Peran Teknik Skimming untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa
Abstract
Kata kunci—Teknik skimming, Keterampilan Membaca, Pembelajaran Bahasa
Abstract—The skimming technique is a fast reading technique to understand the general description of a text in a short time. The aim of this research is to find out the role of skimming techniques in improving reading skills in language division. This research applies the literature study method. The results of this research are the role of skimming techniques in improving reading skills in language learning, namely: 1) increasing reading speed, 2) helping identify important information, 3) improving overall understanding, 4) effective for long texts, 5) improving information selection skill.
Keywords—Skimming Techniques, Reading Skills, Language Learning
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adlini, N.M., Dinda, H.A., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, J.S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Pendidikan , 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal pendidikan akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107. https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173
Ahmad, A. (2017). Penerapan permainan bahasa (Katarsis) untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas Iva SD Negeri 01 Metro Pusat. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75-83. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024.
Alfarisy, F. (2021). Kebijakan pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia dalam perspektif pembentukan warga dunia dengan kompetensi antarbudaya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 303-313. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.207
Alfin, J. (2018). Membangun budaya literasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menghadapi era revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 60-66. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1846
Arrobi, J., Firdaus, F.M., & Suryani, E. (2024). Pelatihan media pembelajaran berbasis IT untuk seluruh guru PAI di desa Pasawahan. Jurnal Pengabdian West Science, 3(3), 291–297. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i03.1034
Badraen, L. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menyimpulkan Isi Teks dengan Teknik Skimming pada Siswa Kelas VI SDN Suare Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) , 3(2). https://dx.doi.org/10.58258/jisip.v3i2.727
Bu'ulolo, Y. (2021). Membangun budaya literasi di sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 16-23. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1536
Efendi, E., Fatimah, A., & Sipahutar, I. M. (2023). Peran sistem informasi terhadap Pengembangan Dakwah Islam. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 3230-3238. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13879
Fadliansyah, R.M., & Zakiyah, S. (2023). Penerapan Metode Skimming Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Dalam Hati Pada Remaja. Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini , 5(1), 61–72. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i1.930
Faiz, A., Hambali, D.S, Mulyadi, M., & Kurniawaty, I. (2022). Tinjauan Pustaka Tingkat Ranah Afektif untuk Mengukur Karakter Siswa. Jurnal Basicedu , 6(4), 5508-5515. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3092
Faizah, H., Pahri, E. D., Rahmi, F. A., Hutapea, H.C., Marisya, M., & Sinaga, R. (2024). Menghitung Kecepatan Membaca Arab Melayu Dalam Cerita “Orang Batak Menyetop Taksi” Kelas 2021 A. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(1), 117-122. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i1.656
Fidian, A. (2024). Membaca Cepat: Tips memahami bacaan dengan cara yang mudah. Community Empowerment, 9(1), 191-195. https://doi.org/10.31603/ce.11059
Ghozali, A., Iqbal, M., Pratama, A.F., & Fata, A.M. (2020). “Teknik Skimming untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Membaca di Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Tindakan Indonesia , 91-100. https://www.neliti.com/publications/341026/skimming-techniques-to-improve-student-understanding-in-reading-learning-in-clas#cite
Gultom, A., & Nainggolan, F.M. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Melalui Teknik Skimming pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia , 4(1), 15-21. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v4i1.1031
Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.58230/27454312.2
HT, M.C., & Evitarini, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Siswa dengan Teknik Skimming dan Scanning Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 5(1), 114-119. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.5347
Kamil, R. I. (2015). Pengembangan media pembelajaran bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 1(1). http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/52
Kaniawati, E., Mardani, E.M., Lestari, N.S., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran. Jurnal Penelitian Mahasiswa , 1(2), 18-32. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.954
Magdalena, I., Ramadanti, S., & Siregar, E. R. (2021). Strategi Keterampilan Membaca dalam Tujuan Instruksional Khusus Kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri Buaran Jati 2 Kecamatan Sukadiri. ARZUSIN, 1(1), 164-175. https://doi.org/10.58578/arzusin.v1i1.116
Majdi, M., & Faizatina, N. (2023). Strategi Pembelajaran Make A Match Dalam Pengembangan Keterampilan Membaca Materi Pantun. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 599-608. https://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.1693
Meidina, T. & Kaswamati, S. (2022). Teknik skimming untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa tunagrahita ringan kelas VII di SLB. Vidya Karya, 37(1), 16-22. https://doi.org/10.20527/jvk.v37i1.12870
Melani, S. (2016). Literasi informasi dalam praktek sosial. Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 10(2), 67-82. http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v10i02.541
Mudikawaty, M., Meisawati, M., & Nurdiana, A. (2018). Super Complete Sd/Mi 4,5,6. Depok: Magenta Media.
Mutahara, B.N., Awayundu, K., & Saleh, A.W. (2023). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui penerapan teknik skimming pada siswa tunarungu kelas menengah VIII di SLB Pembina tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Pendidikan Khusus , 6(2), 62–71. https://doi.org/10.31537/speed.v6i2.935
Nuriadi, N. (2019). Membaca Efektif: Cara Mudah Memahami Teks Bacaan Ilmiah. Lombok: Arga Puji Mataram.
Paramitha, A.S., & Wachidah, K. (2021). Pemahaman isi bacaan menggunakan teknik skimming untuk meningkatkan pemahaman isi bacaan Narrative Text pada Siswa Sekolah Dasar. Akademisi Terbuka, 5(1), 1-14. https://doi.org/10.21070/acopen.5.2021.1907
Putri, A., Rambe, N.R., Nuraini, I., Lilis, L., Lubis, R.P., & Wirdayani, R. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris , 3(2), 51–62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984
Rahayu, S., & Sidiqin, M. A. (2019). Pengaruh teknik membaca intensif terhadap kemampuan menemukan ide pokok paragraf dalam artikel †œKPK BATMAN YANG LELAH†pada siswa kelas XII SMA Swasta Paba Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 16(2). 103-113. https://doi.org/10.37755/jsbi.v16i2.197
Ramadhani, M.J., Nadiarahma, P., Mustofa, N.E., & Za, F.M. (2023). Penerapan Keterampilan Membaca Sekilas dalam Memahami Karya Ilmiah. Jurnal Penelitian Mahasiswa , 3(1), 46–53. https://doi.org/10.58192/populer.v3i1.1663
Sanusi, R. N. A., & Aziez, F. (2021). Analisis butir soal tes objektif dan subjektif untuk keterampilan membaca pemahaman pada kelas vii smp n 3 Kalibagor. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 8(1), 99-109. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100050
Sarayevani, R., Sarimanah, E., & Talitha, S. (2023). Penerapan teknik skimming dalam meningkatkan keterampilan membaca ekstensif siswa kelas IX SMP Yapis Bogor. Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran, 3(2), 70-76. https://journal.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/8309
Satriyani, M., & Atmaja, H.E. (2021). Analisis Proses Rekrutmen dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan Rumah Sakit Wijayakusuma Kebumen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK dan BI), 4(2), 541-549. https://doi.org/10.37600/ekbi.v4i2.370
Septian, A., Agustina, D., & Maghfirah, D. (2020). Model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 10-22. https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.652
Setiawan, W., Hatip, A., Gozali, A., & Anggraini, A. (2023). Studi Pustaka Tentang Penggunaan Model Pembelajaran Sebagai Bagian Dari Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 179-183. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i2.14236
Sianipar, V. M. B., Simanjuntak, H. H., Siagian, B. A., & Sigiro, M. (2024). Efektivitas metode SQ3R terhadap peningkatan pembelajaran membaca cepat. Jurnal Tunas Bangsa, 11(1), 57-71. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v11i1.2681
Sibua, S., & Iskandar, F. (2016). Kemampuan Mengidentifikasi Fakta dan Opini dalam Teks Surat Kabar Melalui Kegiatan Membaca Intensif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Ternate. EDUKASI, 14(1), 355-363. https://doi.org/10.33387/j.edu.v14i1.179
Syaadah, R., Ary, M.H.A.A., Silitonga, N., & Rangkuty, S.F. (2022). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125-131. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Taufik, A., Adiastuty, N., & Riyadi, M. (2024). Penguatan Asesmen Kompetensi Minimum melalui Pengenalan Soal Literasi Numerasi:(Pengabdian Kepada Masyarakat di SDN 1 Sumberjaya Ciwaru Kuningan). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 17-25. https://doi.org/10.57152/malcom.v4i3.1378
Wahyuni, S., Tarman, T., & Syakur, A. (2024). Peningkatan kemampuan membaca ekstensif melalui metode SQ3R siswa kelas IV SD Negeri Jonjo 1 Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa. Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(2), 571-582. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i2.3012
Wardhani, D.A., & Pujiono, A. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal Terhadap Kompetensi Mengajar Guru Sekolah Minggu. Journal Didache of Christian Education, 2(1), 10-21. https://doi.org/10.52960/jd.v2i1.109
Wulandari, A., Salsabila, A., Cahyani, K., Nurazizah, T., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan , 5(2), 3928-3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.107
Yansen, A. (2024). Implementasi Kebijakan Rekrutmen dan Seleksi Pegawai dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Pemerintah Daerah. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 514-527. https://doi.org/10.62504/jimr520
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.