Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Teks Drama (Kajian Kualitatif)

Nor Vitasari, Dina Novita Sari, M Nurfaidzin Ihsan, Muhammad Rizki Fadhillah, Masnuatul Hawa

Abstract


Abstrak—Strategi pembelajaran kooperatif adalah strategi pembelajaran yang lebih menekankan pada kerja sama antar peserta didik demi mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis strategi pembelajaran kooperatif dalam mengoptimalkan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi teks drama. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang masih berkaitan dengan topik pembahasan. Dalam teknik analisis data menggunakan tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Teknik validasi data menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam strategi pembelajaran kooperatif terdapat beberapa manfaat dan kelebihan yang dapat mengoptimalkan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi teks drama. Simpulan pada penelitian ini yaitu strategi pembelajaran kooperatif mampu mengoptimalkan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi teks drama.
Kata kunci—Strategi pembelajaran kooperatif, pembelajaran bahasa Indonesia, teks drama


Abstract— The cooperative learning strategy is a learning strategy that emphasizes collaboration among students to achieve predetermined learning objectives. The purpose of this study is to analyze the cooperative learning strategy in optimizing Indonesian Language learning, particularly in drama text material. The research method used is qualitative descriptive. The data in this study are secondary data related to the topic of discussion. The data analysis technique uses three flows: data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The data validation technique uses theoretical triangulation. The study's findings indicate that the cooperative learning strategy has several benefits and advantages that can optimize Indonesian Language learning, particularly in drama text material: The conclusion of this study is that the cooperative learning strategy is capable of optimizing Indonesian Language learning, particularly in drama text material.
Keywords— Cooperative learning strategy, Indonesian language learning, drama text.

Keywords


Cooperative learning strategy, Indonesian language learning, drama text.

Full Text:

PDF

References


Ali, I. (2021). Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(01), 247-264. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82.

Amalia, U., dkk. (2017). New Edition Mega Bank Soal SD/MI Kelas 4, 5, & 6. Jakarta: Bmedia.

Farida, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GroupInvestigation (GI) dan Kemampuan Analisis Fungsi Trigonometri. Bekasi: Mikro Media Teknologi.

Febrianti, Y. F. (2021). Penggunaan bahasa gaul terhadap eksistensi bahasa Indonesia pada masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 43-48. Retrieved from https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/752.

Hakim, L., Luthfiyah, S. A. A., & Setiabudi, D. I. (2021). Strategi belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif sebagai pembentukan karakter siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(2), 9-14. Doi https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i2.294.

Hamzah. (2022). Strategi Pembelajaran Guru Edukatif. Pasaman Barat: Azka Pustaka.

Hasanah, Z., & Himami, A.S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13. Doi https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236.

Kaif, S. H., Fajrianti, & Satriani. (2022). Strategi Pembelajaran (Macam-Macam Strategi Pembelajaran yang Dapat Diterapkan Guru). Surabaya: Inoffast Publishing.

Kemal, I. (2013). Peningkatan kemampuan menganalisis unsur intrinsik teks drama dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Jurnal Metamorfosa, 1(2), 45-55. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/87.

Krisbiono, A. D., Supriyanto, T., & Rustono, R. (2015). Keefektifan penggunaan model sinektik dan model simulasi dalam pembelajaran menulis teks drama berdasarkan gaya belajar pada peserta didik kelas XI SMA. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 125-130. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/seloka/article/view/9870.

Lathifa, N. N., Anisa, K., Handayani, S., & Gusmaneli, G. (2024). Strategi pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 4(2), 69-81. Doi https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i2.2869.

Nababan, D., Sihaloho, L., & Tambunan, L. S. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif dan Pengimplementasiannya dalam PAK. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 542-556. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/160.

Purwanti, L., Widyaningrum, R., & Melinda, S. A. (2020). Analisis penggunaan media power point dalam pembelajaran jarak jauh pada materi animalia kelas VIII. Journal Of Biology Education, 3(2), 157-166. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Ayu-Melinda-Melinda/publication/348516791_Analisis_Penggunaan_Media_Power_Point_dalam_Pembelajaran_Jarak_Jauh_pada_Materi_Animalia_Kelas_VIII/links/601b922445851589397d847e/Analisis-Penggunaan-Media-Power-Point-dalam-Pembelajaran-Jarak-Jauh-pada-Materi-Animalia-Kelas-VIII.pdf?

_sg%5B0%5D=started_experiment_milestone&origin=journalDetail.

Putri, N. P. (2017). Eksistensi bahasa indonesia pada generasi millennial. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 45-49. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/1891.

Rahayu, S. (2024). Media Pembelajaran: Konsep Dasar, Teknologi dan Implementasi Dalam Model Pembelajaran. Medan: Umsu Press.

Ratnasari, L. L., & Ramadhan, S. (2020). Model pembelajaran menulis teks drama menggunakan media teks cerpen siswa kelas VIII. Basindo, 4(2), 169-177. Retrieved from https://www.academia.edu/download/106118886/6812.pdf.

Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60. Retrieved from https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/aujpsi/article/download/18/18.

Sumar, W. T. & Razak, I. A. (2016). Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft Skill. Yogyakarta: Deepublish.

Supriatna, A. (2007). Bahasa Indonesia untuk Kelas VIII Sekolah

Menengah Pertama. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Thalib, M. A. (2022). Pelatihan analisis data model Miles dan Huberman untuk riset akuntansi budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33. Doi https://doi.org/10.30603/md.v5i1.2581.

Triani, D. A. (2016). Implementasi strategi pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe jigsaw di perguruan tinggi. UNIVERSUM: Jurnal KeIslaman dan Kebudayaan, 10(02), 219-227. Doi https://doi.org/10.30762/universum.v10i02.753.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(2), 83-91. Doi https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.