Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar
Keywords:
Effectiveness, Learning Media, Teaching and Learning ProcessAbstract
abstrak—Proses belajar mengajar secara umum merupakan proses perubahan perilaku individu atau siswa yang meliputi aspek sikap, pengetahuan dan psikomotorik. Pada proses belajar mengajar direncanakan oleh guru agar mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Guru merupakan hal utama yang menentukan jalannya proses belajar mengajar hingga mencapai sebuah tujuan yang sudah ditentukan. Salah satu faktor pendukung utama adalah media pembelajaran, jika media digunakan dengan tepat, maka proses belajar bisa berjalan lebih efektif dan tujuan pembelajaran pun lebih mudah tercapai. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah studi pustaka (library research), di mana penulis mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber literatur yang relevan untuk membahas peran media pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar. Untuk memahami sejauh mana media pembelajaran berperan dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar, perlu dilakukan kajian yang teratur tentang berbagai jenis media berdasarkan aspek-aspek pembelajaran yang relevan. Pemilihan media perlu disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, dan sarana yang tersedia agar penggunaannya benar-benar efektif dan bermakna dalam mendukung pembelajaran di era digital.
Kata kunci—Efektivitas, Media Pembelajaran, Proses Belajar Mengajar
Abstract—The teaching and learning process in general is a process of changing individual or student behavior which includes aspects of attitude, knowledge and psychomotor. In the teaching and learning process, it is planned by the teacher to achieve the predetermined goals. The teacher is the main thing that determines the course of the teaching and learning process to achieve a predetermined goal. One of the main supporting factors is learning media, if the media is used properly, the learning process can run more effectively and learning goals are easier to achieve. The research method used in this article is library research, where the author collects and analyzes various relevant literature sources to discuss the role of learning media in increasing the effectiveness of the teaching and learning process. To understand the extent to which learning media plays a role in increasing the effectiveness of the teaching and learning process, it is necessary to conduct regular studies on various types of media based on relevant learning aspects. The selection of media needs to be adjusted to learning objectives, student characteristics, and available facilities so that its use is truly effective and meaningful in supporting learning in the digital era.
References
Bararah, I. (2017). Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 131-147.
Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep dasar media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282-294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. https://repo.uinsyahada.ac.id/761/.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938
Fauzia, F. I., Salamah, I. S., Hakim, R. T., & Zulfikar, M. F. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Dan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa SD. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1370-1384.
Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.104
Fitria, N., Amelia, Z., & Hidayat, N. R. (2021). Kemampuan Keaksaraan melalui Media Digital “Bermain Keaksaraan” pada Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 36-49. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i1.1237 .
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-media pembelajaran efektif dalam membantu pembelajaran matematika jarak jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59-69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587
Juaini, A., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Gaya Mengajar Guru Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mts Nw Kotaraja Lombok Timur, Ntb. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 1890-1909. https://www.ojs.cahayamandalika.com/index.php/jcm/article/view/2984.
Kaffah, L. S., Setiawan, D., & Waluyo, E. (2023). Pemanfaatan Media Cetak Poster Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Di Kelas V Sd. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 482-492. https://doi.org/10.5281/zenodo.8246435 .
Kaif, S. H. (2022). Strategi Pembelajaran (macam-macam strategi pembelajaran yang dapat diterapkan guru). Inoffast Publishing Indonesia.
Kaniawati, E., Mardani, M. E., Lestari, S. N., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 18-32. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.954
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan media pembelajaran menarik menggunakan canva untuk optimalisasi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3). 10.29303/jppm.v4i3.2817 .
Mahyuni, N. W. S., Suhandana, G. A., & Candiasa, I. M. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Hasil Belajar Kimia Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Selemadeg ditinjau dari Gaya Berpikir. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.1007
Meilani, M. (2014). Berbudaya melalui media digital. Humaniora, 5(2), 1009-1014. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3210 .
Meilindha, S. S. (2017). Efektivitas penggunaan aplikasi Sevima Edlink dalam proses pembelajaran pada mahasiswa Prodi PAI FTIK IAIN Langsa. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 528-537.
Nahrowi, M. (2021). Urgensi supervisi pendidikan di sekolah. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 61-70. https://doi.org/10.36835/au.v3il.505
Purnomo, A. C. (2022). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. JIPKIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman, 2(1), 27-34. Retrived from https://pdfs.semanticscholar.org/f5df/f7a18eaddcea43f989fc8e74e78868ea1b43.pdf.
Rahim, B. (2023). Media pendidikan. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Rahmawati, A. (2022). Kelebihan Dan Kekurangan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 1-8. Retrived from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/jpl/article/view/1797 .
Rohani, R. (2020). Media pembelajaran. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/17641/1/Diktat%20Media%20Pembelajaran%20Naik%20Pangkat.pdf.
Said, S. (2023). Peran teknologi digital sebagai media pembelajaran di era abad 21. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 6(2), 194-202.
Setiyawan, H. (2020). Pemanfaatan media audio visual dan media gambar pada siswa kelas V. Jurnal prakarsa paedagogia, 3(2). Retrived from https://pdfs.semanticscholar.org/5f6d/076e88fe227294ac7dea1ec7ea06807bc054.pdf .
Silmi, T. A., & Hamid, A. (2023). Urgensi penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 69-77. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.37347
Suharti, S. P., Sumardi, M. K., Hanafi, M., & Hakim, L. (2020). Strategi belajar mengajar. Jakad Media Publishing. Retrived from https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1296.
Susanti, S., & Zulfiana, A. (2018). Jenis–jenis media dalam pembelajaran. Jenis–Jenis Media Dalam Pembelajaran, 1-16. Retrived from http://eprints.umsida.ac.id/1635/1/ICT%20Jenis%20media.pdf
Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.
Suyuti, S., Wahyuningrum, P. E., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Rusmayani, N. G. A. L. (2023). Analisis efektivitas penggunaan teknologi dalam pendidikan terhadap peningkatan hasil belajar. Journal on Education, 6(1), 1-11.
Switri, E. (2022). Teknologi dan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran. Penerbit Qiara Media.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Wahyuni, E. S., & Yokhebed, Y. (2019). Deskripsi media pembelajaran yang digunakan guru biologi SMA Negeri di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 32-40. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1105
Yandari, I. A. V., & Kuswaty, M. (2017). Penggunaan media monopoli terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas V sekolah dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(1), 10-16. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1037 .
Yaumi, M. (2017, December). Ragam Media Pembelajaran. In Seminar Nasional Dan Workshop Pemanfaatan Media Pembelajaran Dan Pengembangan Evaluasi Sistem Pembelajaran Berorientasi Multiple Intelligences (pp. 21-44). Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Yaumi-2/publication/329355077_Ragam_Media_Pembelajaran_Dari_Pemanfaatan_Media_Sederhana_ke_Penggunaan_Multi_Media/links/5c034ef992851c63cab33e77/Ragam-Media-Pembelajaran-Dari-Pemanfaatan-Media-Sederhana-ke-Penggunaan-MultiMedia.pdf.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.