Peran Pengenalan Operasi Hitung dalam Meningkatkan Kemampuan Numerik Anak Usia Dini

Nova Apriyanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Operasi aritmatika dasar adalah salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan numerik. serta mampu menerapkan konsep-konsep ini. Operasi aritmatika dasar didasarkan pada konsep-konsep utama yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pengenalan operasi hitung dalam mempermudah kemampuan numerik anak.  Penelitian Systematic Literature Review atau sering dikenal dengan singkatan SLR adalah metode yang digunakan. Hasil penelitian ini menggunakan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan metode simak dan catat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah peran pengenalan operasi hitung memiliki manfaat 1) menjadi dasar untuk memahami konsep matematika 2) Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah Kehidupan Sehari-hari 3) Perlunya inovasi dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat tiga manfaat peran pengenalan operasi hitung dasar untuk memotivasi anak bahwa operasi hitung dasar sangat penting untuk dipahami.

Kata kunci—Anak usia dini, kemampuan numerik, pengenalan operasi hitung

 

Abstract—Basic arithmetic operations are one way to develop numerical skills and be able to apply these concepts. Basic arithmetic operations are based on key concepts that include addition, subtraction, multiplication and division. The purpose of this study is to determine the role of introducing counting operations in improving early childhood numerical skills.  Systematic Literature Review research or often known by the abbreviation SLR is the method used. The results of this study used secondary data. The data analysis technique uses the method of listening and recording. The data validation technique uses triangulation techniques. The result of this research is the role of the introduction of counting operations has the benefit of 1) being the basis for understanding mathematical concepts 2) Improve the ability to solve daily life problems 3) The need for innovation in learning. The conclusion of this research is that there are three benefits of the role of introducing basic arithmetic operations to motivate children that basic arithmetic operations are very important to understand.

Keywords— Early childhood, numerical skills, recognition of counting operations

 


Keywords


Early childhood, numerical skills, recognition of counting operations

Full Text:

PDF

References


Al Etivali, A. U (2019). Pendidikan Anak Pada Usia Dini. Jurnal Penelitian Medan Agama ,10(2),

Amreta, M. Y., & Safa’ah, A. (2021). Pengaruh Media papinka terhadap kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 21-28.https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.192.

Arifin, F. (2024). kapita selekta matematika SD/MI. Jakarta. Publishing Indonesia Utama.

Arti, N., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Matematika Dengan Kemampuan Numerik Siswa Pada Materi Aljabar. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(2), 92-99.https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v5i2.937.

Aziz, L.A (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V Sekolah Dasar Negeri 24 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Media Pendidikan Matematika, 6 (2), 96-103. https://doi.org/10.33394/mpm.v6i2.1689.

Badrullah, Jeranah, Asdar. (2024). Membuat matematika menjadi ajaib. Yogyakarta.Deepublish Digital.

Cahya, P D.M. R. (2020). Pengembangan instrumen kemampuan numerik dan hasil belajar materi pengolahan data siswa kelas V SD. Jurnal pendidikan Dasar Indonesia, 4(2). 56-67.

Darsinah. (2025). Model pembelajaran anak usia dini Kartasura Surakarta.Unifersitas Muhammadiyah Surakarta.

Devianti, R., Sari, SL, & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan karakter untuk anak usia dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 67-78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150.

Fadilah, N., Khabibah, S., & Saadah,N.(2022). Analisis kemampuan numerik siswa SMP dengan gaya kognifikan field dependent. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51–62. https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i1.28.

Hanik, U. (2017). Pembelajaran Konsep Operasi Hitung (Penjumlahan dan Pengurangan) Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. PendidikanMath, 4 (1). https://doi.org/10.32682/edumath.v4i1.378.

Herawati. & Muthmainah.(2019). Karakteristik belajar anak usia dini dalam perspektif Islam.

Hikmah, S.N., & Vioreza, N. (2023). Penerapan Model Inkuiri pada Materi Operasi Hitung Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. PUSAKA: Jurnal Review Pendidikan, 1(1), 12-22. https://doi.org/10.56773/pjer.v1i1.83.

Indrawati., Sutrisno., Subroto, D.E., Maulina. G..... Susilowati. E. (2023). Pendidikan anak usia dini. Serang-Banten. PT Kurnia Pustaka.

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Peranan kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 110-119. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.669.

Jelatu, S., senin, M.E., & San, S. (2019). Relasi antara kemampuan numerik dengan prestasi belajar matematika. Dosen : Jurnal Pendidikan, 10(1), 1–18. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i1.2390.

Johra, J. A. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika operasi penjumlahan dan an pengurangan bilangan cacah pada peserta didik kelas II B SD Inpres Ende 7 kecamatan Ende Timur kabupaten Ende. Ekspektasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 38-43. https://doi.org/10.37478/jpe.v4i1.153.

Jurnal pendidikan anak, 5(1), http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v5i1.6379.

Kurniawan, H, Wiliyanti, F., Widayanti, T. (2024). Buku referensi matematika dasar. Jambi.

Mashar, R. (2011). Emosi anak usia dini dan strategi pengembanganya. Jakarta. Kencana.

Nurasyiah, R. (2023). Karakteristik perkembangan anak usia dini. 17(1), https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.15397.

Nurmasari, L. (2011). Peningkatan Kemampuan Menghitung Perkalian Melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas II SD Negeri 3 Pringanom Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011.

Palembang. Bening Media Publishing.

Pembelajaran pengenalan matematika anak usia dini menggunakan mini game. Palembang. Bening media publishing.

Pradana, AA, & Ummah, J. (2020). Pengaruh media sempoa terhadap kemampuan operasi hitung pengurangan siswa kelas II MI. PREMIERE: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 94-102.

PT sonpedia Publishing Indonesia Yusro, P. (2004). Selamat tinggal sekolah. Yogyakarta. Media Pressido. umarni, S, Andika W. D., Nusantara, D. S. (2024). Matematika SD kelas awal

Rahayu, C, zulkardi, R, I, I, Z. Hartono, Y. (2022).

Saputra, A. (2019). Pendidikan Anak Pada Usia Dini. AT-TA'DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 10 (2), 192 - 209. https://www.ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/176.

Siregar, S.N, Solfitri, T., & Roza, Y. (2018). Pengenalan Konsep Operasi Hitung Bilangan Melalui Permainan Congklak Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2 (1), 119–128. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.107.

Susanto, A. (2017). Pendidikan anak usia dini. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Syafdaningsih, Rukiyah, Utami, F. (2020). Pembelajaran matematika anak usia dini. Tasikmalaya. Edu Publisher. https://org/10.5281/zenodo.6668837.

Syah, M. Damayanti, E., & Zahara, I. (2023). Mengerti anak usia dini. Singi, Sulawesi Selatan. CV Feniks muda sejahtera.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.