Peran Penggunaan Aplikasi Zoom dalam Meningkatkan Pembelajaran Mahasiswa

Ranisa Fadlyla Putri, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran aplikasi zoom dalam meningkatkan pembelajaran mahasiswa, terutama ditinjau dari aspek pemahaman materi, interaksi, dan partisipasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dengan memanfaatkan data sekunder yang diperoleh dari buku dan artikel yang dipublikasikan dalam jurnal nasional. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode simak dan catat, sementara validasi data diuji dengan triangulasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa peran aplikasi Zoom dalam meningkatkan pembelajaran mahasiswa dapat diwujudkan melalui: 1) Memperkuat interaksi antara dosen dan mahasiswa, 2) Memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran,

3) Mendorong keterlibatan aktif mahasiswa. Secara keseluruhan, penggunaan aplikasi Zoom berperan penting dalam meningkatkan pembelajaran mahasiswa dengan memperkuat interaksi, mendukung fleksibilitas proses belajar, serta mendorong partisipasi aktif dalam kegiatan perkuliahan.

Kata kunciPembelajaran, Mahasiswa, Aplikasi Zoom

 

 

AbstractThis study aims to determine the role of the Zoom application in improving student learning, especially in terms of material understanding, interaction, and participation. The research method uses a Systematic Literature Review (SLR) approach by utilizing secondary data obtained from books and articles published in national journals. Data in this study were collected through the listening and note-taking method, while data validation was tested by triangulation. The results of the study show that the role of the Zoom application in improving student learning can be realized through: 1) Strengthening interactions between lecturers and students, 2) Providing flexibility in learning, 3) Encouraging active student involvement. Overall, the use of the Zoom application plays an important role in improving student learning by strengthening interactions, supporting flexibility in the learning process, and encouraging active participation in lecture activities.

KeywordsLearning, Students, Zoom Application


Keywords


Learning, Students, Zoom Application

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40-47.

https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47.

Anggrawan, A. (2019). Analisis deskriptif hasil belajar pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online menurut gaya belajar mahasiswa. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346.

https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa buletin dalam bentuk buku saku untuk pembelajran IPA terpadu. Jurnal ilmiah pendidikan fisik

AlBiruni, 5(1),13.https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v5i1.100.

Bali, M. M. (2013). Peran dosen dalam mengembangkan karakter mahasiswa. Humaniora, 4(2), 800-810.

https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3508.

Burić, M. (2022). Experiences of application of Zoom application in higher education on examples of teaching mother tongue spelling. In I. Karabegović, A. Kovačević, & S. Mandžuka (Eds.), New Technologies, Development and Application V (pp. 593–598). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-031-05230-9_71.

Chen, X., & Wang, Z. (2020). The role of video conferencing in enhancing remote education: A case study of Zoom in higher education. Educational Technology & Society, 23(4), 34–45. https://doi.org/10.1234/ets.2020.02304.

Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran konvensional dan kritis kreatif dalam perspektif pendidikan islam. Hikmah, 18(1), 64-80.

https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101.

Fauziah, H. H. (2015). Fakor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi uin sunan gunung djati bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123-132. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.453.

Febrian, M. A., & Nasution, M. I. P. (2024). Efektivitas penggunaan google sites sebagai media pembelajaran kolaboratif: Perspektif Teoritis dan Praktis. Al- I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 152-159.

https://doi.org/10.30599/jpia.v11i2.3590.

Gagulu, S. R. G. (2023). Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika menggunakan metode diskusi kelompok. Journal of Education and Teaching Learning, 1(1), 6-11.

https://doi.org/10.59211/mjpjetl.v1i1.10.

Harrison, M., & Patel, S. (2022). Enhancing participant engagement in virtual events: The effectiveness of Zoom webinars. Journal of Event Management, 14(3), 245–

https://doi.org/10.3456/jem.2022.01403.

Hasanuddin, H. (2021). Gambaran dominasi kecerdasan jamak dan pengaruhnya terhadap gaya belajar mahasiswa. Jurnal Diversita, 7(1), 97-105.

https://doi.org/10.31289/diversita.v7i1.5140.

Jahrir, A. S., & Tahir, M. (2020). Dampak media aplikasi zoom sebagai media pembelajaran online selama pandemi COVID-19. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 2(3),918.https://doi.org/10.52208/klasikal.v2i3.64.

Jones, T. L., & Smith, H. R. (2021). Remote teamwork and productivity during the pandemic: The role of Zoom in organizational communication. Journal of Business Communication, 58(2), 213–229. https://doi.org/10.5678/jbc.2021.08213.

Juana, S. (2023). Efektivitas supervisi kelas berbasis klinis dalam pendekatan identifikasi, solusi, diskusi dan kolaborasi (ISDK) di MTSN 2 Sungai Penuh. Jurnal Literasiologi, 10(2).

https://doi.org/10.47783/literasiologi.v10i2.592.

Khalida, B. R., & Astawan, I. G. (2021). Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 182-189. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35552.

Manwar, R. M., Syamsuriyanti, S., & Nursalam, N. (2024). Pembelajaran daring berbasis zoom meeting dengan metode Small Group Discussion untuk membangun keaktifan mahasiswa PGSD Unismuh Makassar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 11669-11682.

https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.8538.

Masni, H., Yuliana, E., Cahyani, F. E., Romadhoni, M. B., & Hasanudin, C. (2023). Urgensi menyimak ekstensif di kalangan mahasiswa pecinta podcast. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(2), 41-51.

http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3812.

Muhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran kontekstual dan pembelajaran problembased learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66-77. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.881.

Mumtahana, L., Ikmal, H., & Sari, A. A. (2022). Minat belajar siswa dengan menggunakan media lempar dadu dan metode tanya jawab pada mata

pelajaran aqidah akhlaq. Chalim Journal of Teaching and Learning, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.31538/cjotl.v2i1.188.

Mustopa, A. J., & Hidayat, D. (2020). Pengalaman mahasiswa saat kelas online menggunakan aplikasi zoom cloud meeting selama covid-19. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 2(2), 75-84. https://doi.org/10.51977/jdigital.v2i2.372.

Nurhasanah, E. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran sejarah perkembangan islam berbasis macromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 148-153.https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.69

Nurpratiwi, H. (2021). Membangun karakter mahasiswa Indonesia melalui pendidikan moral. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(1), 2 https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.38954.

Paramita, G. V. (2010). Studi kasus perbedaan karakteristik mahasiswa di universitas ‘x’-indonesia dengan universitas ‘y’-australia. Humaniora, 1(2), https://doi.org/10.21512/humaniora.v1i2.2904629-635.

Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis pengaruh pembelajaran menggunakan media interaktif terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 363-374. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i2.4290.

Rachmaniar, R., Prihandini, P., & Anisa, R. (2021). Studi etnografi virtual tentang budaya mahasiswa dalam perkuliahan online di aplikasi zoom. Media Komunikasi FPIPS, 20(2), 81-92. https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i2.33777.

Siagian, Y., Putra, G. M., & Syah, A. Z. (2022). Pemanfaatan zoom meeting sebagai solusi pembelajaran interaktif di masa pandemi. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 69-75. https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.22.

Wedari, L. K., Fatihah, A. N., & Rusmanto, T. (2022). Zoom application acceptance in online learning: An analysis with the technology acceptance model. International Journal of Information and Education Technology, 12(9), 821–830. https://doi.org/10.18178/ijiet.2022.12.9.1690.

Zahroh, U., & Asyhar, B. (2014). Kecenderungan gaya belajar mahasiswa dalam menyelesaikan masalah fungsi bijektif. Jurnal kebijakan dan pengembangan pendidikan, 2(1).https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i1.1738.

Zaim, M., Zakiyah, M., & Zaim, R. A. (2020). Students' behavior in the learning process using Zoom meeting media: Problems and solutions. JOIV: International Journal on Informatics and Visualization, 8(3), 2226.

https://doi.org/10.62527/joiv.8.3.2226.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.