Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Puisi dengan Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas X SMA Islam Wasilatul Huda Tahun Ajaran 2024/2025: Studi Pustaka
Abstract
abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan informasi terkini, mengevaluasi, dan merangkum metode analisis yang paling efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa Sekolah Menengah Atas, khususnya melalui penerapan model Cooperative Learning. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi pustaka. Proses penelitian meliputi tahap pengumpulan, pengelompokan, analisis artikel, hingga penarikan kesimpulan. Data diperoleh dari artikel-artikel yang dipublikasikan dalam kurun waktu lima tahun terakhir (2020–2024). Hasil penelitian menunjukkan terdapat 10 artikel yang dianalisis, dengan sebaran publikasi tiap tahunnya yaitu: 2 artikel (2020), 1 artikel (2021), 2 artikel (2022), 2 artikel (2023), dan 3 artikel (2024). Keseluruhan artikel tersebut menunjukkan keberhasilan dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui dua siklus pembelajaran. Subjek utama dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas X SMA. Sebagian besar artikel juga memanfaatkan instrumen evaluasi berupa tes dan nontes. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk mempertimbangkan berbagai aspek seperti model pembelajaran, strategi penyampaian materi, serta kemampuan awal yang dimiliki oleh siswa.
Kata kunci— menulis, teks puisi, penelitian tindakan kelas, Cooperative Learning
Abstract— This study aims to present the latest information, evaluate, and summarize the most effective analysis methods in improving poetry writing skills in senior high school students, especially through the application of the Cooperative Learning model. The approach used is qualitative with a literature study method. The research process includes the stages of collecting, categorizing, analyzing articles, and drawing conclusions. Data were obtained from articles published in the last five years (2020-2024). The results showed that there were 10 articles analyzed, with the distribution of publications each year, namely: 2 articles (2020), 1 article (2021), 2 articles (2022), 2 articles (2023), and 3 articles (2024). All of these articles show success in improving poetry writing skills through two learning cycles. The main subjects in this Classroom Action Research (PTK) are grade X high school students. Most of the articles also utilize evaluation instruments in the form of tests and non-tests. Therefore, it is important for educators to consider various aspects such as learning models, material delivery strategies, and students' initial abilities.
Keywords— writing, poetry text, classroom action research, Cooperative LearningKeywords
Full Text:
PDFReferences
Ahyar, D. B., Prihastari, E. B., Setyaningsih, R., Rispatiningsih, D. M., Zanthy, L. S., Fauzi, M., & Kurniasari, E. (2021). Model-model pembelajaran. Pradina Pustaka.
Nada, A. Q. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif STAD pada keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Islamiyah Ciputat tahun pelajaran 2022/2023 (Skripsi, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Arimurti, S. (2024). Peningkatan keaktifan belajar menulis teks deskriptif melalui model Cooperative Learning tipe Snowball Throwing bagi siswa MTs Negeri 8 Kebumen. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 9(1), 17–30. https://doi.org/10.33752/discovery.v9i1.5811.
Djaha, S. M., & Ahmad, A. (2022). Upaya peningkatan kemampuan membaca puisi dengan metode Cooperative Script pada peserta didik kelas XII SMA Muhammadiyah Kupang. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 10(1), 232–242.
Fadhilatin, S. N., Priyadi, A. T., & Madeten, S. S. (2023). Penerapan model pembelajaran Cooperative Script untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X. Journal on Teacher Education, 4(4), 45–54.
Husain, R. (2020). Penerapan model kolaboratif dalam pembelajaran di sekolah dasar. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.
Azizah, N. (2021). Peningkatan kemampuan menulis narasi melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada peserta didik kelas V SDN Walatana Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi (Skripsi, FTIK UIN Datokarama Palu).
Ramadani, R. C. (2020). Meningkatkan kemampuan membaca puisi melalui metode demonstrasi kelas VIII D SMP Negeri 4 Tapung Hilir. Journal of Education and Teaching, 1(1), 59–73. http://dx.doi.org/10.24014/jete.v1i1.9286.
Salsabila, H., & Hindun, H. (2024). Penerapan metode pengajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap model pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris, 4(1), 19–29. https://doi.org/10.55606/jupensi.v4i1.3059.
Setyowati, L., Widiyarto, S., Ati, A. P., Manurung, L., Sandiar, L., & Suyana, N. (2023). Efektivitas metode Cooperative Learning pada hasil belajar Bahasa Indonesia materi puisi siswa kelas X SMA Al-Ikhlas Kota Bekasi. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 5(2), 144–149.
Subahan, A., Dista, D. X., & Witarsa, R. (2021). Kajian literatur tentang kebijakan pendidikan dasar di masa pandemi dan dampaknya terhadap pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1662.
Ulum, U. A. (2020). Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menulis teks berita dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Round Table pada siswa kelas VIII MTs Faidhul ‘Allam Bani Hamim Kabupaten Pandeglang. E-Jurnal Pendidikan Mutiara, 5(1), 73–85.
Wati, L., & Sudarmaji, S. (2022). Peningkatan kemampuan menulis teks puisi menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning pada siswa kelas XI SMK Trisakti Jaya Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 1–14.
Wicaksono, H., & Tabrani, A. (2020). Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan model pembelajaran Telisik (Tentukan, Analisis, Tampilkan). Attractive: Innovative Education Journal, 2(2), 116–124. https://doi.org/10.51278/aj.v2i2.54.
Yanti, L., & Yusta, N. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Samalantan. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 1(1), 25–28.
Zein, I. A., Kaswadi, K., & Sholihah, I. (2024). Penerapan model pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada kelas X. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 3(1), 119–127. https://doi.org/10.55606/protasis.v3i1.145.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.