Analisis Psikologi Sastra dan Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Paya Nie Karya Ida Fitri
Keywords:
Psychology of literature, educational values, novel Paya Nie, Ida FitriAbstract
abstrak— Penelitian ini menganalisis psikologi sastra dan nilai-nilai pendidikan yg terkandung dalam novel Paya Niie karya Ida Fitri. fokus primer penelitian merupakan mengidentifikasi aspek-aspek psikologis tokoh-tokoh pada novel serta menelusuri nilai-nilai pendidikan yang dapat dipetik dari alur cerita dan karakterisasi. Pendekatan psikologi sastra dipergunakan buat memahami motivasi, perseteruan batin, dan perkembangan emosi tokoh, sementara pendekatan kualitatif deskriptif diaplikasikan buat menginterpretasi data naratif. yang akan terjadi penelitian memberikan bahwa novel Paya Niie kaya akan representasi kondisi psikologis insan yg kompleks, seperti usaha menghadapi syok, pencarian ciri-ciri, dan resolusi perseteruan internal. Selain itu, ditemukan beragam nilai pendidikan yg relevan, meliputi nilai moral, sosial, kemandirian, dan kearifan lokal, yang tersaji secara tersirat maupun eksplisit melalui interaksi antartokoh dan pengalaman hayati mereka. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam tentang korelasi antara karya sastra, psikologi manusia, serta potensi edukatifnya, khususnya dalam konteks budaya dan warga yg digambarkan dalam novel.
Kata kunci—Psikologi sastra,nilai pendidikan,novel paya nie,Ida Fitri
Abstract— This have a look at analyzes literary psychology and the academic values contained inside the novel Paya Niie by way of Ida Fitri. the main consciousness of the research is to pick out the psychological aspects of the characters within the novel and to explore the educational values that may be drawn from the storyline and characterizations. A literary psychology technique is used to recognize the characters’ motivations, inner conflicts, and emotional improvement, while a descriptive qualitative approach is applied to interpret narrative statistics. The consequences of the observe show that Paya Niie is rich in representations of complex human psychological situations, such as the war with trauma, the look for identification, and the resolution of internal conflicts. in addition, numerous applicable educational values are located, along with moral, social, independence, and local information values, provided each implicitly and explicitly via character interactions and lifestyles reports. Thisstudies contributes to a deeper knowledge of the connection between literature, human psychology, and its educational capacity, mainly within the cultural and societal context portrayed inside the novel.
Keywords— Psychology of literature, educational values, novel Paya Nie, Ida Fitri
References
Annisa, J., & Hajrah, H. (2025). Pemahaman mahasiswa bahasa dan sastra mengenai psikologi tokoh dalam novel Trauma Karya Boy Candra. Aksara, 37(1), 149-168. Retrived From: https://aksara.kemdikbud.go.id/index.php/aksara/article/view/4820.
Hasanudin, C., Wagiran, W., & Subyantoro, S. (2021). Evaluasi perkuliahan daring keterampilan menulis selama masa pandemi Covid-19 dengan model evaluasi CIPP. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 27-38. Retrived From: https://www.academia.edu/download/77219055/pdf.pdf.
Istanti, N., & Hadi, M. S. (2025). Pengembangan karakter tokoh dalam novel Senja di Balik Jendela Karya Asma Nadia dan implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 14(2). Retrived From: https://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm/article/view/13854.
Latupapua, F. E. Antara mama deng nona; Nyaman deng cinta: Dialog-dialog polifonis tentang perempuan dalam lirik lagu popular Maluku Kontemporer. Kantor Bahasa Provinsi Maluku, 165. Retrived From: https://files.osf.io/v1/resources/k3tjr/providers/osfstorage/603a613c035cf701dcc89b99?action=download&direct&version=1#page=185.
Nathaniela, A. O. D., & Israhayu, E. S. (2025). Konflik batin pada tokoh utama dalam novel lost in Ningxia karya Asma Nadia. Jurnal Pendidik Indonesia, 6(2), 75-87. Retrived From: https://jurnalpendidikindonesia.com/index.php/jpi/article/view/97.
Nur Fahra, E. (2022). Konflik tokoh utama dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan dan Kelayakannya sebagai bahan ajar sastra kelas XII SMA. Retrived From: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68310.
Sukirman, S. (2021). Karya sastra media pendidikan karakter bagi peserta didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17-27. Retrived From: https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/4.