Peran Kecerdasan Buatan (AI) dalam Pembelajaran Matematika pada siswa Sekolah Dasar
Abstract
abstrak—Kecerdasan buatan atau AI merupakan suatu disiplin dalam ilmu komputer yang telah berkembang dengan pesat dan digunakan dalam berbagai sektor, termasuk dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan implementasi AI dalam pengajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar serta efeknya terhadap proses pembelajaran siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang mencakup observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari guru dan siswa yang berada di kelas IV–VI di sebuah Sekolah Dasar. Temuan menunjukkan bahwa pemanfaatan AI melalui aplikasi pendidikan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, memudahkan pemahaman tentang konsep matematika, serta mendukung proses belajar yang sesuai dengan karakteristik anak-anak pada usia sekolah dasar. Meskipun terdapat beberapa tantangan, seperti keterbatasan alat dan kurangnya pelatihan bagi guru, AI tetap memberikan dampak positif dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif, relevan, dan menyenangkan. Oleh karena itu, integrasi kecerdasan buatan dalam pengajaran matematika sangat layak untuk terus dikembangkan sebagai bagian dari inovasi pendidikan di era digital ini.
Kata kunci—kecerdasan buatan, pengajaran matematika, sekolah dasar
Abstract—Artificial Intelligence (AI) is a discipline within computer science that has rapidly developed and is now utilized across various sectors, including education. This study aims to describe the implementation of AI in mathematics instruction at the elementary school level and its effects on the students’ learning process. The research employs a descriptive qualitative approach, with data collected through observation, interviews, and documentation. The subjects of this study include teachers and students from grades IV to VI at an elementary school. The findings show that the use of AI through educational applications can increase students’ motivation to learn, facilitate their understanding of mathematical concepts, and support a learning process that aligns with the characteristics of children at the elementary level. Despite certain challenges, such as limited access to devices and insufficient teacher training, AI still has a positive impact in creating interactive, relevant, and engaging learning experiences. Therefore, integrating artificial intelligence into mathematics teaching is worth further development as part of educational innovation in the digital era
Keywords— artificial intelligence, mathematics teaching, elementary school
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295-5301. https://www.neliti.com/publications/447736/kepemimpinan-kepala-sekolah-dalam-mewujudkan-merdeka-belajar-di-sekolah-dasar.
Ariati, Celsi., & Juandi, Dadang. (2022). Kemampuan penalaran matematis: systematic literature review. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61-75. https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/jurnal-lemma/article/view/5745.
Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/91.
Dewi, A. O. P. (2020). Kecerdasan Buatan sebagai Konsep Baru pada Perpustakaan. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(4), 453-460. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/9507.
Dewi, Athanasia. O. P. (2020). Kecerdasan Buatan sebagai Konsep Baru pada Perpustakaan. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(4), 453-460. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/9507.
Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran dan tugas kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194-201. https://core.ac.uk/download/pdf/327691752.pdf.
Maihani, S., Syalaisha, S. N., Yusrawati, Y., Nur, T. N. T., Ria, D., Kumita, K., & Zaki, S. A. (2023). Peran Kecerdasan Buatan Artificial Intelligence (Ai) Dalam Inovasi Pemasaran. Warta Dharmawangsa, 17(4), 1651-1661. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/3817.
Marfu'ah, Solikhatul., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022, February). Model pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 50-54). https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54339.
Mayang Puspa, I. (2022). Kecerdasan Buatan Pada Teknologi Informasi. Universitas Bina Darma.na Darma (2022). http://eprints.binadarma.ac.id/15969/.
Munawar, Z., Soerjono, H., Putri, N. I., & Dwijayanti, A. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan ChatGPT Untuk Membantu Penulisan Ilmiah. Tematik, 10(1), 54-60. http://www.jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/view/2165.
Muqodas, I. (2015). Mengembangkan kreativitas siswa sekolah dasar. Metodik Didaktik, 9(2), 25-33. https://ejournal.upi.edu/index.php/metodikdidaktik/article/download/3250/2264.
Pribadi, R. A., & Jamaludin, U. (2023). Karakteristik Belajar dan Pembelajaran Anak Usia Sekolah Dasar (SD). Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4744-4753. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1131.
Rahayu, T. (2019). Karakteristik siswa sekolah dasar dan implikasinya terhadap pembelajaran. Misbahul Ulum (Jurnal Institusi), 1(02 Desember), 109-121. https://doi.org/10.70688/misbahululum.v1i02%20Desember.7
Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/88.
Rochmawati, Dwi. Robiul., Arya, I., & Zakariyya, A. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan Untuk Pendidikan. Jurnal Teknologi Komputer Dan Informatika, 2(1), 124-134. http://jurnal.politeknikpajajaran.ac.id/index.php/tekomin/article/view/163.
Rusman, I., & Qadrianti, L. (2024, October). Peran Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran di Era Digital. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai (Vol. 3, pp. 42-46). https://journal.uiad.ac.id/index.php/SENTIKJAR/article/view/3138.
Sakti, B. P. (2017). Indikator pengembangan karakter siswa sekolah dasar. Magistra Unwidha Klaten, 30(101), 1-11. https://www.academia.edu/download/89147505/INDIKATOR_PENGEMBANGAN_KARAKTER_SISWA_SEKOLAH_DASA_1_.pdf
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya memahami karakteristik siswa sekolah dasar di SDN Cikokol 2. As-sabiqun, 2(1), 7-17. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun/article/view/611.
Sinaga, M. (2024, July). Peran dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) Dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Keguruan Dan Pendidikan (Snkp) (Vol. 2, No. 1, pp. 115-121). https://www.ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2147.
Tarigan, R. (2021). Perkembangan matematika dalam filsafat dan aliran formalisme yang terkandung dalam filsafat matematika. Sepren, 2(2), 17-22. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/508.
Umi, K. (2022). Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Kepada Para Remaja. Universitas Bina Darma. http://eprints.binadarma.ac.id/15964/.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.