Penggunaan Game Puzzle Huruf terhadap Kemampuan Problem Solving

Fernanda Kurniawati, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Penelitian ini untuk mengetahui Penggunaan game puzzle huruf terhadap kemampuan siswa sekolah dasar, untuk membantu siswa sekolah dasar mengenal huruf, melatih membaca, serta meningkatkan konsentrasi dan minat belajar secara menyenangkan. Metode penelitian menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diambil dari buku dan jurnal yang terbit secara nasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dan catat, sedangkan teknik validasi data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan game puzzle huruf terhadap kemampuan siswa sekolah dasar dapat melalui: 1) Meningkatkan kemampuan membaca dan menulis, 2) Melatih daya ingat dan konsentrasi, 3) Meningkatkan minat belajar. Secara keseluruhan penggunaan game puzzle huruf terhadap kemampuan siswa sekolah dasar berperan penting bagi siswa.

Kata kunci — Game Puzzle Huruf, Problem Solving, Siswa Sekolah Dasar

 

 

Abstract-- This study aims to determine the use of letter puzzle games on the abilities of elementary school students, to help elementary school students recognize letters, practice reading, and increase concentration and interest in learning in a fun way. The research method uses the Systematic Literature Review (SLR) approach. The data used are secondary data taken from books and journals published nationally. The data collection technique is carried out using the listening and recording method, while the data validation technique uses data triangulation. The results of the study indicate that the use of letter puzzle games on the abilities of elementary school students can be through: 1) Improving reading and writing skills, 2) Training memory and concentration, 3) Increasing interest in learning. Overall, the use of letter puzzle games on the abilities of elementary school students plays an important role for students.

Keywords — Letter Puzzle Game, Problem Solving, Elementary School Students


Keywords


Letter Puzzle Game, Problem Solving, Elementary School Students

Full Text:

PDF PDF

References


Aini, A., & Alfan Hadi. (2023). Peran guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(2), 208-224. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v2i2.104

Asmana, A. T. (2021). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMK dalam pembelajaran discovery learning berdasarkan gaya belajar siswa. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 25-33. https://doi.org/10.51836/je.v7i2.241

Astuti, W.P. (2018). Efektivitas model pembelajaran problem based learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas 4. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15349

Azizah, N., & Haroh, M. (2023). Pengaruh model pembelajaran pemecahan masalah dengan puzzle terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. Al Athfal Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 6(2), 1-15. https://doi.org/10.52484/al athfal.v6i2.365

Dewi, R. K., & Wardani, K. W. (2020). Pengaruh model pembelajaran picture and picture ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1066-1073. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.511

Deviana, D., Ahmad, R., & Mauizatul, H. (2025). Penggunaan puzzle huruf untuk menumbuhkan minat baca peserta didik di kelas I MIS Darul Falah Sungai Nyirih Kecamatan Jawai tahun pelajaran 2023-2024. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 5(2), 451-463. https://jipkl.com/index.php/JIPKL/article/view/247

Diharjo, W. (2020). Game edukasi bahasa indonesia menggunakan metode fisher yates shuffle pada genre puzzle game. Integer: Journal of Information Technology, 5(2). https://doi.org/10.31284/j.integer.2020.v5i2.117

Dini, O., & Widi, W. (2021). Puzzle alphabet tokoh Punakawan sebagai pengembangan mengenal huruf pada anak usia dini. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 428-435. https://doi.org/10.29407/8fvfc953

Harahap, M. (2024). Penggunaan permainan puzzle huruf hijaiyah dalam pengembangan kecerdasan anak usia 7-8 tahun. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(2), 300-308. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jitk/article/view/977

Jayanti, T., & Maulindar, J. (2023). Optimalisasi game penunjang pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca anak di Bimbingan Belajar Puspita Smart Center berbasis android. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 7(2), 360-372. https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i2.1087

Kartini, 1.A.K.P.. (2023). Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema kegemaranku. Journal of Education Action Research, 7(3), 303-309. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.67292

Listryanto, D. P., & Widiyono, A. (2023). Implementasi Media Puzzle Kata pada Kurikulum Merdeka untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas 1 di Sekolah Dasar. Basica. 3(1), 65-80. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3675

Maulia, S. (2023). Peran komunikasi efektif guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar (SD). Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1). https://doi.org/10.33654/pgsd.v5i1.2310

Muloke, L. C., Ismanto, A. Y., & Bataha, Y. (2017). Pengaruh alat permainan edukatif (puzzle) terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di Desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Jurnal Keperawatan, 5(1). https://doi.org/10.35790/jkp.v5i1.14718

Nisa, N. I., Musa, S., & Sutarjo, S. (2024). Penggunaan media pembelajaran puzzle dalam mengembangkan kognitif anak usia 4-5 tahun. Jendela PLS, 9(1), 33-42, https://doi.org/10.37058/jpls.v9i1.8001

Nurul, K. & Yayang, F.F. (2023). Peran manajemen pengelolaan kelas terhadap minat beajar matematika siswa Sekolah Dasar. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 01-12. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.950

Prasetyo, K. (2016). Penerapan pendekatan bermain untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Cendekiawan: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 196-205. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.13.p196-205

Priyani, N. E. (2022). Pengembangan literasi numerasi berbantuan aplikasi etnomatematik puzzle game pada pembelajaran matematika di sekolah perbatasan. Jumal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 267-280. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.536

Putri, A.S.H., & Purnomo, H. (2023). Penggunaan media puzzle huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik tingkat 1 Sekolah Dasar. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 6(1), 14-22. Retrieved from https://ejournal.undar.or.id/index.php/Thalaba/article/view/90

Putri, M.A, & Simbolon, P.A. (2022). Model pembelajaran problem solving dan korelasinya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Evaluation in Education (JEE), 3(3), 87-91. https://doi.org/10.37251/jee.v3i3.263

Rokhani, S. (2021). Meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode pemecahan masalah. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(2), 45-50. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v1612.2776

Ruskandi, K., & Hendra, H. (2016). Penerapan metode pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 10(2), 66-73. https://doi.org/10.17509/md.v10i2.3184

Sari, S., & Harisman, Y. (2022). Kerangka kerja Optimalisasi Pemecahan Masalah (OPS): potensi manfaat dan kekurangannya dalam pembelajaran matematika. Euclid, 9(2), 82-89. https://doi.org/10.33603/e.v912.8435

Saryono, S. (2024). Pendidikan kewarganegaraan di era digitalisasi 5.0: membentuk karakter siswa di Sekolah Dasar. Pendidik, 2(2), 16-21. https://doi.org/10.69914/educatus.v2i2.13

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya memahami karakteristik siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7-17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Sutarmi, K., & Suarjana, I.M. (2017). Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode pemecahan masalah dalam pembelajaran. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 75-82. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10141

Tholib, U., & Rugaiyah, R. (2022). Penerapan model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(23), 702-711. https://doi.org/10.5281/zenodo.7451714

Tri, Rahayu. (2019). Karakteristik siswa Sekolah Dasar dan implikasinya terhadap pembelajaran. Misbahul Ulum (Jurnal Institusi), 1(2), 109-121. https://doi.org/10.70688/misbahululum.v1i02 Desember.7

Widodo, S., & Wardani, R. (2020, 30 September). Mengajarkan keterampilan abad 21 4C (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreativitas dan inovasi) di Sekolah Dasar. Pemodelan: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), https://doi.org/https://doi.org/10.69896/modeling.v712.665 185-197

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120-1129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.896


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.