Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Membaca bagi Siswa dalam Tingkatan SMA

Anggraeni Meilani Putri, Kharisma Nur Adinda, Manal Afia Sovitri, Rima Nuke Sarasati, Masnuatul Hawa

Abstract


Abstrak—Siswa SMA merupakan remaja yang mengalami perubahan berpikir pada tingkatan akhir sekolah wajib untuk memenuhi target prestasi yang ditandai dengan peningkatan atau penurunan emosional dalam diri individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang bisa mempengaruhi keterampilan membaca bagi siswa pada tingkatan SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode library reseach, data yang dipakai pada penelitian ini menggunakan data sekunder, teknik yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik simak, libat dan catat, selain itu jenis teknik validasi yang digunakan pada penelitian ini berupa teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan membaca bagi siswa dalam tingkatan SMA antara lain 1) kemampuan berbahasa 2) kemampuan kognitif 3) faktor neurologis 4) faktor lingkungan sosial 5) pengaruh teknologi. Simpulan dalam penelitian terbagi menjadi 5 faktor yang dapat mempengaruhi keterampilan membaca bagi siswa dalam tingkatan SMA.
Kata kunci—Keterampilan membaca, siswa, siswa SMA

Abstract— High school students are adolescents who experience changes in thinking at the final level of school are required to meet achievement targets which are characterized by emotional increase or decrease in individuals. The purpose of this research is to find out what factors can affect reading skills for students at the high school level. The method used in this research uses the library research method, the data used in this research uses secondary data, the techniques used in this research are in the form of listening, engaging and recording techniques, besides the type of validation technique used in this research in the form of triangulation techniques. The results of this study are the factors that affect reading skills for students in high school level include 1) language factors 2) cognitive factors 3) neurological factors 4) social environment 5) technology. The conclusion in the research is divided into 5 factors that can affect reading skills for students at the high school level.
Keywords— reading skills, high school student

Keywords


reading skills, high school student

Full Text:

PDF

References


Adinda, K. N., Ekasanti, L., & Hasanudin, C. (2023, December). Srategi menyimak penyelidikan pada suatu kasus narkoba di kalangan remaja. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(1), 347-354). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2284.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974-980. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2846813&val=13953&title=Metode%20Penelitian%20Kualitatif%20Studi%20Pustaka

Aryani, I. Y. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Cisayong) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi). http://repository.iainbengkulu.ac.id/3738/

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Febrianingsih, D. (2021). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Arab. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(2), 21-39. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/33

Hadiyanta, N. (2013). Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar PKn. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(1). https://doi.org/10.21831/jk.v43i1.2248

Haifa, N., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Pengenalan Ciri Anak Pengidap Disleksia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 21-32. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25035

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas 3 di sdn sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1435-1443. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/774

Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.

Kawuryan, F., & Raharjo, T. (2012). Pengaruh stimulasi visual untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak disleksia. Jurnal Psikologi: PITUTUR, 1(1), 9-18. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/psi/article/view/32

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. Jakarta: PDF Ut. ac. id hal, 1. https://repository.ut.ac.id/3978/3/PDGK4101-M1.pd

Nella, A (2021). Peran Guru dalam membentuk karakter siswa.

Nurudin, M., Jayanti, W., Saputro, R. D., Saputra, M. P., & Yulianti, Y. (2019). Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis. J. Inform. Univ. Pamulang, 4(4), 143. https://ocw-stis-dev.ajaxcoding.id/storage/rps/visualisasi-data-dan-information-rVdON.pdf

Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. (2019). Analisis keterampilan berbicara siswa kelas v pada mata pelajaran bahasa indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190-200. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/18626

Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147. https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/34

Putri, A., Rambe, R. N., Nuraini, I., Lilis, L., Lubis, P. R., & Wirdayani, R. (2023). Upaya peningkatan keterampilan membaca di kelas tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51-62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984

Ramalisa, Y. (2013). Proses berpikir kritis siswa SMA tipe kepribadian thinking dalam memecahkan masalah matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1407 .

Ramliyani, R. (2021). Menggagas pembelajaran bahasa indonesia pada era kelimpahan. Unisma press: Malang.

Riyanto, A. (2013). Pengembangan buku pengayaan keterampilan membaca bahasa indonesia yang bermuatan nilai kewirausahaan. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/seloka/article/view/1315

Rogi, J. K., Rombot, D. V., & Siagian, I. E. (2021). Gambaran kualitas hidup dan prestasi akademik pada siswa SMA Negeri 9 Manado di masa pandemi COVID-19. Jurnal Kedokteran Komunitas Dan Tropik, 8(02). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JKKT/article/view/33585

Sanusi, R. N. A., & Aziez, F. (2021). Analisis butir soal tes objektif dan subjektif untuk keterampilan membaca pemahaman pada kelas vii smp n 3 Kalibagor. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 8(1), 99-109. https://dx.doi.org/10.30595/mtf.v8i1.8501

Shabrina, A. (2021). The World of counselor. Bandung: Anagraf Indonesia.

Silvia, S., Pebriana, P. H., & Sumianto, S. (2021). Penerapan Metode Silaba Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 7-12. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1336

Sujarweni, V. W. (2014). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1-12. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/1088

Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan belajar. Magistra, 22(73), 33. https://www.academia.edu/download/45073734/96-169-1-SM_learning_disabilities.pdf.

Warsilah, D. I. (2020, November). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Big Book Terhadap Keterampilan Membaca. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 167-174). https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/317

Weinstein, L. (2008). Living with dyslexia. Bandung: Qanita PT Mizan Pustaka.

Yusuf, R., Sanusi, S., Razali, R., Maimun, M., Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan literasi budaya dan kewargaan siswa SMA se-Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 91-99. https://doi.org/10.23887/jpku.v8i2.24762

Sahertian, P. (2020). Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sosial dan Pergaulan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 14. 7-14 https://doi.org/10.21067/jppi.v14i1.4765


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.