Analisis Pengaruh Perpustakaan dalam Mendorong Budaya Membaca pada Masyarakat
Abstract
penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh perpustakaan dalam mendorong budaya membaca pada masyarakat tertentu. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa library research, data yang digunakan berupa sekunder, teknik penelitian berupa simak, catat, dan libat, serta teknik validasi berupa teknik triangulasi. Hasil terhadap penelitian ini yakni analisis pengaruh perpustakaan dalam mendorong budaya membaca pada masyarakat meliputi 1) Akses terhadap bahan bacaan yang efektif dan berkualitas 2) Penyelenggaraan program kegiatan literasi pada komunitas 3) Lingkungan yang nyaman, asri, dan mendukung 4) Staf perpustakaan yang ramah, terlatih, serta profesional 5) Ketersediaan akan sumber daya multikultural dan multibahasa. Simpulan terhadap penelitian ini terdapat 5 pengaruh perpustakaan dalam mendorong budaya membaca pada masyarakat.
Kata kunci— Masyarakat, membaca, perpustakaan
Abstract— Reading is the process of translating certain letters. The purpose of research is to find out the influence of libraries in encouraging reading culture in certain communities. The method used in this research is library research, the data used is secondary, the research technique is listening, noting, and engaging, and the validation technique is triangulation technique. The results of this study are the analysis of the influence of the library in encouraging a reading culture in the community including 1) Access to effective and quality reading materials 2) Implementation of literacy activity programmes in the community 3) A comfortable, beautiful and supportive environment 4) Friendly, trained and professional library staff 5) Availability of multicultural and multilingual resources. The conclusion of this research is that there are 5 influences of the library in encouraging a reading culture in the community.
Keywords- Community, reading, library
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, M. (2022). Memahami masyarakat dan perspektifnya. QiST: Journal of Quran and Tafseer Studies 1(1), 30-47. https://doi.org/10.23917/qist.v1i1.523.
Asnawi, A. (2015). Perpustakaan desa sebagai sumber layanan informasi utama. Media Pustakawan, 22(3), 34-40. Retrieved from https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/210.
Baskoro, G. D. (2020). Smart Writing: Cerdas Membuat Karya Ilmiah dengan 5 Tahapan Menulis. Deepublish.
Fama, A. (2016). Komunitas masyarakat pesisir di Tambak Lorok, Semarang. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 11(2), 65-75. https://doi.org/10.14710/sabda.11.2.65-75.
Fatonah, N., Wakila, F. Y., Nasrullah, M. H. Y. (2021). Peneguhan karakter Islam peserta didik melalui rukun iman dengan metode 3P (Pemahaman Pengamalan Pembiasaan). Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(2), 484-501. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v15i2.1394.
Ibrohim, B., & Ilma, T. (2020). Berbagai kegiatan membaca untuk memicu budaya literasi di sekolah dasar. Primary: jurnal keilmuan dan kependidikan dasar, 12(1), 41-54. https://doi.org/10.32678/primary.v12i01.2708.
Ilyas, I. (2022). Strategi peningkatan kompetensi profesional guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34-40. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.158.
Jamin, H. (2018). Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(1), 19-36. Retrieved from https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/112.
Khasinah, S. (2015). Interaksi ekstratekstual dalam proses bercerita kepada anak usia dini. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 1(1), 99-110. http://dx.doi.org/10.22373/equality.v1i1.782.
Lestari, I. P. (2013). Interaksi sosial komunitas Samin dengan masyarakat sekitar. Komunitas, 5(1), 74-86. https://doi.org/10.15294/komunitas.v5i1.2376.
Masrin, M., Hasbullah, H., & Mahmur, M. (2021). Pengaruh minat baca dan penguasaan kalimat terhadap kemampuan menulis narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(2), 169-184. http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7408.
Muhammad, N. (2017). Resistensi masyarakat urban dan masyarakat tradisional dalam menyikapi perubahan sosial. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 19(2), 149-168. http://dx.doi.org/10.22373/substantia.v19i2.2882.
Muslim, A. (2013). Interaksi sosial dalam masyarakat multietnis. Jurnal diskursus islam, 1(3), 483-494. https://doi.org/10.24252/jdi.v1i3.6642.
Nurmi, N. (2017). Membangun website sistem informasi dinas pariwisata. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika, 1(2), 1-6. https://doi.org/10.22202/ei.2015.v1i2.1418.
Paais, S. L. (2021). Keragaman agama, etnis, bahasa, dan pembangunan desa. Journal of Regional and Rural Development Planning (Jurnal Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan), 5(2), 77-90. https://doi.org/10.29244/jp2wd.2021.5.2.77-90.
Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854.
Prasetyawan, A. T. (2020). Mempelajari peran sosial wanita dalam olahraga learning women's social role in sports. Jurnal Adiraga, 6(2), 25-35. https://doi.org/10.36456/adiraga.v6i2.2790.
Prasetyo, D. (2019). Memahami masyarakat dan perspektifnya. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 163-175. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.253.
Pritandhari, M. (2016). Penerapan komik strip sebagai media pembelajaran mata kuliah manajemen keuangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 4(2), 23-40. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v4i2.631.
Rahamadanti, R., & Abidin, S. (2021). Layanan terapung dinas perpustakaan dan kearsipan di Pulau Gusung Kabupaten Kepulauan Selayar. Literatify: Trends in Library Developments 2(1), 35-45. https://doi.org/10.24252/literatify.v2i1.20374.
Randang, J. S., Boham, A., & Pangerapan , J. N. (2020). Persepsi mahasiswa tentang kepala berita click bait media online instagram (Studi pada mahasiswa jurusan ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan politik unsrat konsentrasi jurnalistik). Acta Diurna Komunikasi, 2(1), 17-25. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/27108.
Restianty, A. (2018). Literasi digital, sebuah tantangan baru dalam literasi media. Gunahumas, 1(1), 72-87. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/gunahumas/article/view/28380.
Riana, R. (2021). Kemampuan membaca kritis di tinjau dari kemampuan berpikir kritis dan minat membaca pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 625-631. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2193.
Saputra, D. (2021). Implementasi metode tasmi’ dan takrir dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(4), 160-182. Retrieved from https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/557.
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan kampus mengajar dalam meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916-924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041.
Simbolon, R. (2019). Penggunaan roda pintar untuk kemampuan membaca anak. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(2), 66-71. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v2i2.1448.
Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1), 45-78. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v2n1.p%25p.
Syahrir, S., & Yamin, M. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal ilmiah mandala education, 6(1), 112-203. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121.
Tabina, G. (2024). Analisis sistem pengelolaan arsip inaktif di PT Prima Mitra Elektrindo. Student Scientific Creativity Journal, 2(1), 48-62. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v2i1.2544.
Tanyid, M. (2023). Peran gereja dalam akreditasi perguruan tinggi teologi. Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 1(1), 1-18. https://doi.org/10.46445/nccet.v1i1.693.
Tihabsah, T. (2022). Aceh memiliki bahasa, suku, adat dan beragam budaya. Jurnal Serambi Akademica, 10(7), 738-748. Retrieved from https://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambiakademika/article/view/4937.
Titaningsih, D., & Sya'diah, D. (2020). Literasi informasi pemustaka dalam mengakses sumber informasi di Perpustakaan BALITTRO. Media Informasi, 30(1), 115-136. https://doi.org/10.22146/mi.v30i1.4019.
Wahyuni, N. (2018). Sistem punggawa-sawi dalam komunitas nelayan (Studi kasus di Desa Tarupa Kecamatan Taka Bonerate Kabupaten Kepulauan Selayar). Jurnal Commercium: Kajian Masyarakat Kontemporer, 1(2). Retrieved from Retrieved from https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/jurnalcommercium/article/view/487.
Waris, W., Sumiharsono, M. R., & Amindari, A. (2020). Pengaruh media kartu kata bergambar dan audio visual terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Journal of Education Technology and Inovation, 3(1), 54-68. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/jeti/article/view/429.
Warsita, B. (2012). Pemanfaatan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Teknodik, 16(2), 199-213. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.21.
Wirza, Y., Musthafa, B., & Putra, D. (2019). Program membaca ekstensif: Meningkatkan motivasi membaca siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(3), 322-333. https://doi.org/10.17509/jpp.v19i3.22326.
Yenianti, I. (2021). Analisis pemikiran Sulistyo Basuki dan Wiji Suwarno tentang fungsi perpustakaan dalam masyarakat. Maktabatuna, 3(1), 108-124. https://doi.org/10.15548/mj.v3i1.3168.
Yuliani, T. (2020). Analisis kebutuhan pemustaka pada kegiatan layanan pengembangan koleksi buku Perpustakaan IAIN Batusangkar. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(1), 41-52. https://doi.org/10.24952/ktb.v2i1.2328.
Zabidi, A. (2020). Kelompok sosial dalam masyarakat perspektif QS. Al-maidah ayat 2. Borneo: Journal of Islamic Studies, 3(2), 42-58. https://doi.org/10.37567/borneo.v3i2.262.
Zulaeha, I., & Eliya, I. (2017). Pola komunikasi politik ganjar pranowo dalam perspektif sosiolinguistik di media sosial instagram. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(3), 286-296. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/seloka/article/view/16044.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.