Pentingnya Meningkatkan Minat Baca pada Mahasiswa sebagai Kunci Prestasi Akademik

Fitri Diah Novita Sari, Natasya Erdina Zilla, Risnawati Risnawati, Siti Roisatun Nada Rosidah, Masnuatul Hawa

Abstract


       abstrak—Minat membaca adalah dorongan yang membuat kita merasa tertarik dan menikmati kegiatan membaca, sambil mendapatkan pengetahuan yang luas, baik melalui membaca buku maupun memahami teks tertulis. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi pentingnya meningkatkan minat baca pada mahasiswa sebagai faktor kunci dalam mencapai prestasi akademik.  Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah library research dengan menerapkan teknik simak, libat, dan catat sebagai pendekatan utama. Teknik triangulasi digunakan untuk memvalidasi keakuratan data yang dikumpulkan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang perlunya mengembangkan kegemaran membaca pada mahasiswa sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas prestasi akademik mereka di masa depan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian Pentingnya meningkatkan minat baca yang dilakukan pada Mahasiswa memiliki urgensi yang sangat penting yaitu: 1)  Peningkatan Pemahaman Akademik, 2) Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis, 3) Peningkatan Keterampilan Menulis 4) Sumber Motivasi dan Inspirasi, 5) Persiapan untuk Dunia Kerja. 

Kata kunci—Mahasiswa, Prestasi Akademik, Minat Baca

 

       abstract—Reading interest is the drive that makes us feel interested and enjoy reading, while gaining extensive knowledge, either through reading books or understanding written texts. The purpose of this study is to explore the importance of increasing reading interest in university students as a key factor in achieving academic achievement.  The method used in this study is library research by applying the techniques of listening, engaging, and recording as the main approach. Triangulation techniques were used to validate the accuracy of the data collected. The results of this study are expected to provide a deeper understanding of the need to develop students' love of reading as one of the strategies to improve the quality of their academic performance in the future. The results obtained in the research The importance of increasing reading interest in students has a very important urgency, namely: 1)  Improvement of Academic Understanding, 2) Development of Critical Thinking Skills, 3) Improved Writing Skills 4) Source of Motivation and Inspiration, 5) Preparation for the World of Work.

Keywords— Students, Academic Achievement, Reading Interest

 


Keywords


Students, Academic Achievement, Reading Interest

Full Text:

PDF

References


Agusrita, A., Arief, D., Bagaskara, R. S., & Yunita, R. (2020). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 604-609. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.408.

Alfan, M. Z. (2014). Pengaruh bimbingan karir dan lingkungan sekolah melalui motivasi kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII kompetensi keahlian akuntansi SMK NEGERI 2 Magelang. Economic Education Analysis Journal, 3(1).https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4225.

Anwar, C. R., Risma, Septiani, N., Purnama, F. N., Sulaiaman, R. K., Rivai, A. A., Idil, D. I., Rahman, M., Nurmalasari, C., Hanapi, W., Rahman, A., Hufaini, A. M. F., Munipah, S. (2022). Belajar dari rumah difusi dan inovasi pendidikan di masa pandemi. Yogyakarta: Jejak pustaka.

Arini, N. K. S., & Fakhrurrozi, M. (2008). Pengaruh tingkat intelegensi dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik siswa kelas II SMA negeri 99 Jakarta. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Aswadi, D & Lismayanti, H. (2019). Dampak penggunaan smartphone terhadap pendidikan karakter anak di era milenial. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(1), 89-98. https://doi.org/10.33654/sti.v4i1.970.

Carsel, S. (2020). Budaya Akademik dan Kemahasiswaan. Penerbit Anggota IKAPI.

Dailami, (2023). Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Dengan Dosen. Deepublish Digital.

Dewi, N. N. (2019). Kiat-Kiat merangsang Kinerja Dosen Perguruan Tinggi (PTS). Scorpindo Media Pustaka.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54-60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.572.

Eryanto, H., & Swaramarinda, D. R. (2013). Pengaruh modal budaya, tingkat pendidikan orang tua dan tingkat pendapatan orang tua terhadap prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 1(1), 39-61.https://doi.org/10.21009/JPEB.001.1.3.

Faozan, A. (2022). Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Supervisi Akademik Diklat dan Partisipasi dalam Kelompok Kerja Guru. A-Empat.

Firdaus, W., Jamila, W. B., Maulidiyah, A., & Nuha, N. U. (2022). Meningkatkan minat baca pada anak usia sekolah melalui gerakan literasi rumah baca di dusun sentono. DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 1(1), 13-26. https://doi.org/10.46773/djce.v1i1.273.

Gafur, H. (2015). Mahasiswa dan Dinamika Dunia Kampus. CV. Resi Terbit.

Hanifah, S. (2022). Strategi Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik di MTs. Al-Ma’arif Kota Pontianak. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), 211-222.https://doi.org/10.47492/jih.v11i1.1603.

Harbi, I., Fanirin, M. H., & Utami, D. (2024). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MINAT MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SD NEGERI ROROTAN 07 PAGI JAKARTA UTARA. Journal of Islamic Studies, 2(2), 154-162.https://doi.org/10.61341/.

Kaharuddin, A., Arsyad, N., & Asdar. (2023). Media Hologram 3D dalam Pembelajaran Geometri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses sains. Chakti Pustaka Indonesia.

Kasiyun, S. (2015). Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79-95.https://doi.org/10.26740/jpi.v1n1.p79-95.

Maghfiroh, L., Cuesdeyeni, P., Asi, Y. E. (2021). Analisis Citraan Daalm Kumpulan Puisi Ku Ajak Kau Ke Hutan Dan Tersesat Berdua Karya Boy Candra. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 36-44. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2851.

Manurung, M. M., & Rahmadi, R. (2017). Identifikasi faktor-faktor pembentukan karakter mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 1(1), 41-46.https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=karakter+mahasiswa&oq=karakter+maha#d=gs_qabs&t=1719319432840&u=%23p%3Dmw35Rh2h7rEJ.

Maulida, H. N. (2016). Peran perpustakaan daerah dalam pengembangan minat baca di masyarakat. IQRA: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 9(2), 235-251. http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v9i2.120.

Musdalifah, A. (2017). Menekan angka kematian ibu. Yogyakarta: Samudra Biru.

Mustikawati, E. (2024). Analisis Rendahnya Minat Baca Siswa Kelas 4 di SD Negeri Cikampek Timur 1: Faktor-Faktor Penyebab dan Implikasinya dalam Konteks Pendidikan Dasar. Konstanta: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 75-83. https://doi.org/10.59581/konstanta.v2i2.3154

Nasari, F., & Darma, S. (2013). Penerapan k-means clustering pada data penerimaan mahasiswa baru (studi kasus: universitas potensi utama). Semnasteknomedia Online, 3(1), 2-1. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/837.

Noor, S. H., & Mulyani, M. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Resmi Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 35-41. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v5i2.14705.

Oki Hernata, I. P. (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Persiapan Memasuki Dunia Kerja Peserta Didik Smk Kartika Metro Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, https://ummetro. ac. id/).https://lib.ummetro.ac.id/.

Perdana, R. P. (2023). Buku ajar pengantar ilmu pendidikan. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Prakoso, A. R., Seriardana, P., & Adnyani, L. D. S. (2021). Implementasi Genre Based Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Explanation Text. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 1-9. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IGSJ/article/view/39206.

Pramusinta, Y., & Faizah, S. N. (2022). the Effect of Learning Motivation and Parents’ Role on the Achievement Index in Pgmi Students’ Online Learning. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.24252/auladuna.v9i1a1.2022.

Putri, S. (2020). Pemanfaatan internet untuk meningkatkan minat baca Mahasiswa PLS IKIP Siliwangi. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 91-96. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.3700.

Rahman, T. (2018). Kiat-kiat menulis karya ilmiah remaja. Semarang: CV Pilar Nusantara.

Riyani, Y. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa (studi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak). 8(1), 19-25.http://repository.polnep.ac.id/xmlui/handle/123456789/354.

Saputra, W. (2006). Kuliah Itu Gampang. Visimedia.

Sari, A. N. A. (2021). Dampak media sosial instagram bem fisip uniska terhadap sikap perilaku dan prestasi akademik S1 Fisip Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin. Jurnal Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1).http://dx.doi.org/10.31602/jm.v4i1.4894.

Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., ... & Imaduddin, Z. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 63-68.https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/11842.

Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis tingkat keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11-16.https://scholar.google.com/scholar?start=10&q=Pengembangan+Keterampilan+Berpikir+Kritis+&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1718858591446&u=%23p%3Ddmr0PqFovOMJ.

Syafrina, R. (2020). Meningkatkan minat baca anak usia dini dengan mendongeng. Masyarakat Berdaya dan Inovasi, 1(2), 83-85.https://mayadani.org/index.php/MAYADANI/article/view/18/21.

Triatma, I. N. (2016). Minat baca pada siswa kelas VI sekolah dasar negeri delegan 2 prambanan sleman Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(6), 166-178. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fiptp/article/view/3098.

Utama, P. (2018). Membangun pendidikan bermartabat. Bandung: CV. Rasi terbit.

Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, H. (2022). Pemertahanan dialek Semarang dalam perantauan kajian sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11393-11402. https://doi.org./10.31004/jptam.v6i2.4253.

Wirahyuni, K. (2017). Meningkatkan Minat Baca Melalui Permainan Teka Teki Silang dan ‘Balsem Plang’. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 3(1), 1-11. https://doi.org/10.23887/ap.v3i1.12731.

Wulandari, S., & Patimah, S. (2024). 29 Membangun Kecerdasan Emosional dan Mengatasi Pergaulan Bebas pada Remaja melalui Penyuluhan dan Konseling Kelompok Persiapan Dunia Kerja. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(9), 336-348.https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2233.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.