Analisis Kesalahan Berbahasa pada APK (Alat Peraga Kampanye) Peserta Pemilu 2024 di Blora

Sholikhatun Maghfiroh, Abdul Ghoni Asror, Moh Fuadul Matin

Abstract


Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menilai tingkat kesalahan berbahasa pada Alat Peraga Kampanye (APK) peserta pemilu 2024 di Blora, dan 2) Memahami upaya perbaikan kesalahan berbahasa pada APK peserta pemilu 2024 di Blora. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan fokus pada APK di Blora. Metode pengumpulan data melibatkan teknik dokumentasi dan catatan. Validasi data dilakukan dengan triangulasi data dari berbagai metode dan sumber. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian mencatat 68 kesalahan berbahasa, mencakup: 1) Kesalahan penggunaan huruf besar dan kecil (12 data), 2) Kesalahan penggunaan tanda baca (24 data), 3) Kesalahan penulisan huruf miring (27 data), dan 4) Kesalahan penulisan lambang bilangan (3 data). Kesalahan penulisan huruf miring menonjol, yang terjadi karena penggunaan bahasa daerah dalam APK.
Kata kunci—Nilai Pendidikan Karakter, Film, Pembelajaran Bahasa Indonesia


Abstract— This study aims to: 1) Determine the extent of language errors in the campaign materials (APK) of the 2024 election participants in Blora, and 2) Identify ways to correct these language errors. The research employs a descriptive qualitative method, focusing on APK in Blora. Data collection involves documentation and note-taking techniques. Data validation is achieved through triangulation, verifying information through various methods and sources. The data analysis uses descriptive techniques. The research found 68 instances of language errors, including: 1) 12 cases of incorrect use of upper and lower case letters, 2) 24 instances of punctuation errors, 3) 27 errors in italicization, and 4) 3 errors in writing number symbols. The most frequent error was in italicization, often due to the use of regional languages in the APK.
Keywords— Language Errors, and Campaign Props

Keywords


Language Errors, and Campaign Props

Full Text:

PDF

References


Afifah. 2017. Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Media Luar Ruang di Wilayah Kota Medan. Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra, 2 (1), 14-37. http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v2i1.14-37

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsanti, M., Chamalah, E., & Azizah, A. (2019). Kesalahan Penulisan Istilah Asing pada Papan Iklan Atau Reklame di Kota Semarang. Sasando: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal, 2(2), 260-273. https://doi.org/10.24905/sasando.v2i2.75

Asror, AG (2015). Bahasa Visual d alam iklan kampanye Pilkada Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Magistra, 26 (92).

Azizah, A. 2013. Strategi portofolio dalam pembelajaran menulis karangan esai pada mahasiswa pbsi unissula. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 1-12. http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211313018/5532jurnal_Aida_Azizah.pdf

Golafsani, N. 2003. Understanding Reliability and Validity in Qualitativr Research. The Qualitative Report, 8 (4), 597-607

Rantika, N. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Media Luar Ruang Di Kota Purwodadi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang). http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27742

Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sibarani, R. (2020). Kearifan Lokal-Hakikat,Peran dan Metode Tradisi Lisan. AsosiasiTradisi Lisan (ATL).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Alfabeta.

Utari, A. (2019). Kesalahan Bahasa pada Alat Peraga Kampanye Pilpres 2018/2019 di Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis.

Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 3 (2) http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v3i2.2250


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.