Representasi Perempuan sebagai Tokoh Sentral dalam Sastra Indonesia Awal
Abstract
abstrak— Artikel ini membahas representasi tokoh perempuan dalam sastra Indonesia awal dengan fokus pada tiga karya utama: Kalau Tak Untung karya Sariamin Ismail, Buiten het Gareel karya Suwarsih Djojopuspito, dan Kehilangan Mestika karya Fatimah Hasan Delais. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, serta teori sejarah sastra dan representasi sebagai kerangka analisis. Kajian dilakukan menggunakan pendekatan sejarah sastra dan teori representasi gender. Hasil kajian menunjukkan bahwa tokoh perempuan dalam ketiga karya tersebut tampil sebagai figur sadar sosial, simbol perlawanan terhadap norma patriarkal, dan agen perubahan yang mencerminkan dinamika budaya Indonesia pada masa kolonial. Tokoh perempuan tidak hanya memainkan peran utama dalam alur cerita, tetapi juga menyampaikan kritik sosial dan nilai moral yang relevan. Temuan ini memperlihatkan pentingnya posisi perempuan dalam sejarah sastra Indonesia serta kontribusinya dalam membentuk narasi yang inklusif dan progresif.
Kata kunci— Perempuan, Sastra Indonesia, Tokoh Sentral
Abstract— This article discusses the representation of female characters in early Indonesian literature with a focus on three main works: Kalau Tak Untung by Sariamin Ismail, Buiten het Gareel by Suwarsih Djojopuspito, and Kehilangan Mestika by Fatimah Hasan Delais. This research uses a qualitative approach with a literature study method, as well as theories of literary history and representation as an analytical framework. The study was conducted using the literary history approach and gender representation theory. The results show that the female characters in the three works appear as socially conscious figures, symbols of resistance to patriarchal norms, and agents of change that reflect the dynamics of Indonesian culture during the colonial period. The female characters not only play a major role in the storyline, but also convey relevant social criticism and moral values. These findings demonstrate the importance of women's position in Indonesian literary history and their contribution in shaping inclusive and progressive narratives.
Keywords— Women, Indonesian Literature, Central Figure
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. F. A. (2020). Perempuan Indonesia sampai awal abad ke‑20. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i1.2939.
Andayani. (2014). Pengkajian fiksi: teori dan penerapannya. Surakarta: UNS Press.
Delais, F. H. (1935). Kehilangan Mestika. Jakarta: Balai Pustaka.
Eriyanto. (2013). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. LKiS.
Erowati, R., & Bahtiar, A. (2011). Sejarah Sastra Indonesia. Tangerang Selatan: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fizriyani, W. (2014). Peranan Sastra Indonesia dalam membangun keragaman budaya: perspektif sejarah. Jurnal Dialektika, 1(1), 131–148. https://doi.org/10.15408/dialektika.v1i1.1421.
Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.
Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.
Ismail, S. (1933). Kalau Tak Untung. Jakarta: Balai Pustaka
Maslej, M., Oatley, K., & Mar, R. A. (2017). Creating fictional characters: The role of experience, personality, and social processes. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts, 11(4), 487–498. https://doi.org/10.1037/aca0000094.
Moeljadi, D., Adisasmito-Smith, N., & Juwitaningrum, P. (2022). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Daring). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Retrieved from https://kbbi.kemdikbud.go.id/.
Nasyitha, R. (2024). Perkembangan Sastra Indonesia dari budaya lisan ke karya tulis modern. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(4), 106–111. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i4.4608 journal.amikveteran.ac.id
Nugraha, D., Suwondo, & Suyitno. (2020). Pengembangan literasi manusia melalui isu peran gender dengan pemanfaatan cerita pendek “Perempuan Itu Pernah Cantik”. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 8(1), 87–109. https://doi.org/10.17509/paradigma.v8i1.24287.
Nurgiyantoro, B. (2013). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurhadi. (2007). Dari Kartini hingga Ayu Utami: Memposisikan penulis perempuan dalam sejarah sastra Indonesia. Diksi, 14(2), 1–11. https://doi.org/10.21831/diksi.v14i2.6597.
Nurhadi. (2007). Jejak Langkah Perempuan dalam Sastra Indonesia. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Nurhadi. (2020). Dari Kartini hingga Ayu Utami: Memosisikan penulis perempuan dalam sejarah sastra Indonesia. Diksi, 14(2). https://doi.org/10.21831/diksi.v14i2.6597.
Octafiona, E. (2024). Kajian intertekstualitas dalam karya sastra Indonesia kontemporer. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 645–655. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i02.4578.
Pradopo, R. D. (2012). Beberapa teori sastra, metode kritik, dan penerapannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pratiwi, L. A. (2021). Representasi perempuan dalam sastra indonesia modern. Jurnal Kajian Sastra, 19(2), 124–138.
Pratiwi, R. E. (2021). Perempuan dan sastra dalam sejarah sastra Indonesia: 1998 – sekarang. Linguistika Kultura, 10(2), 56–63. https://doi.org/10.25077/jlk.10.2.56-63.2021researchgate.net.
Pratiwi, R. E. (2021). Perempuan dan sastra dalam sejarah sastra Indonesia: 1998–sekarang. Linguistika Kultura, 10(2), 56–63. https://doi.org/10.25077/jlk.10.2.56-63.2021.
Priyatna, A. (2018). Feminist voice in the works of Indonesian early woman writers: Reading novels and short stories by Suwarsih Djojopuspito. Journal of International Women's Studies, 19(2), 230–243. https://vc.bridgew.edu/jiws/vol19/iss2/15/.
Priyatna, A. (2018). Perempuan dan nasionalisme dalam karya suwarsih djojopuspito. Yogyakarta: Ombak.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Ridlwan, M., & Rahardi, R. K. (2021). Menyusun angkatan sastrawan lokal dengan penelitian sejarah sastra: sebuah pandangan konseptual. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 6(1), 124-131. http://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/600.
Sadli, S. (2010). Perempuan atau wanita? Perbandingan berbasis korpus tentang leksikon berbasis gender. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 9(2), 50–60.
Slamet, Y. B. M. (2018). Fungsi dan peran karya sastra dari masa ke masa. Jurnal PRAXIS: Jurnal Sains, Teknologi, Masyarakat dan Jejaring, 1(1), 24–40. https://journal.unika.ac.id/index.php/praxis/article/view/1609.
Suhadak, T. (2023). Budaya Minangkabau: buya hamka pada novel tenggelamnya kapal van der wijck (kajian historis antropologi). MANTRA: Jurnal Sastra Indonesia (Sastra, Bahasa, Budaya), 1(2), 36-48. https://doi.org/10.36761/mantra.v1i2.3496.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Wuriyani, E. P., & Pasaribu, M. (2022). Tokoh sentral dan tokoh pendukung dalam cerpen profetik menurut interpretasi siswa SMA Kartika 1 2 Medan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(3), 355–364. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.55.
Wuriyani, I., & Pasaribu, M. (2022). Karakter Tokoh Sentral dalam Struktur Cerita Fiksi. Jurnal Bahasa dan Sastra, 18(1), 45–56.
Zulfahnur, Z. F. (2014). Lingkup Ilmu Sastra: Teori Sastra, Sejarah Sastra, dan Kritik Sastra, serta Hubungan antara Ketiganya. Universitas Terbuka, 1, 1-35. https://www.academia.edu/download/70439204/PBIN4104_M1.pdf.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.