Analisis Kalimat Deklaratif dan Interogatif dalam Podcast Deddy Corbuzier Episode “Ngakak Covid”
Abstract
abstrak—Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji pemakaian kalimat deklaratif dan interogatif dalam podcast Deddy Corbuzier episode “Ngakak Covid”. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa simak, libat, dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kalimat deklaratif digunakan untuk menyampaikan informasi, fakta, dan opini secara lugas, sedangkan kalimat interogatif digunakan untuk menggali informasi, mengonfirmasi, atau membangun interaksi komunikatif dengan lawan bicara. Penelitian ini menegaskan pentingnya pemahaman struktur sintaksis dalam komunikasi publik agar pesan dapat tersampaikan secara efektif dan mudah dipahami.
Kata kunci— deklaratif, interogatif, podcast
Abstract— This study aims to examine the use of declarative and interrogative sentences in the “Ngakak Covid” podcast hosted by Deddy Corbuzier and Dr. Tirta. The method used is descriptive qualitative with data collection techniques in the form of listening, engaging, and recording. The results show that declarative sentences are used to convey information, facts, and opinions straightforwardly, while interrogative sentences are used to dig up information, confirm, or build communicative interactions with interlocutors. This research emphasizes the importance of understanding syntactic structures in public communication so that messages can be conveyed effectively and easily understood.
Keywords— declarative, interrogative, podcast
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi., Hasan. (1993). Tata bahasa baku bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Astuti, S. P. (2016). Apa dan mana dalam kalimat deklaratif. Humanika, 23(1), 14-19. https://doi.org/10.14710/humanika.23.1.14-19.
Atika, N. O. (2022). Pemerolehan kosakata bahasa Indonesia pada anak usia 3-5 tahun di Paud Tunas Harapan Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang (Kajian Psikolinguistik) (Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK). https://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1332/.
Azmi, A. A. (2012). Fungsi ujaran direktif pada novel The Ballad of Lucy Whipple karya Karen Cushman: Kajian Sosiolinguistik (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama). https://repository.widyatama.ac.id/handle/123456789/3944.
Djaali., (2021). Metodologi penelitian kuantitatif. Rawamangun: PT Bumi Aksara.
Fahonah, A. N. N., Maharani, A., Putri, N., Afifah, H., Utomo, A. P. Y., & Setiyawan, D. (2023). Analisis penggunaan jenis kalimat dilihat dari bentuk sintaksis pada teks negosiasi dalam buku ajar bahasa Indonesia kelas X SMA kurikulum merdeka. Student Research Journal, 1(2), 342-356. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i2.358.
Julianti, S. (2021). Implikatur percakapan pada acara podcast di kanal youtube Deddy Corbuzier: Tinjauan Pragmatik (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin). http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5925.
Kurniati, Y., Serapina., Judijanto, L., (2024). Tata kalimat bahasa Indonesia: Panduan Menggunakan Kalimat yang Baik dan Benar. Yogyakarta: PT Green Pustaka Indonesia.
Kushartanti, B., Yuwono, U., Lauder, M., (2024). Pesona Bahasa Edisi Kedua: Langkah awal untuk memahami linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Manshur, ali, & Nisa, L. A. (2022). Analisis sintaksis kalimat deklaratif dan kalimat interogatif dalam film Incredible Love tahun 2021. Jurnal peneroka: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 48–66. https://doi.org/10.30739/peneroka.v2i1.1365.
Manurung, R. T., (2024). Bahasa dan tata tulis ilmiah. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Mayeni, R., Agustina, R., (2024). Bahasa indonesia perguruan tinggi. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi). Remaja Rosdakarya.
Rahman, T. (2017). Teks dalam kajian struktur dan kebahasaan. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Rama, A. R. (2024). Analisis variasi kalimat dan penggunaan teknik komunikasi persuasif dalam novel “Pernah Tenggelam” karya Fuadh Naim (Doctoral dissertation, Universitas Malikussaleh). https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/3700/.
Saepuloh, M. F., Nurwahidah, L. S., & Kartini, A. (2021). Media pembelajaran podcast untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Bahasa Daerah, 10(02), 107-116. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=.
Sudaryanto. (2015). Metode dan aneka teknik analisis bahasa: Pengantar penelitian wahana kebudayaan secara linguistis. Sanata Dharma University Press.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syaitiawan, D., Sari, S., & Endang, A. (2023). Podcasts as a communication media in increasing knowledge of the millennial generation. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 3(1), 63-68. https://doi.org/10.53697/iso.v3i1.1152.
Tribawa, A., Ngurah, G. Declarative and interrogative sentences in the film “American Sniper”. Humanis, [S.l.], v. 22, n. 4, p. 950-955, nov. 2018. ISSN 2302-920X. https://doi.org/10.37671/sb.v3i2.63.
Wahyuti, T., (2023). Produksi konten digital. Depok: PT Rekacipta Proxy Media
Wijaya, D. (2021). Tuturan deklaratif dan interogatif bahasa Indonesia oleh mahasiswa BIPA Universitas Indonesia (Kajian Prosodi dengan Pendekatan Fonetik Eksperimental). https://scholar./MULTILINGUAL/article/download/181/186.
Wulandari, F. E. (2022). Pengaruh media podcast sains sahabat di era pandemi sebagai teman belajar IPA SMP terhadap hasil belajar pasca covid: The impact of “Sains Sahabat Podcast” as science study partner to the result of Covid pasca pandemic. PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), 793-799. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_.
Yanita, S. R., & Sekarwati, S. H. (2015). Kontras intonasi kalimat deklaratif dan interogatif dalam bahasa Bima. Sirok Bastra, 3(2), 151-156. https://doi.org/10.37671/sb.v3i2.63.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.