Analisis Kesalahan Fonologi dalam Perkembangan Literasi pada Anak Kelas 1 SD
Abstract
Kata kunci—Fonologi, Literasi, Anak Kelas 1 SD
Abstract—Phonology is a part of linguistics to analyze sounds. The purpose of this study was to determine the results of the analysis of phonological errors in the development of literacy in grade 1 elementary school children. The method used is descriptive qualitative research, the data generated is secondary data. Listen, engage, and record techniques were used for data collection and data validation using triangulation techniques. The results of this study are 1) Knowing phonological errors in grade 1 elementary school children through early reading, 2) Early reading can help children know the different meanings in a word, 3) Early reading can help children improve pronunciation, and 4) Direct children to read correctly.
Keywords— Phonology, Literacy, Grade 1 Children
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya, A. M., & Mawardi, M. (2022). Pengaruh pendekatan whole language terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 SDN Larangan 11. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8215-8224. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3686.
Afrom, I. (2013). Studi tentang faktor penyebab rendahnya kemampuan membaca. Anterior Jurnal, 13(1), 122-131. https://doi.org/10.33084/anterior.v13i1.298.
Apriliana, G., Sukma, I., Aryana, M., & Maharani, N. (2024). Pengaruh Pemerolehan Bahasa Pertama dan Kedua Anak Terhadap Kesalahan Berbahasa Tingkat Fonologi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 609-616. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24602.
Artika, Y. (2022). Upaya meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan metode struktur analitik sintetik (sas) pada siswa kelas 1 MIN 5 Seluma. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(3), 71-80. https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/420.
Aulia, A., & Rahma, A. (2022). Strategi guru dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Al-Kautsar. Ash-Shobiy: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Al-Qur'an, 1(1), 48-57. https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/Ash-Shobiy/article/view/438.
Aulia, L. S., & Munajah, R. (2021). Studi deskriptif membaca permulaan di kelas Ib SDN Pancoran 07 pagi tahun ajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 67-76. https://doi.org/10.31326/jipgsd.v5i1.857.
Azhar, M. (2022). Pengantar linguistik modern. JURNAL AL MA'ANY, 1(2), 21-30. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/almaany/article/view/1009.
Azizah, E., Lestari, E., & Wijaya, A. R. H. (2022). Manajemen pembelajaran dalam meningkatkan literasi membaca siswa di sekolah. IKAMAS: Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi, 2(1), 59–69. https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/26.
Bungsu, A. P., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan literasi membaca di sekolah dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 522-527. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40796.
Buwono, S., & Dewantara, J. A. (2020). Hubungan media internet, membaca, dan menulis dalam literasi digital mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(4), 1186–1193. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.526.
Fahrianur, F., Monica, R., Wawan, K., Misnawati, M., Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi literasi di sekolah dasar. Journal of Student Research, 1(1), 102-113. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.958.
Fakhira, D., Maharani, N. K., Rahmadani, S. P., & Hilaliyah, T. H. (2024). Pengetahuan remaja terhadap proses terbentuknya bunyi bahasa. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 4(2), 42-57. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i2.1245.
Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran transformatif berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11137.
Fauziah, H., & Hidayat, M. T. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi nelajar †ayo belajar membaca†dan †marbel membaca†pada siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 4825-4832. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2944.
Gani, S. (2019). Kajian teoritis struktur internal bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik). A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 7(1), 1-20. https://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.7.1.1-20.2018.
Herlina, E. S. (2019). Membaca permulaan untuk anak usia dini dalam era pendidikan 4.0. Jurnal Pionir, 5(4). https://www.academia.edu/download/88219397/1084.pdf.
Hidayat, M. S. B. (2019). Pembelajaran fonologi arab dengan minimal praise dan tongue twister. Tarling: Journal of Language Education, 2(2), 197-216. https://doi.org/10.24090/tarling.v2i2.2924.
Julianto, I. N. L. (2019). Interaktivitas warna sebagai rangsang visual pada ruang belajar siswa sekolah dasar kelas 1–3 di kota Denpasar. In Sandyakala: Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, dan Desain, 1, 56-64. https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandyakala/article/view/39.
Magdalena, I., Ulyah, E. S., Fitriya, D., & Pujianti, P. (2023). Evaluasi pembelajaran membaca permulaan siswa kelas rendah di sekolah dasar. YASIN, 3(4), 747-752. https://doi.org/10.58578/yasin.v3i4.1330.
Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan siswa SD dalam literasi membaca melalui media bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11-22. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14664.
Marguri, R., & Pransiska, R. (2021). Analisis film serial televisi †œsesame street †œdalam pengembangan bahasa Inggris anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(01), 186-195. https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.3489.
Mustadi, A., Amelia, R., Budiarti, W, N., Anggraini, D., Amalia, E., Susandi, A., (2021). Strategi pembelajaran keterampilan bahasa dan bersastra yang efektif di sekolah dasar. Yogyakarta: UNY Press.
Primasari, D. (2015). Metode pencarian dan temu-kembali nama berdasarkan kesamaan fonetik. Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika, 3(1),1-12. https://doi.org/10.32832/kreatif.v3i1.94.
Putri, A. K. (2018). Kemampuan berbahasa anak lahir prematur usia 2 tahun. Arkhais-Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 45-52. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/arkhais/article/view/10426.
Putri, A. K., Mawarni, H., Yara, N. Y., & Sumarlam, S. (2018). kemampuan berbahasa anak lahir prematur usia dua tahun: kajian psikolinguistik. Arkhais-Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 58-71. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/arkhais/article/view/7461.
Putri, A., Rambe, R. N., Nuraini, I., Lilis, L., Lubis, P. R., & Wirdayani, R. (2023). Upaya peningkatan keterampilan membaca di kelas tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51-62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984.
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127-137. http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650.
Sabani, F. (2019). Perkembangan anak-anak selama masa sekolah dasar (6–7 tahun). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89-100. https://doi.org/10.58230/27454312.71.
Senen, M. (2018). Kontribusi ilmu fonetik dalam studi bahasa Arab. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam, 17 (1), 37-58. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/tamaddun.v17i1.2512.
Silvia, S., Pebriana, P. H., & Sumianto, S. (2021). Penerapan metode silaba untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 7-12. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1336.
Suharsiwi. (2022). Pengembangan interaksi sosial anak autis di sekolah dasar kelas awal. Pasaman Barat: CV. Azka Pustaka.
Waridah, W. (2016). Pemerolehan fonologi dalam perkembangan bahasa anak. Jurnal Diversita, 2(1). https://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita/article/view/505.
Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.
Liang, M., & Irawan, MD (2023). Analisis aplikasi sikar dengan metode triangulasi pengelolaan surat masuk dan keluar. Campuran Sains Jurnal Teknik, 1(4), 267–276. https://doi.org/10.56211/blendsains.v1i4.226.
Hermawan, A. (2005). Penelitian bisnis paradigma kualitatif. Jakarta: PT Grafindo.
Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022, January). Penerapan metode kualitatif deskriptif untuk aplikasi pengolahan data pelanggan pada car wash. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi) 6(1). https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697.
Octavia, W. (2018). Variasi jargon chatting whatsapp grup mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia. Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 2(2), 317-325. https://doi.org/10.22216/jk.v2i2.3644.
Puspitasari, A., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan fitur short pada youtube sebagai penunjang pembelajaran menulis puisi pada siswa SMA. In Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), 1-8. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1625.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.