovisual media. The specific objectives of this research are to: (1) Describe and explain the learning process using a contextual approach assisted by audiovisual media in improving the poetry writing abilities of eighth-grade students at SMP Negeri 1 Sugihwaras in the 2023-2024 academic year. (2) Describe and explain the quality of the results of poetry writing abilities using a contextual approach assisted by audiovisual media in eighth-grade students at SMP Negeri 1 Sugihwaras in the 2023-2024 academic year. Thus, it is hoped that this research can provide a deep insight into the influence of the contextual approach and audiovisual media on students' poetry writing abilities. The research method used is classroom action research (CAR) conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. Research data was obtained through poetry writing tests, observations of student participation, and interviews with teachers. The results of the study showed that the use of a contextual approach assisted by audiovisual media significantly improved students' poetry writing skills. Students' active participation in the learning process also increased, as well as students' interest and motivation in writing poetry. It was evident that in the first cycle, there was an increase in the average value of students' poetry writing skills from 65.88 to 74.55, and the average value increased again to 83.72 after the second cycle was completed.
Keywords—Poetry Writing Skills, Contextual Approach, Audiovisual Media, SMP Students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Aztry, S. (2012). Pembelajaran bahasa Indonesia melalui pendekatan genre: Teori dan praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darmadi, H. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Hidayat, R. (2014). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Laeli, A. N., Wagiran, W., & Suseno, S. (2014). Peningkatan keterampilan menulis puisi keindahan alam menggunakan metode partisipatori dengan media gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 1-7. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v3i1.3989.
Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyanto, S. & Djihad, A. H. (2011). Pembelajaran kontekstual. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tompkins, G. D. (1990). Language arts: content and teaching strategies. New York: Macmillan Publishing Company.
Trianto. (2011). Desain pengembangan pembelajaran tematik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno, H. B. (2008). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Winarto. 2016. Penelitian tindakan kelas kompetensi pedagogik kelompok kompetensi J. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.