Peran Permainan Bola Bekel untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Wika Ayu Nurhidayah IKIP PGRI Bojonegoro
  • Cahyo Hasanudin IKIP PGRI Bojonegoro

Keywords:

marbles, counting skills, elementary school

Abstract

Abstrak—Permainan bola bekel adalah permainan yang dimainkan dengan menggunakan bola karet kecil yang bisa memantul jika dilemparkan dan beberapa biji-bijian (bisa biji buah, bijih timah, atau biji kwuk) jumlah biji yang digunakan disepakati oleh pemain, seringkali dalam kelipatan enam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran permainan bola bekel untuk meningkatkan keterampilan berhitung pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini memakai pendekatan Systematic Literature Review (SLR).  Data penelitian ini berbentuk data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa permainan bola bekel memiliki peran 1) peran dalam perkembangan motorik, 2) peran dalam perkembangan kognitif, 3) peran dalam perkembangan sosial-emosional, 4) peran dalam pelestarian budaya, 5) peran dalam pengembangan karakter dan nilai moral. Kelima peran ini dapat meningkatkan kemampuan keterampilan berhitung pada siswa sekolah dasar.

Kata kunci—bola bekel, keterampilan berhitung, sekolah dasar

 

Abstract—The game of bola bekel is a game played using a small rubber ball that can bounce when thrown and some seeds (can be fruit seeds, tin ore, or kwuk seeds) the number of seeds used is agreed upon by the player, often in multiples of six. The purpose of this study was to determine the role of the bola bekel game in improving arithmetic skills in elementary school students. This study uses the Systematic Literature Review (SLR) approach. The data for this study is in the form of secondary data. The data collection technique uses the observe and record method. The data validation technique uses the triangulation technique. The conclusion of this study is that the bola bekel game has a role 1) a role in motor development, 2) a role in cognitive development, 3) a role in social-emotional development, 4) a role in preserving culture, 5) a role in developing character and moral values. These five roles can improve arithmetic skills in elementary school students.

Keywords— marbles, counting skills, elementary school

References

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295-5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918.

Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Emasains, 9(1), 1-8.

Fauziah, I. (2021). Desain Pembelajaran Pendidikan Dasar Berbasis Perkembangan Intelektual. PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 1-18. https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.113.

Huliatunisa, Y. (2022). Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. CV Jejak (Jejak Publisher).

Khan, R. I., & Yuliani, N. (2016). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan bowling kaleng. Jurnal Universum, 10(1), 65-71.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Lily, N. M., Khotimah, N., & Maarang, M. (2023). Efektivitas permainan tradisonal congklak terhadap kemampuan berhitung anak usia dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 296-308.

Marselani, D. (2019). Kemampuan berhitung anak melalui media kartu angka. Aṭfālunā Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 63-66. DOIhttps://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i2.1249

Samio, S. (2018). Aspek–Aspek Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik. BEST Journal, 1(2), 36-43.

Suherman, H., & Adiputra, D. K. (2025). Manajemen pembelajaran pada sekolah dasar dan pendidikan nonformal. Goresan Pena.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran matematika dengan menggunakan media berhitung di sekolah dasar dalam meningkatkan pemahaman siswa. Edisi, 2(3), 435-448.

Downloads

Published

2025-07-05

Issue

Section

Articles