Manfaat Aplikasi GeoGebra dalam Meningkatkan Kemampuan Geometri Siswa Sekolah Menengah Pertama
Abstract
abstrak—Aplikasi GeoGebra merupakan perangkat lunak berbasis komputer yang memungkinkan visualisasi konsep konsep matematika secara interaktif dan dinamis.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manfaat penggunaan aplikasi GeoGebra dalam menambah kemampuan geometri siswa sekolah menengah pertama.Dalam penelitian ini diterapkan metode Systematic Literature Review (SLR), yakni metode kajian literatur yang dilakukan secara terstruktur dan menyeluruh untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menginterpretasi hasil-hasil penelitian yang relevan dengan topik tertentu.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi GeoGebra memiliki manfaat 1)Memperdalam pemahaman konsep geometri 2)Mengasah kemampuan pemecahan masalah 3) Meningkatkan antusiasme dan motivasi belajar 4)Mengatasi kendala dalam mempelajari geometri 5)Memudahkan dalam Memeriksa dan Memahami Gambar Grafik. Simpulan ini adalah bahwa ada lima manfaat dari aplikasi GeoGebra yang bisa meningkatkan kemampuan geometri siswa sekolah menengah pertama
Abstract—GeoGebra application is a computer-based software that allows visualization of mathematical concepts interactively and dynamically. This study aims to describe the benefits of using the GeoGebra application in improving the geometry skills of junior high school students. In this study, the Systematic Literature Review (SLR) method was applied, namely a literature review method that is carried out in a structured and comprehensive manner to identify, evaluate, and interpret research results that are relevant to a particular topic. The results of this study indicate that the GeoGebra application has the benefits of 1) Deepening the understanding of geometry concepts 2) Sharpening problem-solving skills 3) Increasing enthusiasm and motivation to learn 4) Overcoming obstacles in learning geometry 5) Facilitating Checking and Understanding Graphic Images. This conclusion is that there are five benefits of the GeoGebra application that can improve the geometry skills of junior high school students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baqy, Z. T., & Wardhana, M. (2021). Redesain SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo dengan Nuansa Modern yang Menjunjung Unsur Kemuhammadiyahan. Jurnal Sains dan Seni ITS, 9(2), F285–F291. https://doi.org/10.12962/j23373520.v9i2.55682
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri di sekolah dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/kreano/article/view/20726
Fitriani, F., Maifa, T. S., & Bete, H. (2019). Pemanfaatan software geogebra dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4). https://doi.org/10.29303/jppm.v2i4.1507
Hanifah, H., & Antasari, M. (2022). Kendala dan kiat sukses penerapan LKPD geometri berbasis Model APOS berbantuan GeoGebra. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 20(1), 88–104. https://doi.org/10.33369/dr.v20i1.20014
Kusnadi, F. N., & Asih, E. C. (2023, October). GeoGebra on students’ engagement in mathematics learning: A literature review. AIP Conference Proceedings, 2734(1), 090022. https://doi.org/10.1063/5.0156522
Mufti, N. N., Pranata, O. H., & Muharram, M. R. W. (2020). Studi Literatur: Tangram Sebagai Media Pembelajaran Geometri. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(2), 91–97. https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3566
Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18–29. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.16836
Nur, I. M. (2016). Pemanfaatan program geogebra dalam pembelajaran matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.33387/dpi.v5i1.236
Nur'aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran matematika geometri secara realistis dengan GeoGebra. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 16(2). https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900
Pangabean, K. O. (2023). Manajemen Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edukasi, 1(1), 45–52. https://doi.org/10.60132/edu.v1i1.73
Pohan, S. (2019). Membangun Karakter Siswa Pada Tingkat SMP. Jurnal Education and Development, 7(1), 111–111. https://doi.org/10.37081/ed.v7i1.799
Pratiwi, W., & Dewi, H. (2024). Kesulitan guru dalam menggunakan media pembelajaran matematika berbasis teknologi digital. Jurnal Kependidikan Media, 13(2), 232–243. http://dx.doi.org/10.26618/jkm.v13i2.15497
Realistik, J. I. M. (2023). Software Geogebra Pada Pembelajaran Matematika: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(1), 33–40. Retrieved from http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/index
Rismawati, O. A., & Fauzi, R. (2023). Hambatan siswa dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada pembelajaran matematika. PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, 2(2), 174–184. https://doi.org/10.32672/perisai.v2i2.250
Safrina, K., Ikhsan, M., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah geometri melalui pembelajaran kooperatif berbasis teori van hiele. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1). Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/297832765.pdf
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.451
Syahputri, K. R., Kholis, K., Puspitasari, N. A. A., Aisyah, S., & Sutrimah, S. (2023, July). Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bojonegoro pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 783–788. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id
Tammu, R. M. (2018, June). Peran pembelajaran biologi sel dan molekuler dalam pengelolaan dan konservasi keanekaragaman hayati Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 878–885. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p134-142
Umeng, Y., & Yani, T. A. (2022). Penerapan pembelajaran matematika dengan GeoGebra untuk meningkatkan motivasi dan penalaran spasial siswa sekolah menengah pertama. Journal of Syntax Literate, 7(4). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i4.6638
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.