Pendekatan Inkuiri: Metode Pembelajaran Aktif untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa (Systematic Literature Review)

Nabila Ulfaida, M. Alfan Haris, M. Alfin Fathoni, M. Rizki Hidayatulloh, Moch. Erik Prasetyo, Masnuatul Hawa

Abstract


abstrak— Pendekatan inkuiri merupakan serangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada pemikiran kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan jawaban atas permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif Systematic Literature Review (SLR). Dalam pendekatan ini, dilakukan langkah-langkah untuk mengidentifikasi, meninjau, mengevaluasi, dan menginterpretasi semua penelitian yang relevan yang telah tersedia. Systematic Literature Review merupakan suatu metode penelitian yang dirancang untuk menggabungkan secara sistematis bukti-bukti dari penelitian sebelumnya guna menjawab suatu pertanyaan penelitian. Proses pengumpulan data dilakukan melalui akses ke jurnal-jurnal online yang terdapat di platform seperti Google Scholar, Proquest, Scopus, dan sumber lainnya. Pendekatan inkuiri telah terbukti menjadi metode yang efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Dengan mendorong siswa untuk bertanya dan menyelidiki sendiri, pendekatan ini memungkinkan mereka untuk mengembangkan kemampuan analisis, evaluasi, dan sintesis. Selain itu, melalui inkuiri, siswa juga belajar untuk menghadapi masalah kompleks dan menemukan solusi dengan cara yang sistematis. Namun demikian, implementasi pendekatan inkuiri memerlukan waktu dan upaya yang cukup dari para guru. Mereka perlu mendesain aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan tingkat pemahaman dan minat siswa, serta memberikan dukungan yang cukup selama proses pembelajaran. Selain itu, evaluasi formatif juga penting untuk memastikan bahwa siswa benar-benar memperoleh keterampilan berpikir kritis yang diinginkan.
Kata kunci—Pendekatan Inkuiri, Metode Pembelajaran, Berpikir Kritis.


Abstract— The inquiry approach is a series of learning activities that emphasize critical and analytical thinking to seek and find answers to the problems faced. This research applies a quantitative Systematic Literature Review (SLR) approach. In this approach, steps are taken to identify, review, evaluate, and interpret all relevant research that is available. Systematic Literature Review is a research method designed to systematically combine evidence from previous research to answer a research question. The data collection process is carried out through access to online journals found on platforms such as Google Scholar, Proquest, Scopus, and other sources. The inquiry approach has been proven to be an effective method in developing critical thinking skills. By encouraging students to ask questions and investigate for themselves, this approach allows them to develop analysis, evaluation, and synthesis skills. In addition, through inquiry, students also learn to face complex problems and find solutions in a systematic way. However, implementing an inquiry approach requires sufficient time and effort from teachers. They need to design learning activities that suit students' level of understanding and interest, and provide sufficient support during the learning process. In addition, formative evaluation is also important to ensure that students actually acquire the desired critical thinking skills.
Keywords— Inquiry Approach, Learning Methods, Critical Thinking.

Keywords


Inquiry Approach, Learning Methods, Critical Thinking.

Full Text:

PDF

References


Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53. http://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369.

Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh kurangnya literasi serta kemampuan dalam berpikir kritis yang masih rendah dalam pendidikan di Indonesia. In Current Research in Education: Conference Series Journal (Vol. 1, No. 1, pp. 1-12).

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal pendidikan ipa indonesia, 2(1). https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515.

Atmaja, T. S. (2024). Penerapan Pendekatan Inkuiri dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan di Madrasah Aliyah. Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara, 4(1), 217-229. Doi: https://doi.org/10.58740/juwara.v4i1.111

Budiarti, I., & Airlanda, G. S. (2019). Penerapan model problem based learning berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 2(1), 167-183. Retrieved From: https://download.garuda.kemdikbud.go.id

Diana, M., Netriwati, N., & Suri, F. I. (2018). Modul pembelajaran matematika bernuansa islami dengan pendekatan inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 7-13. http://dx.doi.org/10.24042/djm.v1i1.1906.

Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan keaktifan belajar siswa menggunakan pendekatan inkuiri di sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 353-371. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6751.

Hidayat, F., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis kemampuan berfikir kritis matematik serta kemandiriaan belajar siswa smp terhadap materi SPLDV. Journal on Education, 1(2), 515-523. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.106.

Juhji, J. (2016). Peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui pendekatan inkuiri terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 58-70. http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v2i1.419.

Juliyanto, E. (2017). Model pembelajaran IPA dengan pendekatan inkuiri berbasis proyek untuk menumbuhkan kompetensi menyelesaikan masalah. Indonesian Journal of Science and Education, 1(1), 36-42. Retrieved From: https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/ijose

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. PeTeKa, 3(2), 107-114. Doi: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i2.107-114

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl. Journal of primary education, 6(1), 35-43. https://doi.org/10.15294/jpe.v6i1.14511.

Nurhayati, N., & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 451-464. Doi: : https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.1047

Putra, P. (2018). Penerapan pendekatan inkuiri pada mata pelajaran IPA untuk mengembangkan karakter siswa di SDN 01 Kota Bangun. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 28-47. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.953.

Rosana, L. N. (2014). Pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar sejarah siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1), 34-44. https://doi.org/10.21009/JPS.031.04.

Rukiyati, R. (2019). Tujuan pendidikan nasional dalam perspektif Pancasila. Humanika, 19(1), 56-69. Retrieved From: https://journal.uny.ac.id

Sadiyyah, R., Gustiana, M., Panuluh, S. D., & Sugiarni, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan inkuiri terbimbing berbasis mobile learning untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis matematis. Prisma, 8(1), 80-95. Retrieved From: https://jurnal.unsur.ac.id/Prisma

Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis tingkat keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11-16. Doi: https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453

Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). Aksiologi kemampuan berpikir kritis (kajian tentang manfaat dari kemampuan berpikir kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320-325. Doi: https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682

Warisno, A. (2021). Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal An-nur, 1(1), Retrieved From: http://journal.an-nur.ac.id/index.php/AND/article/view/74

Yuristia, A. (2018). Pendidikan sebagai transformasi kebudayaan. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1). Retrieved From: https://kemendikbud.go.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.