Penerapan Strategi Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Indonesia guna Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP Negeri 1 Soko

Aghnina Nuriyana, Aurella Orchitama Puteri, Dhila Kusuma Wardani, Ummu Dwi Firlisa, Masnuatul Hawa

Abstract


abstrak—Strategi based learning adalah kemampuan berfikir untuk meningkatkan kemampuan keterampilan siswa untuk memecahkan masalah dengan tujuan Menyusun pembelajaran yang kreatif. Siswa mampu menemukan ide/gagasan baru untuk memecahkan masalah agar menjadi fasih, fleksibel, dan kontruksif. Metode ini menggunakan literatur review dengan mengumpulkan berbagai sumber data dari jurnal maupun artikel. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan PjBL antara lain: dukungan guru, motivasi siswa, akses sumber daya. Tantangan dalam PjBL antara lain: kendala waktu, sumber daya terbatas, kurangnya pengalaman guru. Bahwa PjBL merupakan strategi yang berharga dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan kreativitas siswa.

 Abstract— Based learning strategy is the ability to think to improve students' ability to solve problems with the aim of composing creative learning. Students are able to find new ideas/ideas to solve problems so that they become fluent, flexible and constructive. This method uses a literature review by collecting various data sources from journals and articles. Factors that influence the success of PjBL include: teacher support, student motivation, access to resources. Challenges in PjBL include: time constraints, limited resources, lack of teacher experience. That PjBL is a valuable strategy in learning Indonesian to increase student creativity.


Keywords


strategybased learning, creativity, junior high school students

Full Text:

PDF

References


Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Retrieved from https://stikesmajapahit.ac.id/lppm/wp-content/uploads/2019/04/panduan-penyusunan-studi-literatur.pdf.

Nugraha, I., R., R., Supriadi, U., & Firmansyah., M., I (2023). Efektivitas Strategi Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS , 17 (1), 39–47. https://doi.org/10.21067/jppi.v17i1.8608.

Prasetya, A. T. 2014. Keefektifan Strategi Project Based Learning Berbantuan Modul Pada Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2). Retrieved,from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/4441.

Pristiwanti, D., Badariah, B. ., Hidayat, . S. ., & Dewi, RS . (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) , 4 (6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.

Sari, A. Y. 2017. Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. MOTORIC: Media of Teaching Oriented and Children, 1(1). Retrieved from https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/paudmotoric/article/view/547.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.