Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Segi Tiga Karya Sapardi Djoko Damono serta Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Nella Monica Therezia Age, Syahrul Udin, Muhamad Sholehhudin

Abstract


Abstrak—Pendidikan karakter merupakan bagian penting dari proses pendidikan yang bertujuan membentuk kepribadian yang baik dan bertanggung jawab di masyarakat. Selain dari pembelajaran formal di sekolah, pendidikan karakter juga dipengaruhi oleh pengalaman hidup sehari-hari, interaksi sosial, dan sastra. Sastra, seperti yang ditunjukkan dalam novel Segi Tiga karya Sapardi Djoko Damono, memiliki peranan penting dalam membentuk individu yang lebih baik dan masyarakat yang lebih harmonis. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan dan memperjelas nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Segi Tiga karya Sapardi Djoko Damono serta kaitannya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggali nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel tersebut. Analisis menunjukkan bahwa novel Segi Tiga berisi nilai-nilai karakter pendidikan, seperti 10 data religius, 5 data jujur, 4 data toleransi, 1 data disiplin, 3 data kerja keras, 1 data kreatif, 1 data mandiri, 1 data demokrasi, 5 data rasa ingin tahu, 2 data bersahabat atau komunikatif, 3 data cinta damai, 2 data tanggung jawab, 4 data gemar membaca, 12 data peduli sosial, 1 data cinta tanah air, 2 data menghargai prestasi, dan 1 data peduli lingkungan. Diantara semua nilai-nilai tersebut, nilai religius dan peduli sosial merupakan yang paling dominan dalam novel tersebut. Harapan dari penelitian ini adalah memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam karya sastra seperti Segi Tiga karya Sapardi Djoko Damono.
Kata kunci—Novel, Nilai Pendidikan Karakter

Abstract— Character education is an important part of the educational process which aims to form a good and responsible personality in society. Apart from formal learning at school, character education is also influenced by daily life experiences, social interactions, and literature. Literature, as shown in the novel Segi Tiga by Sapardi Djoko Damono, has an important role in forming better individuals and a more harmonious society. This research aims to describe and clarify the values of character education contained in the novel Segi Tiga by Sapardi Djoko Damono and their relationship to Indonesian language learning in high school. This research utilizes a descriptive qualitative approach to explore the values of character education contained in the novel. Analysis shows that the novel Segi Tiga contains educational character values, such as 10 religious data, 5 honest data, 4 tolerance data, 1 discipline data, 3 hard work data, 1 creative data, 1 independent data, 1 democracy data, 5 taste data want to know, 2 data are friendly or communicative, 3 data love peace, 2 data are responsible, 4 data are fond of reading, 12 data are social care, 1 data is love of the country, 2 data are appreciative of achievements, and 1 data is concerned about the environment. Among all these values, religious values and social care are the most dominant in the novel. The hope of this research is to provide readers with an understanding of the values of character education contained in literary works such as Segi Tiga by Sapardi Djoko Damono.
Keywords— Novel, Value of education

Keywords


Novel, Value of education

Full Text:

PDF

References


Harmanti, M. H. (2020). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel € Œ9 Matahari†KARYA ADENITA. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 183-194.

Pratama, O. (2019). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel “Sepatu Dahlan “Karya Khrisna Pabichara. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1375-1383.

Pusvita, W. D. (2017). Character Education Values In'ayah'novel ByAndrea Hirata (Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel'ayah'karya Andrea Hirata). Leksema: Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(1), 51-63. Ashifana, Z. (2019). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Animasi Bilal: A New Breed Of Hero (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Semi, M Atar. 1988. Anatomi Sastra. Padang: Sidharma

Sutresna, Drs. Ida Bagus. 2006. Modul Prosa Fiksi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Yulianto, A., Nuryati, I., & Mufti, A. (2020). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel rumah tanpa jendela karya Asma Nadia. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(1), 110-124.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.