Manfaat Aplikasi GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika

Wahyu Kurniawan, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Karya tulis ini ditulis dengan menggunakan metode studi literatur, yaitu dengan mengumpulkan data dan informasi dari berbagai sumber seperti buku, artikel jurnal, serta bahan referensi lainnya. dan media online yang relevan dengan topik pemanfaatan GeoGebra dalam pembelajaran matematika. Analisis dilakukan secara deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini adalah Systematic Literature Review atau biasa disingkat sebagai SLR. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Untuk menganalisis data, metode yang diterapkan adalah dengan mendengarkan dan mencatat informasi yang relevan.  . hasil penelitian ini adalah aplikasi Geogebra memiliki manfaat 1) meningkatkan pemahaman konsep secara lebih mudah dan interaktif 2) meningkatkan Motivasi Belajar 3) pembelajaran Inkuiri dan Eksploratif 4) meningkatkan Efisiensi Pengajaran 5) mendukung Pembelajaran Diferensiasi. kesimpulan di dalam penelitian ini adalah terdapat lima manfaat dari aplikasi Geogebra yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika.

Kata kunci— sofware matematika, pembelajaran matematika, aplikasi geogebra

 

Abstract— Hierdie skriftelike werk is geskryf met behulp van die literatuurstudie-metode, naamlik deur data en inligting van verskeie bronne soos boeke, tydskrifartikels en ander verwysingsmateriaal, sowel as aanlynmedia wat relevant is tot die onderwerp van die gebruik van GeoGebra in wiskunde-onderwys te versamel. Die analise is op 'n beskrywende kwalitatiewe basis gedoen. Die navorsingsmetode is 'n Sistematiese Literatuuroorsig of gewoonlik afgekort as SLR. Hierdie studie gebruik sekondêre data. Om die data te analiseer, is die metode wat toegepas word om te luister en relevante inligting aan te teken. Die resultate van hierdie navorsing toon dat die GeoGebra-toepassing die volgende voordele het: 1) verbeterde begrip van konsepte op 'n makliker en interaktiewe manier 2) verhoogde Leer Motivasie 3) Inkuiri- en Verkennende leer 4) verbeterde Onderwysdoeltreffendheid 5) ondersteuning van Differensiasie in onderrig. Die gevolgtrekking van hierdie navorsing is dat daar vyf voordele van die GeoGebra-toepassing is wat in wiskunde-onderrig toegepas kan word.

Keywords— math software, math learning, geogebra application


Keywords


math software, math learning, geogebra application

Full Text:

PDF

References


Nur, I. M. (2016). Pemanfaatan program geogebra dalam pembelajaran matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10-19. http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v5i1.236

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media pembelajaran online berbasis geogebra sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jurnal Prisma, 9(1), 108-117. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929.

Ain, N., & Kurniawati, M. (2012).Pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang, 3(2), 316–328. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jip.v3i2.373.

Desniarti., & Ramadhani. (2019). Pengaruh geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep pada mata kuliah geometri analitik bidang. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 4(1), 237-246. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v4i1.276.

Kustiawati, D. (2016). Pembelajaran geometri berbantuan software geogebra terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 113-120. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1237.

Muliani, P. L., Sumandya, I. W., & Purwati, N. K. R. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran geogebra terhadap minat dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(2), 330-339. https://doi.org/10.5281/zenodo.5637814.

Nazaruddin., Kartika, Y., & Novianti. (2020). Pengaruh pembelajaran master berbantuan software geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi geometri. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(1), 7-11. https://doi.org/10.51179/asimetris.v1i1.110.

Nurhayati, Meirista, E., & Suryani, D. R. (2019). Pengaruh penggunaan geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 74-82. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1174.

Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh pembelajaran berbantuan geogebra terhadap pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115-122. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.131.

Amalia, N. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan media software geogebra terhadap kemampuan penalaran kreatif matematis siswa. https://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.5972.

Septian, A. (2017). Penerapan geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa program studi pendidikan matematika universitas suryakancana. Jurnal Prisma, 6(2), 180-191. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.212.

Supriadi, N. (2015). Pembelajaran geometri berbasis geogebra sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99-109. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.20.

Astuti. (2017).Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91.

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1317.

Erwin Harahap. (2017)“Geometri Transformasi dengan GeoGebra”, Buku Ajar., Program Studi Matematika FMIPA Universitas Islam Bandung. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900.

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V8i2.454.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.