Keterkaitan Kemampuan Baca Siswa Terhadap Keterampilan Menulis
Abstract
abstrak—Indonesia merupakan Negara yang kaya akan Bahasa. Bahasa Indonesia bukan hanya sekedar mengucap, karena cakupan bahasa Indonesia cukup luas sehingga perlu adanya proses belajar. Mata pelajaraan bahasa Indonesia sangatlah penting untuk kita pelajari, menurut KBBI dalam pelajaraan bahasa Indonesia terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya terhadap kemampuan membaca dan keterampilan menulis. Menulis adalah salah satu kegiatan yang berhubungan dengan membaca, dengan seringnya membaca dan menyukai beberapa karya tulis dari seorang penulis yang kita kagumi, maka secara tidak langsung sama dengan kita belajar memahami bahasa atau mengenal gaya tulisan dari penulis buku tersebut. Dalam hal ini keterkaitan membaca sangat berpengaruh terhadap keterampilan menulis, karena membaca dapat memperoleh informasi yang ada dalam bacaan tersebut dan memahami isi dalam bacaan. Membaca berpengaruh terhadap kosa kata, lambang-lambang visual, tanda titik, koma, petik dan huruf konsonan yang akan kita terapkan dalam tulisan agar pembaca dapat memahami dan menyukai tulisan kita. Sedangkan keterampilan menulis adalah kemampuan kita untuk mengungkapkan ide, gagasan pikiran kepada orang lain melalui tulisan dan menulis merupakan kegiatan kretifitas kita yang dapat menghasilkan suatu karya.
Kata kunci—Manfaat membaca, keterampilan menulis.
Abstract—Indonesia is a country that is rich in languages. Indonesian is not just speaking, because the scope of Indonesian is wide enough so that there ia a need for a learning process. Indonesian language subjects are very important for us to learn, according to the KBBI in Indonesian language lessons there are several things that must be considered, one of which is the ability to read and write skills. Writing is one of the activities related to reading, with frequent reading and liking some written works of an author we admire, it is indirectly the same as learning to understand the language or recognize the writing style of the author of the book. In this case, the relationship between reading is very influential on writing skills, because reading can obtain the information contained in the reading and understand the contents in the reading. Reading affects vocabulary, visual symbols, periods, commas, quotes and consonants that we will apply in writing so that readers can understand and like our writing. While writing skills are our ability to express ideas, thoughts to others through writing and writing is our creative activity that can produce a work.
Keywords— benefit of reading, writing skills
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar W, Almana E, Santa S. Pengaruh Kegemaran Membaca Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Riset Pedagogik (2019) 3(1) 80. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v3i1.33920
Botty, M. The Correlation Between Creativity and Learning Results Of Indonesia. JIP: Scientific Journal PGMI, 2018. DOI: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=DOI+https%3A%2F%2Fdoi.org%2F10.19109%2Fjip.v4i1.2265++&btnG=
DOI: https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343
Dr. H. Dalman, M.Pd. 2018. Keterampilan Menulis. Depok: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA
Fauziah, Nurul. Analisis Hubungan Membaca Permulaan dengan Keterampilan Menulis Pemulaas Siswa. Jurnal Pendidikan. DOI: https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343
Hapsari, ED. Penerapan Membaca Permulaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Jurnal Bahasa dan Sastra, 2019. Vol 20, No 1 (2019) DOI: http://dx.doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24
Harras, KA. Hakikat dan Proses Membaca. Vol. 5 No. 2 (2018): JURNAL BASIS UPB. DOI: https://doi.org/10.33884/basisupb.v5i2.780.
Jasid, Andhara. Fungsi Bahasa Indonesia dan Fungsi Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Andhara Jasid, (2019). DOI: 10.31219/osf.io/n5f4m
Prof. Dr. Henry Guntur Tarigan. 2015. Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: CV. ANGKASA.
Prof. Dr. Iwan Nugroho. 2018. Menulis Membangun Kekuatan dan Motivasi Kehidupan yang Bermanfaat. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Rahayu, Aryanti. Salim, Nur. Hakikat Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal. Unisda . ac.id. PENTAS: Mei 2021. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/2201/1640
Rinawati, A. Minarwati, LB. Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal Pendidikan, 2020. DOI: https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343
Safitri, TM. Susiani, TS. Suhartono, S. Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF, Jurnal Ilmu Pendidikan, 2021, Vol 3, No 5(2021).. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1029
Sari, Khamala, Muri. Fungsi bahasa Indonesia dan Fungsi Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan. https://osf.io/preprints/inarxiv/ndsk7/. DOI: 10.31227/osf.io/ndsk7
Yunus, M. A. Mohmamad, S. S. Hakikat Bahasa dan Pembelajaran Bahasa. Modul. http://repository.ut.ac.id/4034/2/PDGK4204-M1.pdf
Yunus, Mohammad, S, S. Hakikat Menulis. Repository. Ut.ac.id. Vol 4 No 2 (2020)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Senada PBSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.