Zombie, Jamu, dan Krisis Moral: Analisis Semiotika Film Abadi Nan Jaya Karya Kimo Stamboel
Keywords:
semiotika, film horor, abadi nan jaya, krisis moralAbstract
abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna simbolik dalam film Abadi Nan Jaya karya Kimo Stamboel melalui pendekatan semiotika Roland Barthes. Film ini menarik untuk dikaji karena menghadirkan kombinasi antara elemen horor, nilai lokal seperti jamu, dan kritik sosial terhadap krisis moral masyarakat modern. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis tanda-tanda visual dan naratif yang merepresentasikan tema zombie, jamu, dan krisis moral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa zombie dalam film berfungsi sebagai metafora kehilangan moral dan kemanusiaan, jamu menjadi simbol warisan budaya serta spiritualitas tradisional yang terdistorsi oleh modernitas, sedangkan krisis moral tercermin melalui perilaku aparat dan masyarakat yang kehilangan nilai etika. Ketiga simbol tersebut membentuk mitos tentang kehancuran nilai akibat penyimpangan budaya dan ketamakan manusia terhadap keabadian. Penelitian ini menegaskan bahwa Abadi Nan Jaya tidak hanya menawarkan hiburan horor, tetapi juga menjadi medium reflektif yang mengkritisi kondisi sosial dan budaya Indonesia kontemporer.
Kata kunci— semiotika, film horor, Abadi Nan Jaya, zombie, krisis moral.
References
Andriana, N. P., & Sa’idah, Z. (2024). Analisis Nilai-Nilai Budaya Jawa Dalam Film Badarawuhi (2024). Bayan Lin Naas: Jurnal Dakwah Islam, 8(1), 77–86. 10.28944/bayanlin-naas.v8i1.2011.
Antika, T. R., Ningsih, N., & Sastika, I. (2020). Analisis Makna Denotasi, Konotasi, Mitos Pada Lagu "Lathi" Karya Weird Genius. ASAS: Jurnal Sastra, 9(2), 1–11.
BungDed. (2025). Seni Memvisualisasikan Naskah. Madza Media
Imanudien, A., Gogali, V. A., & Utomo, I. W. (2025). Representasi Pesan Moral Dalam Film Siksa Kubur. Jurnal Media Penyiaran, 5(1), 16–28. https://doi.org/10.31294/jmp.v5i1.8757.
Jakaria, M. I., Mayasari, M., & Lubis, F. M. (2024). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Representasi Makna Kehilangan Film "Generasi 90an: Melankolia". Dawatuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(2), 513–522. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i2.4345.
Kurniaji, S. A., & Claretta, D. (2022). Representation of the Conflict of the Working Class and the Slaughter Class: Roland Barthes' Semiotics Analysis in Movie "Turah". JOSAR (Journal of Students Academic Research), 7(2), 408–420. https://doi.org/10.35457/josar.v8i2.2434.
Novianto, F. A. & Mukhtyar, M. (2024). Religiusitas Dalam Genre Horor: Eksorsisme dan Kekuatan Spiritual di Film "Kuasa Gelap". RELIGI: Jurnal Studi Agama-Agama, 20(2), 1–20. https://doi.org/10.14421/rejusta.v20i2.5796.
Prasetyo, D., Saraswati, T., & Bah, Y. M. (2025). Body, Terror, and Gender: The Representation of Women in Contemporary Indonesian Horror Films. Journal of Social Dynamics and Governance, 2(1), 8–22.
Prawikasena, B. R., & Sofyan, A. (2024). Representasi Makna Kematian pada Individu dalam Perspektif Keislaman. Bandung Conference Series: Communication Management, 2(2), 16–21. https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i2.2738
Purnama Sari, S. (2024). Analisis Makna Visual Pada Poster Film "Siksa Neraka". Creativa Scientia, 16(1), 1–16. https://doi.org/10.70429/creativascientia.v1i1.87.
Riwu, A., & Pujiati, T. (2018). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Film 3 Dara (Kajian Semiotika). DEIKSIS, 10(3), 212–223. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v10i03.2809.
Rosul, K. (2024). Representasi Budaya Jawa Pada Film Sewu Dino. ANGERA, 1(1), 1–11. http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.12394.
Rudy. (2024). Reading Signs in Films Through Barthes' Semiotics. JOLALI: Journal of Language and Literature, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.35842/jolali.v2i1.13.
Sholihah, H., & Utami, S. (2024). Analisis Kata Majemuk Pada Judul Film Horor Indonesia: Kajian Morfologi. Literasi: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 8(2), 225–233. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v8i2.15278
Tinarbuko, S. (2003). Semiotika Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual. Surabaya: Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.