Penerapan Model Pedagogi Genre Terhadap Penetapan Keterampilan Menulis Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Bojonegoro
Abstract
Abstrak-Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bojonegoro melalui pendekatan pedagogi genre. Dalam penelitian ini digunakan metode eksperimen dengan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan pedagogi genre, sedangkan kelas kontrol tanpa pendekatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kelas eksperimen memiliki peningkatan keterampilan menulis yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji t-test menunjukkan nilai t sebesar 6,673 dan nilai signifikansi (p-value) 0,000, yang berarti pendekatan pedagogi genre memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis siswa.
Kata kunci: Keterampilan menulis, pedagogi genre, siswa SMK, metode eksperimen, peningkatan keterampilan
Abstract -This study aims to improve the writing skills of eleventh-grade students at SMK Negeri 1 Bojonegoro through the genre pedagogy approach. This research employed an experimental method with a control class and an experimental class. The experimental class received instruction using the genre pedagogy approach, while the control class did not. The results showed that students in the experimental class had a significant improvement in writing skills compared to the control class. The t-test results indicated a t-value of 6.673 and a significance value (p-value) of 0.000, indicating that the genre pedagogy approach has a positive and significant impact on improving students' writing skills.
Keywords: Writing skills, genre pedagogy, vocational high school students, experimental method, skill improvement
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., & ... (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. books.google.com.
https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=QgDSEAAAQBAJ&oi=fnd&p g=PA56&dq=ariani+m+zulhawati+z+haryani+h+zani+b+n+husnita+l+firmans yah+m+b&ots=K4G89JbPaY&sig=ogAbKJYQ_A7ws26MfQG6c3Lfhpw
Harjo, B. (2023). THE CIVILIZED SCHOOL: Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Sekolah Beradab. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=MO_LEAAAQBAJ&oi=fnd& pg=PP1&dq=harjo+b+2023++the+civilized+school+pengembangan+dan+imple mentasi&ots=AJKpSB3gC9&sig=SyNRqmNGJuSBdYOJSdA1GOYp0fo
Lestari, L. P., & Rahmawati, F. P. (2022). Kesulitan Orang Tua dan Guru saat Pendampingan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://www.neliti.com/publications/452169/kesulitan-orang-tuadan-guru-saat-pendampingan-belajar-menulis-permulaan-pada-si
Maryanti, E., & Haryadi, H. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Model Pedagogi Genre, Saintifik, dan CLIL. Journal of Elementary Schoo (JOEShttps://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOES/article/view/4281
Setyawati, R. K., & Rustanta, A. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Melalui Menulis Opini dan Berita bagi Staf dan Kontributor Majalah. Jurnal Karya Untuk Masyarakat (JKuM).
http://journal.starki.id/index.php/JKuM/article/download/690/391
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.