Integrasi Teknologi QR Code dalam Pembelajaran Puisi Interaktif

Dezcytrelia Yurinda Nanda Putri, Cahyo Hasanudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi teknologi QR Code dalam pembelajaran puisi interaktif serta dampaknya terhadap keterlibatan dan pemahaman peserta didik. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan teknik pengumpulan data berupa studi dokumentasi dari buku dan artikel jurnal nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan QR Code memudahkan siswa dalam mengakses materi puisi digital secara cepat melalui perangkat mobile. Integrasi ini memperkuat kohesi interaktif melalui respons langsung dari siswa, membangun relasi emosional dengan teks puisi, serta meningkatkan literasi digital dan kemandirian belajar. Kendala seperti keterbatasan koneksi internet dan pemahaman teknis dapat diatasi dengan dukungan fasilitas dan pelatihan. Dengan demikian, teknologi QR Code berpotensi menjadi alat efektif dalam mengembangkan pembelajaran puisi yang lebih partisipatif, fleksibel, dan bermakna.

Kata kunci—QR code, pembelajaran, dan puisi interaktif

 

Abstract—This study aims to describe the integration of QR Code technology in interactive poetry learning and its impact on student engagement and comprehension. The method used is a Systematic Literature Review (SLR) with data collected through document studies from books and national journal articles. The results show that QR Code usage enables students to quickly access digital poetry materials via mobile devices. This integration enhances interactive cohesion through immediate student responses, fosters emotional connections with poetry texts, and improves digital literacy and learning independence. Challenges such as limited internet access and technical understanding can be addressed through adequate support and training. Therefore, QR Code technology has the potential to become an effective tool in promoting more participatory, flexible, and meaningful poetry learning.

Keywords— QR code, interactive learning and poetry


Keywords


QR code, interactive learning and poetry

Full Text:

PDF

References


Agustini, S. (2021) melaporkan bahwa kombinasi QR Code dan Canva dalam pembelajaran akuntansi SMA menghasilkan peningkatan hasil belajar dan kreativitas siswa sebesar rata‑rata 8,57 % . https://media.neliti.com/media/publications/554660-penerapan-media-pembelajaran-qr-code-ber-000753b2.pdf.

Alfani, R. & Ariani, K. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Risiko dan Kepercayaan terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik (QRIS). Edunomika, 08(01), 1–8. (disitir dalam Tia Oktaviani, skripsi UIN Saizu).

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Departemen Agama RI.

Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Gagné, R. M. (1985). The Conditions of Learning and Theory of Instruction (4th ed.). New York: Holt, Rinehart and Winston.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Imtiyaz Roniyah dkk. (2025) menemukan bahwa QR Code membantu siswa mengakses video interaktif, animasi, dan modul pembelajaran tambahan, sekaligus meningkatkan literasi digital dan mendorong penggunaan teknologi yang lebih ramah lingkungan https://www.researchgate.net/publication/380279691_Pemanfaatan_Media_Pembelajaran_QR‑Code_Sebagai_Upaya_Implementasi_Pendidikan_Sesuai_Kodrat_Zaman_KHD_di_SMP_Negeri_6_Semarang

Maulana & Hayati dalam Siregar et al. (2025) terkait QRIS dan pencegahan uang palsu. Ada kemungkinan dikutip dalam sumber tertutup/institusional atau masih dalam proses publikasi.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

R. A. Majid, S. Apriliya, & Y. Suryana (2021), dalam jurnal Pedadidaktika, meneliti penggunaan QR Code pada kartu puisi untuk siswa kelas IV SD. Hasilnya, media ini menumbuhkan suasana pembelajaran yang nyaman, menyenangkan, serta merangsang imajinasi dan kreativitas siswa.https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/36314.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slavin, R. E. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice (8th ed.). Boston: Pearson Education.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Winkel, W. S. (2005). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasind.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.