Desain Game Menangkap Kata Sifat Berbasis Scratch untuk Melatih Kemampuan Siswa Sekolah Dasar
Abstract
abstrak— Kata sifat adalah kata yang digunakan untuk mendeskripsikan atau memberikan sifat dan karakteristik pada kata benda, seperti ukuran, warna, atau bentuk. Tujuan untuk melatih kemampuan mengidentifikasi kata sifat siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah SDLC dengan model waterfall. Model ini merupakan pendekatan tradisional dalam pengembangan perangkat lunak yang dilakukan secara sistematis dan berurutan. Hasil penelitian ini adalah desain game kata sifat berbasis scratch untuk melatih kemampuan mengidentifikasi kata sifat siswa sekolah dasar memiliki blok kode 1) Sprite Mangkok, 2) Tombol 2, 3) Tombol 3, 4) Tombol 4, 5) Dinosaurus karakter utama pada level 1, 6) Benar level 2, 7) Salah level 1, 8) Monyet karakter utama pada level 2, 9) Benar level 2, 10) Salah level 2, 11) Kupu-kupu karakter utama level 3, 12) Benar level 3, 13) Salah level 3. Simpulan dalam penelitian ini terdapat 13 desain permainan kata sifat berbasis scratch untuk melatih kemampuan mengidentifikasi kata sifat siswa sekolah dasar.
Kata kunci— Kata sifat, Scratch, Siswa Sekolah Dasar
abstract— Adjectives are words used to describe or give properties and characteristics to nouns, such as size, color, or shape. The aim is to train the ability to identify adjectives of elementary school students. This research method is SDLC with waterfall model. This model is a traditional approach in software development that is done systematically and sequentially. The result of this research is a scratch-based adjective game design to train the ability to identify adjectives of elementary school students has code blocks 1) Sprite Bowl, 2) Button 2, 3) Button 3, 4) Button 4, 5) Dinosaur main character at level 1, 6) True level 2, 7) Incorrect level 1, 8) Monkey main character at level 2, 9) Correct level 2, 10) Incorrect level 2, 11) Butterfly main character level 3, 12) Correct level 3, 13) Incorrect level 3. The conclusion in this research is that there are 13 scratch-based adjective game designs to train elementary school students' adjective identification skills.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Z. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif.
Afriani, T. (2022). Membuat Game Scratch Pertamaku. Bhuana Ilmu Populer.
Arianti, F. F., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Flipped classroom dan aplikasi schoology: Analisis keterampilan menulis teks biografi. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(2), 165-186. https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i2.2591.
Asiah, N. (2018). Pembelajaran calistung Pendidikan anak usia dini dan ujian masuk calistung sekolah dasar di Bandar Lampung. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 19-42. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/2746.
Azzam, A. A. M. (2022). Fiqh Muamalat: Sistem Transaksi dalam Fiqh Islam. Amzah.
Damayanti, R. (2015). Penggunaan deksis semantik dalam cerpen Siluet Jingga Karya Anggi P. Jurnal Ilmiah Buana Bastra: Bahasa, Susastra, dan Pengajaranya, 2(2), 175-187. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/bastra/article/view/232.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. https://scholar.archive.org/work/a3mjph7zgrchfhdz5bah2o66de/access/wayback/https://journal.uny.ac.id/index.php/humanika/article/download/38075/pdf_1.
Fendrik, M., Putri, D. F., Pebriana, P. H., Sidik, G. S., & Ramadhani, D. (2022). The analisis kecenderungan gaya belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK, 4(3), 793-809. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4094.
Gultom, U., & Murpratomo, J. (2018). Sistem pelayanan jemaat berbasis web. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 2(1), 55-62. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/28.
Hakim, A. R. (2023). Konsep landasan dasar pendidikan karakter di Indonesia. Journal on Education, 6(1), 2361-2373. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3258.
Hamzah, R. E. (2015). Penggunaan media sosial di kampus dalam mendukung pembelajaran pendidikan. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 14(1), 45-70. http://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/89.
Hansopaheluwakan, S., Ifadah, E., Baka, C., Putri, L. A., Karimuddin, K., Suningsih, S. S. S., & Judijanto, L. (2024). Basic English Grammar: Panduan Dasar Mahir Berbahasa Inggris. PT. Green Pustaka Indonesia.
Harimurti, Y., & Udariansyah, D. (2023). Implementasi Service EC2 & S3 Amazon Web Service Pada Niche Blog Menggunakan Metode SDLC. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4(2), 675-685. https://doi.org/10.30865/klik.v4i2.1192.
Holis, A. (2017). Belajar melalui bermain untuk pengembangan kreativitas dan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 23-37. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v10i1.84.
Isnaini, M., Fujiaturahman, S., Utami, L. S., Zulkarnain, Z., Anwar, K., Islahudin, I., & Sabaryati, J. (2021). Pemanfaatan aplikasi scratch sebagai alternatif media belajar siswa “z generation” untuk guru-guru sdn 1 labuapi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 871-875. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6554.
Jalaluddin, J. (2024). Perbandingan Fikih tentang Gharar: Analisis Praktik Gharar dalam Transaksi Ekonomi Islam. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah, 8(1), 50-62. http://jurnal.masoemuniversity.ac.id/index.php/maps/article/view/880.
Julianti, S. (2021). A Practical Guide to Corrugated Box: Material, Teknologi, dan Aplikasi Kardus. Gramedia Pustaka Utama.
Kartika, D., & Budaya, J. S. J. F. I. (2017). Analisi konstraktif kata sifat (Keiyoshi) Bahasa Jepang dan Bahasa Indonesia ditinjau secara Gramatikal serta Pengajarannya. Universitas Bunghatta. Padang.
Kurniawan, A. D. D. (2013). Pengembangan buku siswa untuk meningkatkan proses dan hasil belajar kompetensi dasar cornflake cookies pada siswa Tunagrahita SMA-LB Negeri Gedangan, Sidoarjo. Jurnal Tata Boga, 2(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/1072/787.
Liliweri, A. (2017). Komunikasi antar personal. Prenada Media.
Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2020). Computational thinking pemecahan masalah di abad ke-21. Madiun: Perpustakan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT).
Mashar, R. (2015). Emosi anak usia dini dan strategi pengembangannya. Kencana.
Mufidah, T. H., & Majid, N. W. A. (2024). Pengaruh peningkatan computational thinking Siswa Kelas 5 Melalui Pembelajaran Dasar Coding. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 22-37. https://doi.org/10.23917/blbs.v6i1.4231.
Muzzamil, F. (2021). Pengaruh lingkungan terhadap perkembangan sosial emosional anak. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02). https://doi.org/10.35706/murangkalih.v2i02.5811.
Mustafida, F. (2013). Kajian Media Pembelajaran Berdasarkan Kecenderungan Gaya Belajar Peserta Didik SD/MI. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 20. https://doi.org/10.18860/jt.v6i1.3291.
Nabilah, A. P., Alindra, A. L., Nurhikmah, I., Fauziyah, N. N., Herlina, P., Febriyanti, R., & Prayoga, R. (2024). Penggunaan media scratch meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1975-1986. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12694.
Nuzuli, A. K. (2022). Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Jejak Pustaka.
Olivia, C. D., & Nirmalasari, Y. (2022). Analisis penggunaan kata bantu bilangan dalam kalimat bahasa mandarin pada pabrik tambahan 副刊 (Fù Kān) Koran Harian Nusantara 千岛日报 (Qiāndǎo Rìbào) Edisi Bulan Juni 2021. KLAUSA (Kajian Linguistik, Pembelajaran Bahasa, dan Sastra), 6(2), 39-56. https://doi.org/10.33479/klausa.v6i2.602.
Peniarsih, P. (2021). Cloud computing technologies and business opportunities. JURNAL TEKNOLOGI INDUSTRI, 1.
Pertiwi, K. D., & Kurniawan, Y. (2016). Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak Sistem Informasi Akademik Universitas Ma Chung Malang. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 7(2), 627-634. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/775.
Perkasa, R. A. E., & Wantoro, J. (2024). Game edukasi interaktif sejarah kerajaan hindu-buddha menggunakan Platform Scratch. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 8(1), 36-45. https://doi.org/10.29408/edumatic.v8i1.25161.
Priharsanto, A. S. (2024). Pengembangan aplikasi kesehatan mental berbasis kotlin: Studi kasus aplikasi Hugme. Jurnal Kajian Teknik Elektro, 9(2), 102-108. https://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/JKTE/article/view/7690.
Rahayu, S., & Rahayu, P. A. (2017). Perancangan sistem informasi pengelolaan keuangan berbasis web di sekolah menengah kejuruan Islam Atturmudziyyah Garut. Jurnal Algoritma, 14(2), 538-545. https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/565.
Rahman, T. (2017). Teks dalam kajian struktur dan kebahasaan. CV. Pilar Nusantara.
Rismayanthi, C. (2013). Mengembangkan keterampilan gerak dasar sebagai stimulasi motorik bagi anak taman kanak-kanak melalui aktivitas jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.21831/jpji.v9i1.3065.
Rizaldi, A., Pranatawijaya, V. H., & Putra, P. B. A. A. (2021). Penerapan antrian dan pemesan online di aplikasi pearl salon and barnershop berbasis mobile. Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 1-9. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/jcoms/article/view/2384.
Rukompoy, T. R. (2018). Kata sifat bahasa Inggris dalam jurnal English Teaching Forum. Jurnal elektronik fakultas sastra Universitas SAM Ratulangi, 2(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/19364.
Rosyidah, U., Hasanudin, C., & Amin, A. K. A. (2021). Kajian frasa pada novel trauma karya boy candra. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(01), 10-20. https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.460.
Sadli, S. (2010). Berbeda tetapi setara: pemikiran tentang kajian perempuan. Penerbit Buku Kompas.
Sandy, M., & Lazuardi, S. N. (2024). Rancang bangun aplikasi data kepegawaian berbasis web menggunakan metode waterfall. Jurnal Tera, 4(1), 1-10. http://jurnal.undira.ac.id/jurnaltera/article/view/287.
Setiawan, Z., Pustikayasa, I. M., Jayanegara, I. N., Setiawan, I. N. A. F., Putra, I. N. A. S., Yasa, I. W. A. P., … & Gunawan, I. G. D. (2023). Pendidikan multimedia: Konsep dan Aplikasi pada era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sopiyan, A., & Darajatun, R. A. (2024). Analisis Situasional Dan Perancangan Sistem Informasi Keuangan Pada Pt Zmi. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 12(1). http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3753.
Sulaksono, D. (2019). Analisis Aspek Gramatikal dan Leksikal Iklan Kecik dalam Surat Kabar Solopos. JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, serta Pengajarannya, 1(2), 13-21. http://journal.upgris.ac.id/index.php/jisabda/article/view/4740.
Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya belajar visual, auditori, kinestetik terhadap hasil belajar siswa. Journal on Education, 5(3), 6994-7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487.
Suyanto, B. (2015). Metode penelitian sosial: Berbagai alternatif pendekatan. Prenada Media.
Utami, L. A., & Yuningsih, P. D. (2024). Sistem Informasi Online Booking Berbasis Web Pada Pheo Studi Salon. Jurnal Teknoinfo, 18(1), 193-200. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/article/view/2665.
Wahyuni, S., & Harun, M. (2018). Analisis struktur fisik dan struktur batin puisi anak dalam majalah potret anak cerdas. Master Bahasa, 6(2), 115-125. https://jurnal.usk.ac.id/MB/article/view/11601.
Widarmanto, T. (2017). Pengantar Jurnalistik Panduan Awal Penulis dan Jurnalis Edisi Revisi. Araska Publisher.
Widiyanto, W. W. (2018). Analisa metodologi pengembangan sistem dengan perbandingan model perangkat lunak sistem informasi kepegawaian menggunakan waterfall development model, model prototype, dan model rapid application development (rad). Jurnal Informa: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 34-40. https://informa.poltekindonusa.ac.id/index.php/informa/article/view/34.
Winarno, M. E. (2013). Metodologi penelitian dalam pendidikan jasmani. Um press.
Zandroto, W. A. S., Lubis, N. A. P., Pangaribuan, W., & Mudjisusatyo, Y. (2024). Penggunaan frasa kata benda dalam kalimat ilmiah. Dharmas Education Journal (DE_Journal, 4(3), 195-202. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/1271.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.