Membaca untuk Menulis: Analisis Korelasi Minat Baca dan Kemampuan Menulis Mahasiswa STIKOM Yos Sudarso Purwokerto Berdasarkan Demografi
Abstract
abstrak—Minat baca merupakan salah satu aspek penting dalam membentuk kemampuan berpikir kritis dan keterampilan menulis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat baca dan kemampuan menulis mahasiswa STIKOM Yos Sudarso Purwokerto serta mengeksplorasi perbedaan korelasi berdasarkan variabel demografi seperti gender, program studi, dan angkatan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan sampel sebanyak 225 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner minat baca dan penilaian dokumen karya tulis ilmiah. Hasil menunjukkan korelasi positif dan signifikan antara minat baca dan kemampuan menulis (r = 0,656, p < 0,05). Analisis berdasarkan demografi menunjukkan bahwa korelasi tertinggi ditemukan pada mahasiswa laki-laki (r = 0,696), program studi Teknik Informatika (r = 0,775), dan angkatan 2022 (r = 0,815). Temuan ini mengindikasikan pentingnya penguatan minat baca sebagai strategi peningkatan kemampuan menulis, dengan mempertimbangkan karakteristik demografi mahasiswa.
Kata kunci—Minat baca, kemampuan menulis, korelasi, demografi, mahasiswa
Abstract—Reading interest is one of the important aspects in shaping students critical thinking and writing skills. This study aims to determine the relationship between reading interest and writing skills of STIKOM Yos Sudarso Purwokerto students and explore differences in correlations based on demographic variables such as gender, study program, and class. The method used was quantitative correlation with a sample of 225 students. Data were collected through reading interest questionnaire and scientific paper document assessment. The results showed a positive and significant correlation between reading interest and writing ability (r = 0.656, p < 0.05). Analysis based on demographics showed that the highest correlation was found among male students (r = 0.696), Informatics Engineering study program (r = 0.775), and class of 2022 (r = 0.815). This finding indicates the importance of strengthening reading interest as a strategy to improve writing skills, taking into account the demographic characteristics of students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Evawati, Surastina, Joko Sutrisno AB, Sri Wahyuningsih IJLHE: International Journal of Language, Humanities, and Education, Vol. 3(2), 2020. https://doi.org/10.52217/ijlhe.v3i2.799
Nurhaliza, S. (2021). Korelasi Minat Baca dengan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa PGMI UIN Antasari Banjarmasin. Banjarmasin: UIN Antasari. https://idr.uin-antasari.ac.id/10085/
Semi, M. A. (2003). Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susana, H., Istiara, F., Maryova, F., & Dwi Ajeng, G. (2021). The Correlation of Vocabulary Mastery, Reading Interest, and Writing Expositions Text in Senior High Class Students. IJLHE: International Journal of Language, Humanities, and Education, 4(2), 97–108. https://doi.org/10.52217/ijlhe.v4i2.858
Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Zulni, R. Sartika, & E. Septia. (2022). Hubungan Minat Baca Dengan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.998
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.