Manfaat Aplikasi Desmos dalam Menyelesaikan Soal-Soal Aljabar bagi Siswa Sekolah Menengah

Vidia Yuliana, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Aplikasi Desmos merupakan aplikasi online matematika yang dibuat untuk membantu penyelesaian soal grafik pada matematika dengan menunjukkan gambar grafiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat aplikasi desmos untuk membantu menyelesaikan berbagai soal aljabar. Metode didalam Penelitian ini adalah menggunakan metode Systematic Literature Review biasanya dikenal dengan istilah SLR. Data dalam penelitian ini berbentuk data sekunder yang menggunakan teknik simak dan catat dalam pengumpulannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi desmos memiliki manfaat 1.) Memvisualisasikan Persamaan dan Fungsi Aljabar 2.) Menghemat Waktu dalam Menyelesaikan Soal 3.) Mempermudah Penyelesaian Sistem Persamaan 4.) Alat Bantu untuk Pemahaman Konsep Variabel dan Parameter 5.) Mendukung Pembelajaran Mandiri. Simpulan ini adalah ada lima manfaat aplikasi desmos dalam membantu menyelesaikan soal soal aljabar bagi siswa sekolah menengah.

             Kata kunci— Sekolah menengah, aljabar, aplikasi desmos

 

 

Abstract— Desmos application is an online mathematics application created to help solve graph problems in mathematics by showing the graph image. The purpose of this study is to determine the benefits of the desmos application to help solve various algebra problems. The method in this study is to use the Systematic Literature Review method, usually known as SLR. The data in this study is in the form of secondary data that uses the technique of observing and recording in its collection. The results of this study indicate that the desmos application has the following benefits: 1.) Visualizing Algebraic Equations and Functions 2.) Saving Time in Solving Problems 3.) Facilitating Solving Systems of Equations 4.) A Tool for Understanding the Concept of Variables and Parameters 5.) Supporting Independent Learning. This conclusion is that there are five benefits of the desmos application in helping to solve algebra problems for high school students.

Keywords— Middle school, algebra, desmos Apps


Keywords


Middle school, algebra, desmos Apps

Full Text:

PDF

References


Abrar, A. I. P. (2022). Model Pembelajaran E-Split Classroom untuk melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemandirian Belajar. Pekalongan, Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management.

Alfiyani, C. (2021). Analisis Wancana Perbedaan Agama dan Budaya dalam Film “Bidadari Mencari Sayap”. Suar Betang, 16(1), 39-48. https://doi.org/10.26499/surbet.v16i1.215

Astalini, A. dkk. (2019). Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. Unnes Physics Education Journal, 8(1), 34-43. https://doi.org/10.15294/upej.v8i1.29510

Gaol, N. T. L. (2022). Buku Ajar Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Sigi, Sulawesi Tengah: CV. Feniks Muda Sejahtera.

Gusteti, M. U. (2024). Era Digital dalam Kelas Matematika: Menggabungkan Teknologi dengan Alat Peraga Tradisional. Sumedang, Jawa Barat: CV. Mega Press Nusantara.

Hidayah, N. (2012). Bentuk aljabar. Pulo Kambing, Jakarta Timur: PT. Balai Pustaka (Persero).

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183

Hidayati, H. & Sugeng, S. (2021). Penerapan Transformasi Geometri pada Desain Batik Lia Maido Menggunakan Desmos. Jurnal Primatika, 10(2), 99-106. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.711

Hikam, N. I. E.(2021). 30 Karya Esai Matematika dalam Kehidupan. Kudus: Guepedia.

Hikmah, N.,& Haqiqi, A. K. (2021) Pengembangan E-Modul Matematika Terintegrasi Nilai-nilai Islam Pendekatan Saintifik Pada Materi Bentuk Aljabar. Focus Action Of Research, 4(1), 125-140. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3438

Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.

Isfayani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar pada Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(1), 79-90. https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11177

Krisniyanto, A. & Nadhifah, I. (2022). Pengarih Lokasi dan Citra Sekolah Menengah Atas Negeri. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), 20-31. https://doi.org/10.59373/academicus.v1i1.4

Lestari, D. E., & Suryadi, D. (2020). Analisis Kesulitan Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Journal of Research in Mathematics Learning, 3(3), 247-258. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.9737

Meslita, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Desmos pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1857-1868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1409

Nasution, W. N. (2015). Kepemimpinan Pendidikan di Sekolah. Jurnal Tarbiyah, 22(1), 66-86. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v22i1.6

Novitasari, A., Nurjannah, S., Solviana, M. D. (2024). Analisis Manajemen Laboratorium Biologi di Sekolah Menengah Atas di Kota Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan IPA, 14(2), 69-74. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i2.469

Nurjanah, D., Nurjanah, E., Hasan, A. F., Nabila, A., & Ariany, R. L. (2021). Kontribusi Sejarah Aljabar Babilonia dan Aljabar Arab terhadap Berpikir Aljabar. Jurnal Analisa, 7(2), 112-123. https://doi.org/10.15575/ja.v7i2.8231

Nusroh, S. & Hasani, E. L. F. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) serta Cara Mengamatinya. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 72-92. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1145

Pradana, R. W. (2020). Penggunaan Augmented Reality pada Sekolah Menengah Atas di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 97-115. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2857

Ramadhani, S., Nasution, M. D., & Irvan, I. (2022). Penggunaan Desmos dalam Pembelajaran Matematika Materi Program Linier sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Siswa. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 237-247. https://doi.org/10.26877/aks.v13i2.11227

Santi, R. C. N. (2012). Implementasi Sistem Persamaan Linier Menggunakan Metode Atura Crame. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 17(1), 34-38. https://doi.org/10.35315/dinamik.v17i1.1615

Sucipto, H. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Sekolah Menengah Atas dengan Metode SAW. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, 6(2), 147-157. http://dx.doi.org/10.30700/jst.v6i2.113

Suparlan, M. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah dari Teori sampai dengan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Syarah, F., Haraha, Y.N., & Putri, J.H. (2023). Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Materi Aljabar. Journal On Esucation, 5(4), 16067-16070. http://jonedu.org/index.php/joe

Wati, D. C., Judijanto, L., Apriyanto, A., Sepriano, S., Maryana, M. (2024). Media &Teknologi Pembelajaran Matematika. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Wijaya, A. (2016). Aljabar: Tantangan Beserta Pembelajarannya. Jurnal Gantang, 1(1). 1-14. https://doi.org/10.31629/jg.v1i1.1

Yahya, F. A. (2015). Problem Manajemen Pesantren, Sekolah, Madrasah: Problem Mutu dan Kualitas Input-Proses Output. Jurnal e-L Tarbawi, 8(1), 93-109. http://dx.doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss1.art6


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.