Peran Media Pembelajaran Desmos dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fungsi Linear pada Siswa SMA

Adinda Putri Handayani, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Desmos merupakan platform interaktif yang mendukung pembelajaran matematika melalui aplikasi atau web. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran media pembelajaran Desmos dalam meningkatkan pemahaman konsep fungsi linear pada siswa SMA. Metode penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review yang biasa disingkat sebagai SLR. Data di dalam penelitian ini mengguakan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan metode simak dan catat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran desmos memiliki peran 1) Efektivitas media Desmos dalam meningkatkan pemahaman fungsi linear, 2) Peningkatan pemahaman konsep melalui visualisasi interaktif, 3) Peran Desmos dalam meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa, 4) Membantu siswa yang kesulitan belajar secara konvensional, 5) Perbandingan dengan media pembelajaran lain. Simpulan di dalam penelitian ini adalah terdapat lima peran dari penggunaan media pembelajaran Desmos yang dapat membantu siswa SMA dalam memahami konsep fungsi linear dengan lebih baik.

Kata kunci— media pembelajaran, fungsi linear, desmos

 

Abstract— Desmos is an interactive platform that supports math learning through applications or the web. The purpose of this study was to determine the role of Desmos Learning Media in Improving Understanding of Linear Function Concepts in High School Students. This research method uses the Systematic Literature Review method which is commonly abbreviated as SLR. The data in this study used secondary data. The data analysis technique uses the method of listening and recording. The data validation technique uses theoretical triangulation techniques. The result of this research is that desmos learning media has the role of 1) Effectiveness of Desmos media in improving understanding of linear functions, 2) Improving concept understanding through interactive visualization, 3) Desmos role in increasing student involvement and motivation, 4) Helping students who have difficulty learning conventionally, 5) Comparison with other learning media. The conclusion in this study is that there are five roles of using Desmos learning media that can help high school students understand the concept of linear functions better.

Keywords— learning media, linear function, desmos


Keywords


learning media, linear function, desmos

Full Text:

PDF

References


Apriastuti, N. N. A. A. (2019). Bentuk, fungsi dan jenis tindak tutur dalam komunikasi siswa di kelas IX Unggulan SMP PGRI 3 Denpasar. Jurnal pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia, 8(1), 48-58. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/2989.

Aprilian, V. M. (2024). StudiI Literatur: Penggunaan Media Pembelajaran Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 10(2), 89-100. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v10i2.10099.

Audie, N. (2019, May). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665.

Botta, E. E., Setiawan, Y. A., Deskania, I. C., Suci, M., & Mrican, J. A. (2023). Aktivitas pada desmos guna memfasilitasi siswa dalam memahami konsep himpunan penyelesaian. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 5(1), 58. https://doi.org/10.14421/jppm.2023.51.57-71.

Dahliani, Y. (2023). Buku Ajar Matematika Ekonomi Bisnis. Purwodadi: CV Sarnu Untung.

Dhani, S. R., Nasution, M. D., & Irvan, I. (2022). Penggunaan desmos dalam pembelajaran matematika materi program linier sebagai sarana meningkatkan kemampuan siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 237-247. https://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/11227.

Esi, N., Umeng, Y., & Suhendra, M. (2023, November). Penggunaan Desmos sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika SMP. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan (Vol. 2, No. 1). http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/psnip/article/view/290#.

Furoidah, A. (2020). Media pembelajaran dan peran pentingnya dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 2(2), 63-77. https://doi.org/10.36835/alfusha.v2i2.358.

Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan penggunaan media pembelajaran audio visual dengan minat peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam di sman 1 bangkinang kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160-180. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027.

Hindarto, C. R., & Sulistyani, N. (2024). Pengembangan media pembelajaran desmos classroom activity untuk meningkatkan pemahaman konsep transformasi geometri menggunakan konteks grebeg maulud. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 6(01), 47-62. https://doi.org/10.30822/asimtot.v6i01.4019.

Husna, U., Setiawani, S., & Hussen, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Classflow Berbantuan Web Desmos pada Materi Penerapan Integral Tentu. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika , 4 (1), 37–52. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p37-52.

Irawan, S., Sudika, I. N., & Hidayat, R. (2020). Karakteristik Bahasa Gaul Remaja sebagai Kreativitas Berbahasa Indonesia pada Komentar Status Inside Lombok di Instagram: Caracteristics of Teenage Slang as Indonesian Language Creativity on Status Comments Inside Lombok on Instagram. Jurnal Bastrindo, 1(2), 201-213. https://bastrindo.jurnal.unram.ac.id/index.php/jb/article/view/44.

Januarta, A. A., Zahra, C. L. N., Hariyanto, E. S., Cindy, P. M., Alihuddin., .... & Faradiva, M. A. (2024). Penerapan matematika pada ilmu matematikaI: Fungsi linear. JITAA: Journal Of International Taxation, Accounting And Auditing, 3(2), 108-117. https://doi.org/10.62668/jitaa.v3i2.1339.

Junaidi, J. (2019). Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349.

Kurniawan, A. T. H., & Rudhito, M. A. (2016). Kemampuan Berpikir Relasional Siswa dalam Mengerjakan Soal Kontekstual dengan Pendekatan Realistik Pada Topik Fungsi Linear. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 136-144. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5013.

Kusumaningtyas, N., Trapsilasiwi, D., Fatahillah A. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif online berbantuan desmos pada kelaskita materi program linier kelas xi sma. https://doi.org/10.19184/kdma.v9i3.11003.

Magdalena, I., Nadya, R., Prahastiwi, W., Sutriyani, S., & Khoirunnisa, K. (2021). Analisis Penggunaan Jenis-Jenis Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sd Negeri Bunder Iii. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/1381.

Maharani, I., & Putri, J. H. (2023). Relevansi pengembangan media pembelajaran matematika. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(1), 353-361. https://doi.org/10.47668/edusintek.v10i1.719.

Marentek, T. K. W. Y., & Febryiantoro, M. T. (2018). Penentuan Fungsi Linear yang Ideal Pada Model Ekonomi Fungsi Penawaran. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 11-24. https://doi.org/10.26533/eksis.v13i1.153.

Meityastuti, I., & Wijaya, A. (2022). Pengembangan LKPD model PBL berbasis STEM dengan menggunakan aplikasi desmos untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(1), 39-48. https://doi.org/10.21831/jpm.v8i1.18555.

Meslita, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Desmos pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1857-1868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1409.

Nisa, L. C., Isnawati, A. R., Rachmawati, A. K., & Miasary, S. D. (2025). Pemanfaatan Desmos untuk Pembelajaran Matematika Interaktif bagi Guru Matematika SMK di Salatiga. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 10(1), 59-72. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v10i1.2675.

Nur, F. (2013). Faktor-faktor penyebab berpikir pseudo dalam menyelesaikan soal-soal kekontinuan fungsi linear yang melibatkan nilai mutlak berdasarkan gaya kognitif mahasiswa. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 1(1), 70-91. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/1127.

Nurhayati, L., & Gunawan, I. (2022). Peningkatan kemampuan representasi matematis mahasiswa teknik dengan berbantuan software desmos graphing calculator. Prisma, 11(1), 255-264. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2221.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran Hadits Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210. https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/misykat/article/view/2229.

Prastowo, Y. G., & Sulistyani, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis STEM Melalui Aktivitas Desmos Untuk Melatih Keterampilan 4C Siswa SMA. Mathematical Proceedings of The Widya Mandira Catholic University, 1(1), 126-141. https://journal.unwira.ac.id/index.php/SEMNAPTIKA/article/view/3227.

Rahmawati, D., Darmawijoyo, D., & Hapizah, H. (2018). Desain pembelajaran materi fungsi linier menggunakan pemodelan matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 65-79. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1311.

Rahmi, L., & Yulianti, K. (2022). Learning obstacles yang dihadapi siswa dalam memahami topik relasi dan fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 929-940. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.10917.

Ramadani, M., Pujiastuti, H., Faturrohman, M., & Syamsuri, S. (2023). Integrasi Teknologi Desmos dalam Pembelajaran Matematika: A Systematic Literature Review. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 850-855. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1340.

Ramadhan, N. K., Nurcahyono, N. A., & Imswatama, A. (2025). Pengaruh model pembelajaran berdiferensiasi berbantuan aplikasi desmos terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IX. Esensi Pendidikan Inspiratif, 7(1). https://journalpedia.com/1/index.php/epi/article/view/4760.

Relifa G Wiranagari, & Sudianto. (2024). Tinjauan Pustaka Sistematis Pengaruh Penggunaan Aplikasi Matematika Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 6 (6), 10-22. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/1263.

Sianipar, H. F., Nuranisah, N., & Silalahi, T. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 2236-2241. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1489.

Siregar, T. M., Naibaho, E., Sansu, S. G., Sormin, S. G. L., & Siregar, B. S. (2023). Pengaruh Fungsi Permintaan dan Penawaran terhadap Keseimbangan Pasar. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 222-232. https://doi.org/10.30605/pedagogi.v8i1.2485.

Sudianto, S. (2021). Penggunaan Media dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 3(1), 93-101. https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.3355.

Suhendra, M., Hakim, R. N., & Arifin, Z. (2025). Analysis Analisis Minat Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika pada Materi Grafik Fungsi Kuadrat Menggunakan Desmos. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 91-99. https://doi.org/10.47650/elips.v6i1.1794.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Tampubolon, TY, Ilham, M., Khayroiyah, S., & Bancin, FP (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Interaktif Desmos untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai , 8 (3), 47057–47065. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/22939.

Wahyuni, E. S., & Yokhebed, Y. (2019). Deskripsi media pembelajaran yang digunakan guru biologi SMA Negeri di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 32-40. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1105.

Wahyuningtyas, DT (2017). Pelatihan media pembelajaran matematika berdasarkan kurikulum 2013 bagi guru sekolah dasar di gugus 9 kecamatan Sukun Malang. Jurnal Dedikasi , 14 , 08-11. https://doi.org/10.22219/dedikasi.v14i0.4293.

Wulandari, E., Sasomo, B., & Rahmawati, A. D. (2025). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMP 3 Negeri Paron. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 2(2), 147-164. https://doi.org/10.62383/katalis.v2i2.1616.

Yunianto, H. Y., & Sulistyani, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Desmos Activity Classroom pada Materi Program Linear. Mathematical Proceedings of The Widya Mandira Catholic University, 1(1), 214-223. https://journal.unwira.ac.id/index.php/SEMNAPTIKA/article/view/3236.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.