Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Puisi dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas VIII MTs. Islamiyah Kasiman Tahun Pelajaran 2023/2024

Mochamad Kries Yuliansyah, Syahrul Udin, Muhammad Sholehudin

Abstract


abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII MTs Islamiyah Kasiman dalam menulis puisi dengan memanfaatkan foto-foto keindahan alam sebagai media pendukung. Partisipan penelitian terdiri dari 20 siswa kelas VIII MTs Islamiyah Kasiman pada tahun pelajaran 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas, wawancara, dan tes untuk menilai kemampuan menulis puisi mereka. Validitas penelitian ini dijaga melalui pendekatan demokratis, proses, dan dialogis. Untuk memastikan reliabilitas data pembelajaran menulis puisi, informasi dikumpulkan dari guru, siswa, dan peneliti sebagai pengamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam proses pembelajaran menulis puisi. Sebelum intervensi, siswa kurang aktif dan antusias, serta mengalami kesulitan dalam memahami tugas dari guru. Namun, setelah intervensi, siswa menunjukkan keterlibatan dan antusiasme yang lebih baik selama proses pembelajaran. Mereka juga mampu bekerja secara mandiri dalam menulis, menyunting, dan mempublikasikan puisi hasil karya mereka sendiri. Secara keseluruhan, terdapat peningkatan nilai rata-rata dari 51.0 sebelum intervensi menjadi 71.0 pada akhir siklus pertama. Selisih rata-rata antara siklus I (71.0) dan siklus II (80.7) menunjukkan peningkatan nilai sebesar 9,7. Dari pre-test (51.0) hingga akhir siklus II (80.7), terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 29,7. Peningkatan tertinggi terjadi pada akhir siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan foto keindahan alam efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII MTs Islamiyah Kasiman dalam menulis puisi.

 

Kata kunci—media gambar, teks puisi dan keterampilan menulis

 

Abstract— This research aims to improve the ability of class VIII students at MTs Islamiyah Kasiman in writing poetry by using photos of natural beauty as supporting media. The research participants consisted of 20 class VIII students at MTs Islamiyah Kasiman in the 2023/2024 academic year. Data collection was carried out through class observations, interviews, and tests to assess their poetry writing abilities. The validity of this research is maintained through a democratic, process and dialogical approach. To ensure the reliability of poetry writing learning data, information was collected from teachers, students and researchers as observers. The results of the research show that there has been an increase in the learning process to write poetry. Before the intervention, students were less active and enthusiastic, and had difficulty understanding the teacher's assignments. However, after the intervention, students showed better engagement and enthusiasm during the learning process. They are also able to work independently in writing, editing and publishing their own poetry. Overall, there was an increase in the mean score from 51.0 before the intervention to 71.0 at the end of the first cycle. The average difference between cycle I (71.0) and cycle II (80.7) shows an increase in value of 9.7. From pre-test (51.0) to the end of cycle II (80.7), there was an increase in the average score of 29.7. The highest increase occurred at the end of cycle II. Thus, it can be concluded that the use of photos of natural beauty is effective in improving the ability of class VIII students at MTs Islamiyah Kasiman in writing poetry.

 

Key words—image media, poetry text and writing skills

 


Keywords


image media, poetry text and writing skills

Full Text:

PDF

References


Hujair, AH. (2009). Media pembelajaran. Safiria Insania Press.

https://eprints.unm.ac.id/25438/1/Buku%20Media%20Pembelajaran.pdf

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Rajawali Pers.

https://www.researchgate.net/publication/322203747_Mengembangkan_Sumber_dan_Media_Pembelajaran

Jabrohim, dkk. (2003). Cara menulis kreatif. Pustaka Pelajar.

Nurgiyantoro, B. (2005). Teori pengkajian fiksi. Gadjah Mada University Press.

Sayuti, S. A. (2010). Berkenalan dengan puisi. Gama Media.

Sholehhudin, M. (2015). Penerapan JIM (Jurisprudential Inquiry Model) pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Eksposisi di Kelas X SMAN MT Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama , 2 (1), 21-38. DOI: , http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v2i1.15

Sudjana, N., & Rivai, A. (2009). Media pengajaran. Sinar Baru Algesindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.