Analisis Penyusunan Kalimat Sederhana dan Luas pada Cerpen Hujan di Sudut Dangau Karya Mega Anindyawati

Natasya Erdina Zilla, Rindu Ajeng Pramesti, Risna Wati, Henik Fidyawati, Wachid Nurrudin, Muhamad Sholehhudin

Abstract


abstrak— Penelitian ini menganalisis struktur kalimat sederhana dan luas dalam cerpen "Hujan di Sudut Dangau" karya Mega Anindyawati. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana kalimat sederhana dan luas digunakan dalam membangun cerita dan mengungkapkan konflik batin tokoh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data simak, catat, dan libat, serta teknik analisis data pada penelitan ini menggunakan konten analisis isi dari Milles dan Huberman. Hasil dalam penelitian analisis penyusunan kalimat sederhana dan luas pada cerpen Hujan di Sudut Dangau karya Mega Anindyawati ditemukan dua jenis kalimat berdasarkan struktur sintaksisnya, yaitu kalimat sederhana dan kalimat luas. Kalimat sederhana ditandai dengan struktur tunggal yang hanya terdiri dari satu pola dasar seperti subjek-predikat (S-P), atau subjek-predikat-objek-keterangan (S-P-O-K), tanpa adanya anak kalimat atau klausa tambahan. Sementara itu, kalimat luas memiliki struktur yang lebih kompleks karena terdiri atas induk kalimat dan satu atau lebih anak kalimat.

Kata kunci—cerpen, kalimat sederhana, kalimat luas

 

 

Abstract— This research analyses the structure of simple and broad sentences in the short story ‘Hujan di sudut Dangau’ by Mega Anindyawati. This research aims to find out how simple and broad sentences are used in building stories and revealing the characters' inner conflicts. The research method used is a qualitative method with data collection techniques of listening, noting, and engaging, and the data analysis technique in this research uses content analysis content from Milles and Huberman. The results in the study analysed the preparation of simple and broad sentences in the short story Rain at the Corner of Dangau by Mega Anindyawati and found two types of sentences based on their syntactic structure, namely simple sentences and broad sentences. Simple sentences are characterised by a single structure consisting of only one basic pattern such as subject-predicate (S-P), or subject-predicate-object-description (S-P-O-K), without any additional clauses or subordinate clauses. Meanwhile, a broad sentence has a more complex structure as it consists of a parent sentence and one or more subordinate clauses.

Keywords— short stories, simple sentences, extended sentences

Keywords


short stories, simple sentences, extended sentences

Full Text:

PDF

References


Amelia, A., Intiana, S. R. H., & Indraswati, D. (2024). Keefektifan media big book pada kemampuan membaca kalimat sederhana siswa kelas II SDN 37 Ampenan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 3 045-3056. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12677

Arifin, Z., Santosa, S., & Soeleman, M. A. (2017). Klasterisasi genre cerpen kompas menggunakan Agglomerative Hierarchical Clustering-Single Linkage. Jurnal Cyberku, 13(2), 2-2. http://research.pps.dinus.ac.id.

Aviani, N. S., Sutisnawati, A., Nurmeta, I. K., Surtini, A., & Novianti, S. (2022). Upaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui cerita pendek Wayang Sukuraga. Jurnal Basicedu, 6(5), 8641-8651. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3873.

Dewi, S. (2022). Superlengkap Ringkasan Materi 7 in 1 SD/MI Kelas 4, 5, 6. Jakarta: B Media.

Diana, A. (2016). Analisis konflik batin tokoh utama dalam novel Wanita di Lautan Sunyi karya Nurul Asmayani. Jurnal Pesona, 2(1). https://core.ac.uk/download/pdf/229584073.

Diran, Z. (2023). Bermula dari ide, berakhir pada tulisan. Indramayu: CV Adanu Abimata.

Dwiningsih, E. (2008). kemampuan menulis paragraf naratif dengan menggunakan gambar berseri pada siswa kelas VI SD Gulung 1 Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/126.

Fajriah, T. N., Rakhmat, C., & Indihadi, D. (2014). Pengaruh penerapan metode task-based learning dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 62-69. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.vli2.4930.

Gunawan, A. P. (2016). Kamus Super Lengkap EYD. Yogyakarta: Laksana.

Hadian, L. H., Hadad, S. M., & Marlina, I. (2018). Penggunaan media big book untuk meningkatkan keterampilan membaca kalimat sederhana. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212-242. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73.

Hasim, E., & Saleh, M. (2022). Menulis kalimat sederhana melalui impelemntasi model snowball throwing pada siswa kelas II SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 785-794. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.785-794.2022.

Huda, S. (2022). Implementasi MBKM di Perguruan Tinggi. Sukabumi: CV Jejak.

Jenis, D. (2012). Kalimat dalam bahasa Indonesia: Pengertian, Unsur. Panitia pembinaan keterampilan berbahasa dan bersastra Indonesia, Yogyakarta: Badan pengembangan dan pembinaan bahasa, Balai Bahasa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kerti I. W. 2020. Mengenali dan menuliskan ide menjadi cerpen. Surya Dewata.

Khusnika, R. M. V., & Suparwa, I. N. (2021). Ketidakefektifan kalimat dalam surat pembaca bali post periode januari-agustus 2020. Humanis, 25(3), 367.https://doi.org/10.24843/JH.2021.v25.i03.p14

Lestari, R. (2006). Ringkasan dan pembahasan soal bahasa Indonesia SMP. Jakarta: Puspa Swara.

Linawati, A., Fitonis, T. V., & Utomo, A. P. Y. (2022). Analisis kalimat berdasarkan tata bahasa struktural dalam cerita pendek berjudul Robohnya Surau Kami karya AA Navis: Sentence Analysis Based on Structural Grammar in a Short Story entitled The Collapse of Our Surau by AA Navis. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(1), 138-152. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i1.119.

Mahajani, T., Suhendra., Ekowati, A., Talita, S., Hilal, R. (2021). Sintaksis Bahasa Indonesia. Bogor: CV Lindan Bestari.

Mantiri, G. J., & Iwong, H. C. (2023). Ciri dan pola kalimat simpleks bahasa Yewena di Distrik Depapre Kabupaten Jayapura Papua. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 12(2), 275-286. https://doi.org /10.26499/rnh.v12i2.3928

Mirwan, M. (2020). Penguasaan Kata Sandang bahasa Jerman Siswa SMA Negeri 3 Sinjai dalam menyusun kalimat sederhana (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Muslimah, A. (2024). Peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana dengan metode concept sentence berbantuan media permainan tradisional ulgara saka rangka (Ular Tangga Aksara Sambung Kata Rangkai Kalimat) pada siswa kelas Ii Sdit Harapan Ummat Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2023/2024 (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Madiun).https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=ciri+ciri+kalimat+sederhana+&btnG=#d=gs_qabs&t=1746448456547&u=%23p%3D2sK2HX2LmjwJ

Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.126.

Noprina. W · 2023. Mudah menulis cerita pendek. Thalibul Ilmi Publishing & Education.

Noviyanti, D., Karim, A. A., Nurfadilah, A., Munawaroh, S., Aghnia, S. F., & Yuliani, Y. (2020). Meningkatan daya pemahaman melalui media cerita pendek siswa kelas VIII SMP Alam Karawang. Proceedings Universitas Pamulang, 1(2), 249-253. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+cerpen&btnG=#d=gs_qabs&t=1745388307617&u=%23p%3D3tmPwcKxAOAJ.

Nuraeni, I. (2017). Analisis amanat dan penokohan cerita pendek pada buku’’Anak Berhati Surga” Karya MH. Putra sebagai upaya pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia & Bahasa Daerah STKIP, 6(2), 43.https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:K1oAZMYeoKcJ:scholar.google.com/+pengertian+cerpen&hl=id&as_sdt=0,5.

Nuroh, E. Z. (2011). Analisis stilistika dalam cerpen. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 21-34. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.30.

Pratiwi, D. R., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Saifudin, M. F. (2021). Menggali nilai karakter dalam ungkapan hikmah di sekolah dasar se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 241-255. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4795

Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada topik penyajian data di pondok pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207-222. https://karya.brin.go.id/id/eprint/16080/1/Jurnal_Ai%20Purnamasari_Institut%20Pendidikan%20Indonesia%20Garut_2021.pdf.

Putri, A. P., Rahhayu, R. S., Suswandari, M., & Ningsih, P. A. R. (2021). Strategi pembelajaran melalui daring dan luring selama pandemi covid-19 di SD Negeri Sugihan 03 Bendosari. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1-8.https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.728

Salamah, S. (2024). Kalimat aktif dalam bahasa Adang di desa Lewalu Kecamatan Alor Barat Laut Kabupaten Alor. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1. JPM), 12-12. https://doi.org/10.12220/73xbv285

Sari, J. N., & Wahyudi, A. B. (2015). Frase keterangan waktu dalam kumpulan cerpen mata yang enak dipandang Karya Ahmad Tohari: Kajian Sintaksis (Doctoral dissertation, Universitas MuhammadiyahSurakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33140

Setyaningsih, Y. (2021). Menulis cerita pendek dengan model pembelajaran “CANTIK” bagi siswa SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 30(3), 529-534. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1945.

SIMAMORA, C. M. B. (2020). Analisis kemampuan siswa dalam menentukan subjek, predikat, cbjek, keterangan (Spok) pada kalimat pernyataan di kelas Vi Sd Negeri 108306 Tanjunggarbus Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality). http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/974

Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 158-165. http://repo.iaintulungagung.ac.id/7300/10/Bab10_Penelitian%20Kualitatif_3.pdf

Suni, E. K., & Ridwan, W. (2018). Analisis Dan perancangan data warehouse untuk mendukung keputusan redaksi televisi menggunakan metode Nine-Step Kimball. J. Tek. Inform, 11(2), 197-206. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php.

Sutami, D. P. H. (2020). Pendefinisian objek dan pelengkap dalam kamus besar bahasa indonesia sebagai penunjang literasi. Linguistik Indonesia, 179. https://doi.org/10.26499/li.v38i2.157

Tarsinih, E. (2018). Kajian terhadap nilai-nilai sosial dalam kumpulan cerpen “Rumah Malam di Mata Ibu” Karya Alex R. Nainggolan sebagai alternatif bahan ajar. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 70-81. https://doi.org/10.31943/bi.v3i2.18.

Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, C. (2022). Pemertahanan dialek Semarang di perantauan kajian Sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11393-11402.https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4253

Wardani, R. A. K. (2018). Kompleksitas kalimat dalam novel the secret of detya 2: Back to the secret karya kinta. Bapala, 5(1), 1-14.

Wardani. (2020). Sosiologi Al-qur'an. Yogyakarta: ZAHIR PUBLISHING.

Yusanto, Y. (2020). Ragam pendekatan penelitian kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1).http://dx.doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764

Yusni. (2023). Penguasaan kosa kata dan struktur kalimat bahasa Indonesia. Sumatera Barat: CV


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.