Peran Permainan Gobak Sodor dalam Membangun Kerja Sama Tim pada Generasi Z

Indah Wiji Lestari, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Permainan Gobak Sodor merupakan permainan tradisional yang memadukan unsur fisik dan strategi, serta kerap dimainkan dalam suasana santai namun tetap kompetitif. tujuan dari riset ini penting akan meluaskan belajar kepada siswa- siswi menjalani metode inovatif dan interaktif. Metode didalam penelitian ini menggunakan metode SLR dengan data sekunder berupa kata, frasa, atau klausa dari jurnal dan buku nasional. Data dikumpulkan dengan teknik simak dan catat, serta divalidasi menggunakan triangulasi teori.. Hasil penelitian bahwa terdapat 1.) Melatih komunikasi Efektif, 2,) Menumbuhkan Kreativitas dalam Penyelesaian Masalah 3.) Menumbuhkan rasa Tanggung Jawab Bersama, 4.) Mengembangkan strategi Bersama, dan  5) Mengajarkan nilai toleransi. Simpulan dalam penelitian ini menyatakan bahwa permainan Gobak Sodor memiliki lima peran penting dalam membentuk kerja sama tim pada Generasi Z, yakni meningkatkan kemampuan komunikasi, mendorong kreativitas, menumbuhkan rasa tanggung jawab, merancang strategi bersama, serta menanamkan sikap toleransi.

Kata kunci—permainan gobak sodor, kerja sama tim, generasi z

Abstract— Gobak Sodor is a traditional game that combines physical and strategic elements, and is often played in a relaxed but competitive atmosphere. the purpose of this research is to expand learning to students through innovative and interactive methods. The method in this research uses the SLR method. The data in this study uses secondary data in the form of words, phrases, or clauses taken from journals and books nationally. data collection techniques use listening and note taking techniques while validation techniques use theoretical triangulation. The results of the study that there are 1.) Train Effective communication, 2,) Foster Creativity in Problem Solving 3.) Fostering a sense of Shared Responsibility, 4.) Developing joint strategies, and 5) Teaching the value of tolerance. The conclusion in this study states that the Gobak Sodor game has five important roles in shaping teamwork in Generation Z, namely improving communication skills, encouraging creativity, fostering a sense of responsibility, designing joint strategies, and instilling tolerance.

Keywords— gobak sodor game, teamwork, generation z


Keywords


gobak sodor game, teamwork, generation z

Full Text:

PDF

References


Afrian, S. A. S., & Saumantri, T. (2024). Generasi Z dalam khazanah moderasi beragama di Indonesia. SETYAKI: Jurnal Studi Keagamaan Islam, 2(2), 1-8. https://doi.org/10.59966/setyaki.v2i2.863.

Ainun, F. P., Mawarni, H. S., Fauzah, N. N., & Raharja, R. M. (2024). Peran pendidikan sebagai pondasi utama dalam menyikapi dekadensi moral pada generasi z. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 14-24.

Akbar, H. I., Hapipi, H., & Mustari, M. (2024). Peran dan tantangan Generasi Z sebagai tenaga pendidik dalam menghadapi era digital. Berajah Journal, 4(9), 1641-1648. https://ojs.berajah.com/index.php/go/article/view/477/377.

Alimuddin, N., Rahmi, S., & Fadilah, N. (2024). Permainan gobak sodor terhadap gotong royong siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, 6(1), 59-66. https://doi.org/10.35334/jbkb.v6i1.5345.

Anggraeni, L., & Saragih, R. (2019). Pengaruh kerjasama tim terhadap produktivitas kerja karyawan PT. PLN (persero) Transmisi Jawa Bagian Tengah. eProceedings of Management, 6(1). https://core.ac.uk/download/pdf/299928788.pdf.

Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018). Keragaman budaya Indonesia sumber inspirasi inovasi industri kreatif. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 1, pp. 292-301). https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/68/49.

Farhani, A. P., & Kurniadi, O. (2022, July). Pemakaian produk fast fashion sebagai bentuk citra diri generasi Z. In Bandung Conference Series: Public Relations (Vol. 2, No. 2, pp. 451-456).

Fitri, A., Alfahira, N., & Hayati, F. (2022). Membangun kerja sama tim dalam perilaku organisasi. MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 2(2), 103-109.https://doi.org/10.56832/mudabbir.v2i2.252.

Haque, L. T. E. (2024). Penguatan perlindungan hukum bagi kesehatan anak sekolah terhadap pangan jajanan sehat berkeadilan. Penerbit Adab.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12-28.https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678.

Hendrawansyah (2018). Paradoks budaya: Jauan struktrualisme genetik Goldman. Uwais Inspirasi Indonesia.

Ilyas, A., Iswahyudi, M. S., Waty, E., Munawar, A., Irmadiani, N. D., Dagustani, D., Mon, M. D., Mardiana, S., Aulia, D. I., Barlian, A. (2023). Buku ajar manajemen strategi. Indonesia: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Kadarisman, M. (2019). Efektivitas kinerja aparatur sipil negara dalam pelayanan administrasi di Kota Depok. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 16(1), 17-32. https://doi.org/10.31113/jia.v16i1.202.

Lasatama, H. L. H., & Aningtyas, Y. R. (2025). Pengaruh permainan gobak sodor sebagai penguatan karakter peserta didik melalui layanan bimbingan konseling di sekolah. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 4, 258-265. https://doi.org/10.29407/5jm71j85.

Marlina, Y. (2021). Peningkatan hasil belajar IPS melalui Model Guided Discovery dalam materi kerja sama pada siswa kelas V SD Negeri 133 Halmahera Selatan. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 3(1), 53-60. https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/192/136.

Orchidiella, Z., Mulyani, I., & Elida, T. (2023). Perilaku konterproduktif di tempat kerja pada Generasi Z (studi deskriptif). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 9993-10004. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5477/5248.

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran guru dalam menanamkan nilai toleransi pada anak usia dini di Indonesia. Jurnal obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini, 5(2), 1696-1705.

Ramadhanti, N. Y. (2024). Dasar-dasar leadership: Bagaimana memimpin di segala situasi, menginspirasi, dan membangun legacy. Anak Hebat Indonesia.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational Behavior (17th ed.). Pearson.

Rosmawati, A., & Akrom, A. (2019). Pengembangan gobag sodor dalam pembelajaran Penjas. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 11(2), 155-166. https://doi.org/10.32678/primary.v11i02.2326.

Rufaida, B. S. (2023). Pengaruh gaya bahasa generasi z dalam berbahasa indonesia di era globalisasi terhadap keutuhan bahasa Indonesia. Translation and Linguistics (Transling), 3(3), 169-181.https://doi.org/10.20961/transling.v3i3.82707.

Ruswan, A., & Nikawanti, G. (2018). Pengaruh permainan gobak sodor terhadap kemampuan jasmani anak. Metodik Didaktik, 13(2). https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9499.

Salas, E., Sims, D. E., & Burke, C. S. (2005). Is there a “big five” in teamwork?. Small group research, 36(5), 555-599. https://doi.org/10.1177/1046496405277134.

Setiawan, I., & Triyanto, H. (2014). Pengembagan permainan tradisonal gobak sodor bola dalam pembelajaran Penjas pada siswa SD. media ilmu keolahragaan indonesia, 4(1). https://doi.org/10.15294/miki.v4i1.4395.

Sholikin, M., Fajrie, N., & Ismaya, E. A. (2022). Nilai karakter anak pada permainan tradisional gobak sodor dan egrang. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(3), 1111-1121. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3035.

Subowo, A. T. (2021). Membangun spiritualitas digital bagi generasi Z. DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 5(2), 379-395. https://doi.org/10.30648/dun.v5i2.464.

Sucahyo, E., Ningtyas, R. K., Nasution, S. R. A., & Nuriana, I. (2024). Pengenalan permainan tradisional gobak sodor untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal ADAM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 129-134.https://doi.org/10.37081/adam.v3i1.1748.

Suprapto, H. A. (2018). Pengaruh komunikasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar kewirausahaan mahasiswa. Lectura: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1-9. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/913-Research%20Results-1622-1-10-20180402%20(3).pdf.

Triyanto, H., sri Hanani, E., & Setiawan, I. (2012). Model pengembangan permainan gobak sodor bola dalam pembelajaran Penjas. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(2). https://doi.org/10.15294/active.v1i2.429.

Varadita, Z., Anas, A., & Murtinasari, F. (2025). Pengaruh pembelajaran berbasis etnomatematika pada permainan gobak sodor untuk meningkatkan pemahaman Matematis siswa. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 10(1), 33-46. https://doi.org/10.56013/axi.v10i1.3170.

Wiyono, D. (2021). Kerjasama tim dalam meningkatkan kinerja karyawan di akademi sekretari dan manajemen Ariyanti. Indonesian Journal of Office Administration, 3(2), 1-12.

Wulandari, H., Dewi, P. S., & Purwara, H. B. (2018). Penerapan interprofessional education (ipe) untuk meningkatkan ketrampilan kerjasama tim. Jurnal Kesehatan, 3(2), 79-88.

Zega, Y. K. (2021). Pendidikan agama kristen dalam keluarga: Upaya membangun spiritualitas remaja Generasi Z. Jurnal luxnos, 7(1), 105-116.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.