Penerapan Kurikulum Merdeka di SMK Pancasila Kunci Dander

Sri Sunarti Indrawati, Mutiara Retno Damayanti, Rindu Ajeng Pramesti, Dika Setya Pratama, Sutrimah Sutrimah

Abstract


abstrak—Kurikulum merupakan proses atau sistem pengelolaan yang dilakukan secara sistematis, menyeluruh, dan terstruktur untuk mencapai tujuan kurikulum. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis penerapan kurikulum merdeka di SMK Pancasila Kunci Dander. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, catat, dan libat, serta teknik validasi data menggunakan teknik triangulas. Hasil penelitian penerapan kurikulum merdeka di SMK Kunci Dander yaitu sebagai berikut 1) Penerapan Kurikulum Merdeka 2) Materi dan Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka 3) Respon Peserta Didik Tanggapan Pengajar terhadap Kurikulum Merdeka 4) Hambatan dan Solusi Kurikulum Merdeka. Simpulan pada penelitian ini yaitu terdapat 4 penerapan Kurikulum Merdeka di SMK Pancasila Kunci Dander.

Kata kunci—kurikulum merdeka, SMK Pancasila, Dander

 

Abstract—The curriculum is a management process or system that is carried out systematically, thoroughly, and structured to achieve curriculum goals. The purpose of this research is to find out and analyze the application of the independent curriculum at SMK Pancasila Kunci Dander. The method used is qualitative method, the data collection technique uses listening, recording, and involvement techniques, and the data validation technique uses triangulation techniques. The results of research on the application of the independent curriculum at SMK Kunci Dander are as follows 1) Implementation of the Independent Curriculum 2) Teaching Materials and Modules in the Independent Curriculum 3) Learners' Response to the Independent Curriculum 4) Obstacles and Solutions to the Independent Curriculum. The conclusion of this study is that there are 4 applications of the Merdeka Curriculum at SMK Pancasila Kunci Dander.

Keywords—independent curriculum, independent learning, vocational school


Keywords


independent curriculum, independent learning, vocational school

Full Text:

PDF

References


Ayu, N. S., Susanto, A. E. R., & Muhaqiqin, M. (2022). Rancang bangun website sistem informasi manajemen sewa lapangan futsal studi kasus damai futsal lampung. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 3(4), 1-6. https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i4.1548.

Fatimah, S. D., Hasanudin, C., & Amin, A. K. (2021). Pemanfaatan aplikasi tik tok sebagai media pembelajaran mendemonstrasikan teks drama. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(2), 120-128. https://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/19

Hakim, A. (2017). Metodologi Penelitian. Jawa Barat: Jejak Publisher.

Huda, N. (2017). Manajemen pengembangan kurikulum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52-75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113

Hutabarat, H., Harahap, M. S., & Elindra, R. (2022). Analisis penerapan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58-69. https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i3.3962

Malelak, E. O., Tuaputimain, H., Salau, T. L., Loban, M. N., Tuhumury, J., Amseke, F. V., ... & Nigha, J. M. (2021). Merdeka Menulis tentang Merdeka Belajar (Bagian 2). Yogyakarta: Deepublish.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102.

Mujab, S. (2023). Transformasi Pendidikan SMK: Menuju SDM Unggul, Kreatif, dan Inovatif Berkelanjutan. Indramayu: Penerbit Adab.

Nasbi, I. (2017). Manajemen kurikulum: Sebuah kajian teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274

Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.

Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi dalam menjaga keabsahan data pada penelitian kualitatif. Al-'Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54-64. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113.

Salabi, A. S. (2020). Efektivitas dalam implementasi kurikulum sekolah. Education Achievement: Journal of Science and Research, 1(1), 2-3. https://doi.org/10.51178/jsr.v1i1.177

Setiawati, L., & Sudira, P. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar praktik kejuruan siswa SMK program studi keahlian teknik komputer dan informatika. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 325-339. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6487

Sitanggang, M. L. (2020). Pentingnya softskill untuk persiapan magang siswa smk. JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera, 190-196. https://doi.org/10.25105/juara.v1i2.7178

Suherman, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Teori dan Praktik Kurikulum Merdeka Belajar Penjas SD. Bandung: Indonesia Emas Group.

Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, H. (2022). Pemertahanan dialek Semarang dalam perantauan kajian sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11393-11402. https://doi.org./10.31004/jptam.v6i2.4253.

Yumnah, S., Iswanto, J., Pebriana, P. H., Fadhillah, F., & Fuad, M. I. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam mengelola sumber daya Guru untuk meningkatkan mutu pendidikan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 92-104. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.350.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (jsc), 1(1). https://dx.doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.