Analisis Alih Kode dan Campur Kode serta Nilai Pendidikan Karakter pada Dialog Antar Tokoh dalam Film Gadis Kretek Karya Ifa Ifansyah dan Kamila Andini

Yuliasri Yuliasri, Abdul Ghoni Asror, Okta Ikha Rahmawati

Abstract


abstrak— Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini memiliki tujuan menjelaskan bentuk alih kode dan campur kode, dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam percakapan antar tokoh dalam film Gadis Kretek. Teknik analisis, rekam, dan catat adalah beberapa teknik pengumpulan data yang terapkan. Teknik triangulasi sumber data diterapkan untuk menguji validitas data. Potongan percakapan dari film Gadis Kretek adalah sumber data penelitian ini.. Hasil penelitian menunjukkan adanya dua jenis alih kode: alih kode intern dengan 13 data dan alih kode ekstern dengan 5 data. Bentuk campur kode dalam dialog antar tokoh di film Gadis Kretek dibagi menjadi dua jenis, yaitu campur kode ke dalam (inner code mixing) dengan 41 data dan campur kode ke luar (outer code mixing) dengan 4 data. religius, jujur, kerja keras, mandiri, toleransi, kreatif, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, dan peduli sosial.
Kata kunci— alih kode, campur kode, nilai pendidikan, film Gadis Kretek

Abstract— The purpose of this study is to describe and explain the different forms of code switching and code mixing, as well as the educational value of the conversation between characters in the film Kretek Girl, which in this research uses a qualitative descriptive method. Techniques for taking notes, recording, and listening are the methods used to acquire data. Triangulation of data sources is a technique used in the data validity technique. The research utilizes dialogue fragments between characters from the movie Kretek Girl as its data source. The results of this research show that there are 2 types of code switching in this study, namely internal code switching with 13 data and external code switching with 5 data. There are 2 different kinds of code mixing in conversation from characters in Kretek Girl movie, namely inner code mixing with 41 data, outer code mixing with 4 data. There are 11 types of educational values in the dialogues from character in the Kretek Girl movie, namely; religious, honest, hardworking, independent, tolerant, creative, curious, love the country, appreciate achievement, responsibility, and social care.
Keywords— code switching, code mixing, educational value, Kretek Girl film

Keywords


code switching, code mixing, educational value, Kretek Girl film

Full Text:

PDF

References


Andiopenta, A. (2018). Sosiolinguistik Teoritis. Jambi: Universitas Jambi.

Dewantara, A. K. (2015). Campur kode dan alih kode pada interaksi informasi mahasiswa di Yogyakarta: Studi kasus pada mahasiswa Asrama Lantai Merah, Jalan Cendrawasih No. 1B. Sanata Dharma Yogyakarta. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i2.36023.

Fakhrurozi, j. (2020). Ekranisasi cerpen ke film pendek.

Iye, R., dkk. 2023. Alih kode dan campur kode pada novel Menjemput Cinta Ke Australia karya Afif Mushofa. Jurnal Sosiologis: Kajian Sosiologi Klasik, Modern, dan Kontemporer. 1(2), 34-45. http://www.ojs.ycit.or.id/index.php/KTSK/article/view/84.

Kusnawan, E. 2021. Alih kode daan campur kode pada novel Cinta Dalam Diam karya Shineeminka. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(3), 228-237. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/diskursus/article/view/10812.

Moeleong, M. (2007). Metodelogi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Oktavianus, H. (2015). Penerimaan penonton terhadap praktek eksorsis di dalam film Conjuring. Jurnal e-komunikasi, 3(2), 1-12. https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/4942.

Simatupang, R. R., Rohmadi, M., Saddhono, K. (2018). Alih kode dan campur kode tuturan di lingkungan pendidikan. LINGTERA, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.21831/lt.v5i1.19198.

Suardi, I. N. (2015). Sosiolinguistik. Jakarta: Graha Ilmu Fuandi.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, H., & Sunarsih, E. (2020). Analisis bentuk, jenis, faktor terjadinya alih kode antara penjual dan pembeli di pasar Kuala Singkawang. Jurnal Pendidikan Bahasa, 9(2), 179-188. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/bahasa/article/view/1985/0.

Triutami. (2017). Integrasi bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dalam pemblajaran sosiolingistik. Jurnal eprints, 09.

Yusnan, M., Kamasiah, R. I., Karim, H., & Bugis, R. (2020). Alih kode dan campur kode pada novel Badai Matahari Andalusia karya Hary El-parsia: Transfer code and mix code in novels Badai Matahari Andalusia karya Hary El-parsia. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.47323/ujss.v1i1.3.

Zubaedi, Z. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.