Inovasi Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia

Penulis

  • Haniza Pitaloka Universitas Islam Sultan Agung
  • Meilan Arsanti Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.31332/aladl.v2i1.1383

Kata Kunci:

Innovation, Evaluation, Learning, Indonesian

Abstrak

Abstrak—Berbahasa merupakan kegiatan yang selalu mengisi berbagai bidang kehidupan umat, misalnya, bidang ekonomi, hukum, politik, dan pendidikan. Dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan bahasa, penggunaan bahasa dikemas dalam empat aspek keterampilan berbahasa yaitu menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Setiap pembelajar diberdayakan kompetensinya untuk menguasai keempat aspek tersebut. Keterampilan berbahasa merupakan aspek kemampuan berbahasa yang menjadi sasaran tumpu para pebelajar bahasa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mencari atau mengetahui inovasi mana yang cocok untuk evaluasi setiap pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif serta cenderung menggunakan analisis. Hasil dari penelitian ini yaitu suatu pembelajaran tanpa penilaian tidak akan mungkin mendapatkan hasil secara objektif. Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar. Evaluasi artinya penilaian terhadap tingkat keberhasilan siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah program. Dengan demikian, ujian akhir semester dan ujian nasional termasuk penilaian sumatif.

Kata kunci—Inovasi, Evaluasi, Pembelajaran, Bahasa Indonesia 

 

AbstactLanguage is an activity that always fills various fields of people's lives, for example, in the fields of economics, law, politics, and education. In the world of education, especially language education, the use of language is packaged in four aspects of language skills, namely listening, reading, speaking, and writing. Each learner is empowered with competence to master these four aspects. Language skills are aspects of language skills that are the target of language learners. The purpose of this study is to find or find out which innovations are suitable for evaluating each Indonesian language learning. The method used in this research is to use qualitative methods that are descriptive and tend to use analysis. The result of this research is that a learning without an assessment will not be possible to get results objectively. Evaluation of Indonesian Language and Literature Learning carries out an assessment of learning processes and outcomes. Evaluation means an assessment of the level of success of students in achieving the goals that have been set in a program. Thus, the final semester exams and national exams include summative assessments.

KeywordsInnovation, Evaluation, Learning, Indonesian

Referensi

Seftiani, I. (2019). Alat Evaluasi Pembelajaran Interaktif Kahoot pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Universitas Bengkulu, ISBN:978-623-707438-0,284-291. Halaman 284-291. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/10342

Ramly, Mansyur. 2008. ―Inovasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia‖. Makalah

pada Kongres Bahasa IX. Jakarta. http://103.23.244.11/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA/196109101986031-ANDOYO_SASTROMIHARJO/MODEL_PEMBELAJARAN_BAHASA_INDONESIA.pdf

Ariyana. (2019). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba). ISBN: 978-623-707438-0. Halaman 55-63. https://semcon.unib.ac.id/index.php/semiba/Semiba/paper/view/37

Addina, Zulfa, Fa’izah. (2021). Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli, Ketahui Ciri-Ciri Beserta Manfaatnya https://www.merdeka.com/trending/pengertian-inovasi-menurut-para-ahli-ketahui-ciri-ciri-beserta-manfaatnya-kln.html

Diterbitkan

2022-07-06

Terbitan

Bagian

Articles