Peran Tradisi Gotong Royong dalam Membentuk Pendidikan Karakter Anak di Sekolah
Abstract
abstrak— Peran tradisi gotong royong itu berperan penting dalam meningkatkan solidaritas anak sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peran tradisi gotong-royong dalam membentuk pendidikan karakter anak disekolah. Metode studi ini menggunakan pendekatan SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari buku dan jurnal nasional. Metode pengumpulan data adalah simak dan catat, dan metode validasi data adalah triangulasi data. Hasil investigasi menjelaskan bahwa peran tradisi gotong-royong dalam membentuk pendidikan karakter anak disekolah dapat dilakukan dengan cara 1) Gotong-royong sebagai media penanaman nilai moral dan etika, 2) Gotong-royong menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kemandirian, 3) Gotong-royong memperkuat solidaritas dan rasa kebersamaan. Hasil penelitian ini adalah ada tiga peran tradisi gotong-royong dalam membentuk pendidikan karakter anak disekolah.
Abstract— The role of the mutual cooperation tradition plays an important role in increasing the solidarity of school children. The purpose of this study is to determine the role of the mutual cooperation tradition in shaping the character of children's education at school. This study method uses the SLR approach. The data in this study uses secondary data taken from national books and journals. The data collection method is to observe and record, and the data validation method is data triangulation. The results of the investigation explain that the role of the mutual cooperation tradition in shaping the character of children's education at school can be done by 1) Mutual cooperation as a medium for instilling moral and ethical values, 2) Mutual cooperation fosters a sense of responsibility and independence, 3) Mutual cooperation strengthens solidarity and a sense of togetherness. The results of this study are that there are three roles of the mutual cooperation tradition in shaping the character of children's education at school.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainissyifa, H. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 1–26. https://doi.org/10.52434/jp.v8i1.68
Atieka, T., & Budiana, I. (2019). Peran Pendidikan Karakter dan Kreativitas Siswa Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal MADANI: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 2(2), 331-341. https://doi.org/10.33753/madani.v2i2.76
Ardilla, A., & Cholid, N. (2021). Pengaruh Broken Home Terhadap Anak.Studia: Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa,6(1), 1-14.
Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3
Fauzi, Ahmad, and Hendri Irawan. 2025. Peran Pendidikan Karakter Dalam Membangun Generasi Muda Yang Berintegritas. 3(2): 111–19.
Firdaus, N. A., Agustini, F., & Baedowi, S. (2023). Analisis Nilai Karakter Profil Pelajar Pancasila Bergotong Royongdalam Film Denias Senandung diAtas Awan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD , STKIP subang 9(2), 1236–1238
Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter konsep dan implementasi (Bandung : alfabetha).
Handayani, R,. (2019). Pengaruh lingkungan tempat tinggal dan pola asuh orangtua terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Tunas Bangsa , 6 (1), 15-26. Diambil dari https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/916
Harahap, S., Karim, AA, Savitri, D., & Adawiah, LR (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Islam melalui Kurikulum Berbasis RA dengan Pendalaman Profil Pelajar Pancasila. Refleksi: Jurnal Penelitian Tindakan , 1 (2), 74–85. https://doi.org/10.37985/refleksi.v1i2.165
Hasanah, u., & fajri, n. (2022). Konsep pendidikan karakter anak usia dini. Edukids : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116-126. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775
Jayanti, T., Istiqomah, L., & Kurniawan, I. . (2024). Implementasi Karakter Gotong Royong Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an , 8 (2). https://doi.org/10.30738/tc.v8i2.17243
Kaimuddin, K. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu , 14 (1), 47-64. https://doi.org/10.21093/di.v14i1.7
Khasanah, N. (2013). Pengejawantahan Nilai-nilai dalam Pengembangan Budaya Gotong Royong di Era Digital EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal),1(1), 92–108.
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Murdi, L. (2018). Spirit Nilai Gotong Royong dalam Banjar dan Besiru Pada Masyarakat Sasak-Lombok. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 2(1), 39–54. https://doi.org/10.29408/fhs.v2i1.1288
Mochamad Surya, C. ., Zulvian Iskandar, Y., & Marlina, L. . (2021). Meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri dasar pada anak kelompok a mellui metode tebak gambar. Jurnal Tahsinia , 2 (1), 78–89. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.294
Nita Rini, N., Pratiwi, I. A. ., & Ahsin, M. N. . (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1236–1241. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1379
Oktavianto, A W, A Asrial, & (2023). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Mencapai Nilai Gotong Royong Di Kelas IV Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4151.
Rahmadani, E., & Al Hamdany, M. Z. . (2023). Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 10–20. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.368
Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak-anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 – 7 Tahun). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89-100. https://doi.org/10.58230/27454312.71
Santoso, S,. (2011). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Pendirinya, Makalah. Jakarta
Sapitri, A, Amirudin, & Maryati M. (2022). Peran pendidikan agama islam dalam revitalisasi pendidikan karakter. Al-Afkar, Jurnal Kajian Islam , 5 (1), 252–266. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i1.229
Saputra, A. (2019). Pendidikan Anak Pada Usia Dini. At-ta'dib: jurnal ilmiah prodi pendidikan agama islam , 10 (2), 192 - 209. Diambil dari https://www.ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/176
Siregar, Z., Mashuri, K., Novianti, Y., Darliana, E., & Noverita, A. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Di Sma Swasta Persiapan Stabat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 100-107
Sri Armini, NN (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Pondasi Moral Generasi Penerus Bangsa. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin , 4 (1), 113–125. https://doi.org/10.37329/metta.v4i1.3005
Sudrajat,A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 1 (1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316
Sumarsono, 2010. Sosiolonguistik. Yogyakarta: Sabda
Sunaryati, T., Putri, F., Al Saepi, D., & Chandra, N. (2023). Penerapan Sikap Gotong Royong Bagi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan , 9 (24), 819-822. https://doi.org/10.5281/zenodo.10441011
Suyanto, B. (2010). Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: Prenada Media.
Tarigan, H.G. (2008). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Unayah, N. (2017). Gotong royong sebagai modal sosial dalam penanganan kemiskinan. Sosio Informa , 3 (1). https://doi.org/10.33007/inf.v3i1.613
Wardani, I. U., Sutajaya, I. M., & Suja, I. W. (2023). Meningkatkan Pendidikan Karakter Gotong Royong Siswa SD dengan Pembiasaan PenerapanTri Hita Karana. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2819-2828. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.683
Widiyani , E., Fakhriyah , F., Ismayam A, EA ., Firmasyah , R., Putri, SM ., & Kartika, AS (2024). Karakteristik Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG) , 5 (1), 51–59. https://doi.org/10.30738/jipg.vol5.no1.a15544
Yusnia, A., & Janattaka, N. (2023). Analisis Nilai Karakter Gotong Royong Pada Pelaksanaan Pembelajaran Tema 8 Membangun Masyarakat yang Beradab Kelas 4 SDN 1 Pucung Kidul. EduCurio: Education Curiosity, 1(3), 803–806. Retrieved from https://yptb.org/index.php/educurio/article/view/489
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.