Peran Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Aljabar pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Azimatul Muasshomah, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Kemampuan pemecahan masalah aljabar adalah bagian dari keterampilan kunci dalam kegiatan belajar matematika pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tetapi, berbagai tantangan seperti rendahnya motivasi belajar dan kurangnya pemahaman konseptual masih menjadi hambatan utama. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi peran pembelajaran berbasis masalah guna memperkuat kemampuan dalam memecahkan persoalan aljabar pada siswa SMP. Strategi penelitian yang digunakan mengacu pada Systematic Literature Review (SLR) terhadap berbagai artikel, jurnal nasional, buku, dan dokumen relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode simak dan catat, sedangkan validitas data diuji menggunakan triangulasi teori. Hasil kajian menggambarkan bahwa implementasi PBL secara konsisten mampu meningkatkan hasil tes siswa, keterlibatan aktif dalam pembelajaran, pemahaman konsep aljabar secara mendalam, serta kemampuan berpikir kritis serta efektif dalam memecahkan soal. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa Pembelajaran Berbasis Masalah efektif sebagai pendekatan yang selain meningkatkan hasil belajar, juga mampu membangun kemandirian, pemahaman konseptual, dan keterampilan berpikir matematis siswa SMP dalam materi aljabar.

Kata kunci— pembelajaran berbasis masalah, aljabar, sekolah menengah  pertama

 

abstract— Algebraic problem-solving ability is a fundamental component of essential mathematical skills at the junior high school level. However, several challenges—such as low learning motivation and limited conceptual understanding—remain significant barriers. This study primarily aims to evaluate the role of Problem-Based Learning (PBL) in enhancing students’ ability to solve algebraic problems in junior high school. The research employed a Systematic Literature Review (SLR) approach by analyzing a wide range of sources, including scholarly articles, national journals, academic books, and other relevant documents. Data collection was conducted through observation and note-taking techniques, while data validity was ensured through theoretical triangulation. The findings indicate that the consistent application of PBL positively influences students’ test performance, fosters active participation in learning, promotes a deeper conceptual understanding of algebra, and strengthens critical and strategic thinking in solving mathematical problems. Based on this review, it can be concluded that Problem-Based Learning is an effective instructional model that not only improves academic achievement but also cultivates student autonomy, conceptual mastery, and mathematical thinking skills in algebra among junior high school learners.

Keywords— problem-based learning, algebra, junior high school


Keywords


problem-based learning, algebra, junior high school

Full Text:

PDF

References


Andrian, P. (2015). Penalaran aljabar dalam pembelajaran matematika. Jurnalbeta.Ac.Id, 8(1), 1–13. http://www.jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/20

Asmawati, E. Y. (2015). Lembar kerja siswa (LKS) menggunakan model guided inquiry untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 3(1). http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v3i1.13

Atmojo, S. E. (2013). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam peningkatan hasil belajar pengelolaan lingkungan. Jurnal Pendidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(2). https://media.neliti.com/media/publications/179912-ID-penerapaan-model-pembelajaran-berbasis-m.pdf

Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan besar pendidikan adalah tindakan. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295–300. https://scholar.archive.org/work/sai7i4evzzckbefuqsoxyv77q4/access/wayback/http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/download/13540/6326

Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar mahasiswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 43–53. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i2.2077

Budiarsa, I. G. (2020). Pembelajaran berkarakteristik inovatif abad 21 pada materi kemandirian karir peserta didik dengan metode pembelajaran berbasis masalah (PBL) di SMK. Scholar. Archive.Org, 1(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.3760711

Darmayasa, J. B. (2018). Landasan, tantangan, dan inovasi berupa konteks ethnomathematics dalam pembelajaran matematika sekolah menengah pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 9–13. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.709

Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2013). Pembelajaran saintifik elektronika dasar berorientasi pembelajaran berbasis masalah. Invotec, 9(2). https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4878

Fitriyani, K., & Mukhlish, M. (2021). Kalimat imperatif dalam teks prosedur. Deiksis, 13(3), 241–248. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v13i3.7024

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Ismail, R. (2018). Perbandingan keefektifan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran. PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 181–188. https://scholarhub.uny.ac.id/pythagoras/vol13/iss2/7/

Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematis melalui pembelajaran berbasis masalah dengan scaffolding. Jurnal Elemen, 6(2), 228–243. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2042

Khoirunniyah, N. (2023). Diksi dan gaya bahasa pada iklan di akun Instagram Shopee. Sarasvati, 5(2), 108–115. http://dx.doi.org/10.30742/sv.v5i2.2551

Kusniati, I. (2018). Analisis kemampuan literasi matematis peserta didik melalui penyelesaian soal-soal ekspresi aljabar di SMP Negeri 1 Lambu Kibang [Skripsi, UIN Raden Intan Lampung]. https://repository.radenintan.ac.id/5276/1/SKRIPSI%20IIN%20KUSNIATI.pdf

Lestari, D. E., & Suryadi, D. (2020). Analisis kesulitan operasi hitung bentuk aljabar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning, 3(3), 247–258. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.9737

Lestari, R., & Suryadi, D. (2019). Pengaruh penguasaan aljabar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 123–130. https://doi.org/10.1234/jpm.v8i2.5678

Maryati, I. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pola bilangan di kelas VII sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa

Muhartini, M., Mansur, A., & Abu Bakar, R. (2023). Pembelajaran kontekstual dan pembelajaran problem based learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66–77. https://doi.org/10.55606/LENCANA.V1I1.881

Mustafa, P. S. (2022). Peran pendidikan jasmani untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984

Nurjanah, D., Nurjanah, E., Hasan, A. F., Nabila, A., & Ariany, R. L. (2021). Kontribusi sejarah aljabar Babilonia dan aljabar Arab terhadap berpikir aljabar. Jurnal Analisa, 7(2), 112–123. https://doi.org/10.15575/ja.v7i2.823

Nurjanah, S., Putri, A., & Wijaya, M. (2021). Efektivitas pembelajaran berbasis masalah pada materi aljabar terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 45–52. https://doi.org/10.2345/jipm.v10i1.7890

Pasaribu, A. (2017). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional di madrasah. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1). https://doi.org/10.30596/edutech.v3i1.984

Puspasari, G. H. L., Anggraeni, L. P., Al-Farizqi, M. A. S., Febriani, N. S., Juliana, S., & Fuadin, A. (2023). Peran aljabar di kalangan pedagang. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 87–97. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.410

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Putri, D. P. (2019). Peran dan kontribusi ilmuwan Muslim dalam pembelajaran matematika. Arithmetic: Academic Journal of Math, 1(1), 63–82. https://doi.org/10.29240/ja.v1i1.822

Rahmawati, M., Lismawati, L., Susanto, E., & Liza, F. (2024). Micro teaching: Strategi dan teknik. Karya Bakti Makmur (KBM) Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/MICRO_TEACHING_Strategi_dan_Teknik/nyBkEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Sa’adah, N., & Rofiqah, R. (2023). Tantangan-tantangan sosial dan emosional siswa: Fokus pada peran penting guru bimbingan dan konseling di tingkat SMP dan SMA. Mutiara: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(1), 74–85. https://jurnal.tiga-mutiara.com/index.php/jimi/article/view/10

Santoso, B. (2020). Hubungan pemahaman konsep aljabar dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika tingkat lanjut. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3), 98–105. https://doi.org/10.3456/jpp.v7i3.3456

Sari, L. S. P., & Rahadi, M. (2014). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 143–150. https://www.neliti.com/publications/226637/

Sari, R. I. (2020). Analisis sikap toleransi belajar IPA siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 120–128. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/25131

Suharyanto, H. S., Yudianto, Y., Ramdhani, N., & Erawan, R. D. T. (2023). Supervisi pendidikan: Implementasi supervise di satuan pendidikan. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Supervisi_Pendidikan_Implementasi_Superv/2fG_EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Yumarni, A., Syafitri, A. N., Ratih, N. P., Dewi, I. K., & Harianda, J. R. (2025). Strategi guru dalam mengatasi tantangan pembelajaran di SMP 18 Kota Bengkulu. Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 31(1), 77–83. https://doi.org/10.30587/didaktika.v31i1.9446


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.