Strategi Meningkatkan Minat Menulis Karya Sastra bagi Generasi Milenial

Authors

  • Ayu Kameliya Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Meilan Arsanti Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Cahyo Hasanudin IKIP PGRI Bojonegoro

Keywords:

Literary Works, Millennial Generation, Interest in Writing

Abstract

abstrak— Karya Sastra merupakan karya seni yang berasal dari pemikiran seseorang. Yang pasti didalam menulis karya sastra pastinya ada manfaat tersendiri dengan menggunakan karya sastra untuk memperluas wawasan memperbaiki karakter dan perluas oengetahuan dan keterampilan menulis. Penelitian ini menggunakan penelitian literature research yang dimana tujuannya adalah untuk mencari data dan menampung informasiserta dokumen-dokumen baik tertulis maupun tidak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada 3 strategi untuk memanfaatkan dan pengembangan karya sastra bagi generasi milenial. Materinya berasal dari buku-buku yang diterbitkan di Indonesia dan luar negeri, serta dari artikel penelitian yang diterbitkan di jurnal Indonesia dan internasional. Hasil penelitian menjelaskan tentang strategi atau cara memperkenalkan sastra Indonesia kepada generasi milenial. Hal ini untuk membantu memperkenalkan karya sastra Indonesia kepada generasi milenial. Hasil penelitian menjelaskan tentang strategi atau cara memperkenalkan sastra Indonesia kepada generasi milenial. Hal ini untuk membantu memperkenalkan karya sastra Indonesia kepada generasi milenial. Hasil penelitian menjelaskan tentang strategi atau cara memperkenalkan sastra Indonesia kepada generasi milenial. Hal ini untuk membantu memperkenalkan karya sastra Indonesia kepada generasi milenial.

Kata kunci— Karya Sastra, Generasi Milenial, Minat Menulis

 

Abstract— Literary works are works of art that come from someone's thoughts. What is certain is that writing in literary works has its own benefits by using literary works to broaden horizons, improve character and expand knowledge and writing skills. This research uses literature research where the aim is to find data and accommodate information and documents both written and not. The results of this study indicate that there are 3 strategies for utilizing and developing literary works for the millennial generation, The material comes from books published in Finland and abroad, as well as from research articles published in Finnish and international journals. The results of the research explain the strategy or method of introducing Indonesian literature to the millennial generation. This is to help introduce Indonesian literary works to the millennial generation. The results of the research explain the strategy or method of introducing Indonesian literature to the millennial generation. This is to help introduce Indonesian literary works to the millennial generation. The results of the research explain the strategy or method of introducing Indonesian literature to the millennial generation. This is to help introduce Indonesian literary works to the millennial generation.

Keywords— Literary Works, Millennial Generation, Interest in Writing

References

Argiandini, S. R. (2019). Keterampilan Menulis Resensi. From https://osf.io/preprints/inarxiv/u26dz/download.

Harsanti, A. (2017). Pendidikan karakter melalui pembelajaran sastra. E-proses FKIP, 623-636. Retrived from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4936.

Hasanudin, C., Supriyanto, R. T., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi model pembelajaran flipped classroom dan google classroom sebagai bentuk self-development siswa mengikuti pembelajaran bahasa indonesia di era adaptasi kebiasaan baru (akb). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 85-97. Retrived from https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1414.

Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku generasi milenial dalam menggunakan aplikasi Go-food. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 6(2), 240-249. DOI: https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2560

Nurhayati, E., Junaedi, D., & Sahliah, S. (2019). Dakwah Islam Melalui Karya Sastra. Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama, 2(2), 105-112. DOI: https://doi.org/10.15575/hanifiya.v2i2.7303

Rohman, S. & Wicaksono, A. (Eds). (2018). Tentang sastra: Orkestrasi teori dan pembelajarannya. Garudhawaca.

Setiawan, A. dan Sulistiani, I. R. (2019). Pendidikan nilai, budaya, dan karakter dalam pembelajaran matematika dasar pada sd/mi. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 41-56. Doi http://dx.doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2767

Wahyuni, D. (2020). Meningkatkan Pembelajaran Sastra Melalui Perkembangan Era Digital. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 7(1). DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.18268.

Yunus, S. S. (2014). Hakikat Menulis. Modul 1(1). Retrived from http://repository.ut.ac.id/4746/1/PBIN4109-M1.pdf.

Downloads

Published

2023-01-11