Fonologi: Analisis Bunyi Bahasa dan Konsep Dasar

Muhammad Baharudin Romadhoni, Linda Rahma Dhani Saputri, Tutut Septia Wati, Tri Inayah Maula, Sutrimah Sutrimah

Abstract


abstrak—Fonologi merupakan cabang linguistik yang mempelajari sistem bunyi bahasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bunyi bahasa dan konsep dasar pada fonologi. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah analisis bunyi bahasa dan konsep dasar pada fonologi penting dilakukan karena memiliki keuntungan seperti, 1) Peran fonologi dalam pembelajaran bahasa, 2) Analisis kesalahan pelafalan dan strategi pengajaran fonologi, 3) Definisi fonologi sebagai cabang linguistik yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa dan sistem bunyi dalam suatu bahasa. Simpulan dalam penelitian ini terdapat 3 analisis bunyi bahasa dan konsep dasar.
Kata kunci—Bunyi Bahasa, Fonologi, dan Konsep Dasar


Abstract—Phonology is a branch of linguistics that studies the sound system of language. The purpose of this research is to find out the sounds of language and basic concepts in phonology. This research method is a qualitative research method. The results of this study are the analysis of language sounds and basic concepts in phonology is important because it has advantages such as, 1) The role of phonology in language learning, 2) Analysis of pronunciation errors and phonology teaching strategies, 3) Definition of phonology as a branch of linguistics that studies the sounds of language and the sound system in a language. The conclusions in this study are 3 language sound analysis and basic concepts.
Keywords—Language Sounds, Phonology, and Basic Concepts

Keywords


Language Sounds, Phonology, and Basic Concepts

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Amrulloh, M. A. (2020). Fonologi Bahasa Arab (Tinjauan Deskriptif Fonem Bahasa Arab). Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 8(1), 1-13. http://dx.doi.org/10.24042/albayan.v8i1.353.

Anggayana, I. W. A., & Sari, N. L. K. J. P. (2017). Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Akomodasi Perhotelan: sebuah Kajian Fonologi. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 1(1), 8-14. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&q=Kemampuan+dalam+pelafalan+ini+sangat+penting+untuk+dimiliki+setiap+orang+khususnya+kita+sebagai+mahasiswa#d=gs_qabs&t=1716296613544&u=%23p%3DbSmuwqky-LcJ.

Anggraini, A., Sastra, G., & Hafiz, A. (2018). Kemampuan Verbal Penderita Auditory Agnosia. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(2), 179-190. https://doi.org/10.31503/madah.v9i2.66.

Apriliana, G., Sukma, I., Aryana, M., & Maharani, N. (2024). Pengaruh Pemerolehan Bahasa Pertama dan Kedua Anak terhadap Kesalahan Berbahasa Tingkat Fonologi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 609–616. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24602.

Ardila, I. (2023). Adaptasi Mahasiswa Pertukaran dalam Menghadapi Culture Shock (Studi Fenomenologi Mahasiswa PMM di Universitas Malikussaleh). Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 5(2), 105-118. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPSU/article/view/67773.

Arlis, A., Hendrayadi, A., Abas, M., Mulyani, W., Okto, M., Syafrina., Okta, D. S., Abimulyani, Y., & Ardiansyah, S. (2022). Pendidikan Budaya Anti Korupsi. Get Press.

Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N. (2020). Metode-metode dalam pembelajaran keterampilan bahasa Arab reseptif. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 179-196. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v9i2.181.

Budhiono, R. H. (2011). Pemerolehan fonologis pada anak usia 0—2 tahun. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(1), 162-183. https://doi.org/10.14421/ajbs.2011.10108.

Faisal, A. A. (2018). Pencegahan dan deteksi kasus korupsi pada sektor publik dengan fraud triangle. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 20(4). https://doi.org/10.32424/jeba.v20i4.1238.

Ihsan, R., & Siagian, I. (2023). Pengaruh Fonologi Pada Kajian Fonetik Dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9 (23), 621-635. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/5596.

Jabir, M. (2010). Kemahiran Menyimak Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 7(2), 157-162. https://doi.org/10.24239/jsi.v7i2.98.157-162.

Muttaqin, M. N., & Kharisudin, I. (2021). Analisis sentimen aplikasi gojek menggunakan support vector machine dan k nearest neighbor. UNNES Journal of Mathematics, 22-27. https://doi.org/10.15294/ujm.v10i2.48474.

Pahlevi, F. S. (2022). Strategi Ideal Pemberantasan Korupsi di Indonesia. Al-Syakhsiyyah: Journal of Law & Family Studies, 4(1), 44. http://dx.doi.org/10.21154/syakhsiyyah.v4i1.4251.

Panjaitan, N. A. S., Rambe, M. H., Ahadi, R., & Nasution, F. (2023). Studi Pustaka: Konsep Bilingualisme dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Journal On Education, 5(2), 3788-3795. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1061.

Purba, N. A., & Sidebang, R. (2024). Konsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia. EDUPEDIA Publisher, 1-148. https://press.eduped.org/index.php/pedia/article/view/47.

Puspitasari, A., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan Fitur Short pada YouTube sebagai Penunjang Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa SMA. In Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), 1-8. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1625.

Putri, R. A. (2023). Pengaruh korupsi terhadap pertumbuhan perekonomian di Indonesia. KARIMAH TAUHID, 2(5), 1487-1492. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9000.

Sela, A. W., & Nurhayati, N. (2020). Proses Asimilasi Pada Bahasa Sumbawa: Fonologi Generatif. PARAFRASE: Jurnal Kajian Kebahasaan & Kesastraan, 20(1), 18-29. https://doi.org/10.30996/parafrase.v20i1.4044.

Siregar, A. P., Tannady, H., Jusman, I. A., Cakranegara, P. A., & Arifin, M. S. (2022). Peran Harga Produk Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Produk Cold Pressed Juice Re. Juve. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(5), 2657-2665. https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.1023.

Suwardi, S., Sinaga, C. N., & LESTARI, R. S. (2022). Respon Pemberian Ab Mix Dan Macam Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Selada Merah (Lactuca sativa L.) Secara Hidroponi. Agrivet, 28(2), 96-109. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=suwardi+dkk+2019&btnG=.

Syifa, S. F., Istirohmah, A. N., Lestari, P., & Azizah, M. N. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(1), 21-27. https://doi.org/10.52005/belaindika.v5i1.100.

Tambunsaribu, G., & Galingging, Y. (2021). Masalah yang dihadapi pelajar bahasa Inggris dalam memahami pelajaran bahasa Inggris. DIALEKTIKA: Jurnal bahasa, sastra dan budaya, 8(1), 30-41. https://doi.org/10.33541/dia.v8i1.3110.

Ulfiatussalwa, U., Rohman, S. N., & Latifah, T. (2023). Menganalisis Deret Konsonan Fonologi Bahasa Indonesia. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(3), 44-53. https://doi.org/10.61132/semantik.v1i3.219.

Yunita, M. R., & Imami, A. I. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Materi Himpunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(6), 1595-1606. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.11754.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.